Bagaimana Macam Perintah Dasar Linux?

Setiap pemakai Linux harus memiliki nama login (user account) yang sebelumnya harus didaftarkan pada direktur system. Nama login pada umumnya dibatasi maksimum 8 karakter dan menggunakan karakter kecil. Prompt dari shell bash pada linux menggunakan tanda ―$‖, dan apabila sudah bermetamorfosis super user, maka akan bermetamorfosis tanda ―#‖.

Masuk ke Halaman Terminal Linux
Suatu sesi linux terdiri dari 3 langkah, yaitu : Login, Bekerja dengan Shell / menjalankan Aplikasi dan Logout. Untuk sanggup masuk ke terminal linux, maka langkahnya ialah pilih sajian Applications -> Accessories -> Terminal ibarat gambar berikut ini.




Pada gambar di atas, apabila kita klik pada Terminal Linux, maka akan muncul halaman ibarat berikut ini.



Pada gambar di atas, terlihat bahwa tanda yang muncul di depan nama user ialah $, itu berarti masih berupa user biasa. Agar berada pada posisi super user, maka ketikkan perintah su, lalu diikuti dengan passwornya. Password tersebut dibentuk ketika kita melaksanakan proses instalasi. Dimungkinkan juga untuk menciptakan user dan password sehabis melaksanakan proses instalasi.
Untuk keluar dari posisi super user atau root, maka ketiklah perintah exit, ibarat berikut ini :




Melihat user ID dan group ID
Untuk melihat user ID dan group ID dari komputer yang digunakan, maka perintahnya ialah $ id, ibarat berikut ini.



Melihat Tanggal Hari Ini
Untuk menampilkan hari, bulan, tanggal , waktu dan tahun (sistem tanggal dan waktu), maka perintahnya ialah $ date, ibarat berikut ini.



Melihat Kalender Bulan Ini
Untuk menampilkan kalender pada bulan yang sedang berjalan (saat ini), maka dipakai perintah $ cal, ibarat gambar berikut ini.



Melihat Kalender Tahun Ini
Untuk menampilkan kalender dalam satu tahun penuh, maka perintahnya ialah $ cal –y, ibarat berikut ini.





Melihat Kalender Bulan 9 Tahun 1974
Untuk menampilkan kalender pada bulan September tahun 1974, maka perintahnya ialah $ cal 9 1974, sepertipada gambar diatas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel