Laporan Praktikum Algoritma Dan Pemrograman Modul I


LAPORAN
PRAKTIKUM
MODUL I 




                                                                 Disusun Oleh               
                                                Nama                            : HERWANTO
                                                Nim                               : 115410015
                                                Dosen Pendamping     : Adiyuda Prayitna


STIMIK AKAKOM
YOGYAKARATA
2011





MODUL 1
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN JAVA
DENGAN TEXTPAD



A.   TUJUAN

Mahasiswa memahami perihal dasar-dasar Algoritma dam pemrograman mengimplementasikan jadwal sederhana memakai Textpad.

B. TEORI  SINGKAT

1.1.      Pengenalan Algoritma

Algoritma ialah urutan langkah-langkah logis penyelesaian problem yang disusun secara sistematis. Kata logis disini berarti benar sesuai dengan logika manusia. Untuk menjadi sebuah algoritma, urutan langkah yang ditempuh untuk menuntaskan problem harus memperlihatkan hasil yang benar.



2.1.            pengenalan UML
Unified Modeling Language (UML) belakangan ini merupakan denah representasi grafis yang banyak dipakai secara luas untuk pemodelan sistem berorientasi object. UML ini telah menyatukan banyak sekali denah notasi terkenal bersama−sama. Banyak yang merancang sistem mengunakan bahasa ini (dalam bentuk diagram) untuk memodelkan sistem mereka.

C.   PEMBAHASAN

  •     Textpad ialah : Editor untuk Windows dengan pilihan sajian untuk mengkomplikasikan dan menjalankan aba-aba java.
  •        Cara memakai Textpad untuk menjalankan java:

o   Pastikan dulu anda sudah menginstal Textpad dikomputer anda.
o   Klik Star dan pilih icon Textpad
o   Anda akan eksklusif bisa menggunakan
  • Pelaksanaan praktikum
  • Fungsi-fungsi aplikasi textpad:

o   Class adalah frame dari suatu data yang berisi definisi data, dan metod pengolah data
o   Objek : Bentuk konkrit dari class yang dengannya data dan metod sanggup direalisasikan
o   void pada metod: berarti Metod tersebut tidak ada return valuenya
o   static pada metod : berarti metod tersebut sanggup dipanggil hanya dari dalam class yang sama
o   String merupakan nama khusus class java yang masih mempertahankan kompatibilitas dengan tipe data primitif yang usang sebagaimana int, long, float dan lain-lain
o   System.out.print    Adalah untuk menampilkan ke layar dan sesudah simpulan tidak berpindah baris.
o   System.out.println Adalah untuk menampilkan ke layar dan sesudah simpulan berpindah baris.
o   public class Contoh1 ialah nama kelas yang kita buat (dalam java setiap menciptakan jadwal berarti menciptakan sebuah kelas).
o   public static void main(String args[]) ialah permulaan fungsi utama dalam java. Kata kunci void didepan main merupakan keharusan pada java.
o   Input data bertipe IntegerUntuk menginputkan data dengan tipe integer dipakai method nextInt di dalam kelas Scanner.
o   Input data bertipe StringUntuk menginputkan data dengan tipe integer dipakai method nextInt di dalam kelas Scanner
o   byte: Tipe data byte ialah 8-bit integer bertanda two's complement. Tipe ini mempunyai nilai minimum -128 dan nilai maksimumnya ialah 127.
o   short: Tipe data short merupakan integer 16 bit two's complement yang mempunyai nilai minimum -32,768 dan nilai maksimum 32,767. 
o   int: Tipe data int ialah integer 32 bit two's complement. Dia mempunyai nilai minimum -2,147,483,648 sedangkan nilai maksimumnya ialah 2,147,483,647 (inclusive).
o   long: Tipe data long ialah integer 64 bit two's complement. Nilai minimumnya ialah -9,223,372,036,854,775,808 sedangkan nilai maksimumnya ialah 9,223,372,036,854,775,807 (inclusive).
o   float: Tipe data float merupakan single-precision 32-bit IEEE 754 floating point.
o   double: Tipe data  double  ialah double-precision 64-bit IEEE 754 floating point.
o   boolean: Tipe data boolean hanya mempunyai dua nilai yang mungkin, yaitu true dan false. Gunakan tipe data ini untuk flag-flag sederhana untuk menjejak/menelusuri kondisi true atau false. Tipe data ini merepresentasikan satu bit informasi, tetapi ukurannya tidak didefinisikan dengan tepat.
o   char: Tipe data char ialah aksara Unicode 16 bit. Tipe data ini mempunyai nilai minimum '\u0000' (atau 0) dan nilai maksimum '\uffff' (atau 65,535). 

Langkah-langkah praktikum
o   Pilih Star      Program     icon Textpad
o   Anda akan peroleh tampilan awal sebagai berikut:
  • Anda bisa eksklusif mengetik jadwal dibagian Document1,seperti tampilan berikut ini:



  •   Pilih sub sajian File dan pilih save untuk menyimpan program,program harus disimpan sesuai dengan nama classnya,seperti diatas nama class CONTOH1,seangkan type data.java seperti tampilan berikut ini:



  •  Setelah jadwal disimpan,program yang dibentuk siap dijalankan,pilih sub sajian tools,seperti ampilan berikut:




  • Jika jadwal yang dibentuk tidak ada kesalahan maka tampilanya akan muncul”Tool competed successfully”
  • Sedangkan untuk melihat hasil output,pada sub sajian Tools pilih menu”Run Java Application”maka akan tampil hasil output sebagai berikut yang diinginkan sebagai berikut;


TUGAS 1

            1. Apa saja kelebihan Textpad dibanding dengan editor lain:

o   Bisa menyimpan file berformat java
o   Kita bisa mengecek error dalam pembuatan jadwal java
o   Textpad bisa mengkoneksikan scrib java yang ditulis pada Textpad Sehingga kita comple dan Run/menjalankan.

2. Mengapa nama class harus sama dengan nama pada dikala jadwal disimpan,jelaskan dengan singkat:

o   Scrib java yang dibentuk harus sama dengan class,karena java hanya mengenal class yang dituliskan sama dengan nama filenya.


D. KESIMPULAN
    Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek memakai konsep objek untuk menjiplak kehidupan nyata. Sebagai contoh, mari kita lihat sebuah kelas objek yang disebut Mobil. Jika saya beritahu anda “Saya gres saja membeli kendaraan beroda empat baru”, maka apa yang anda pikirkan. Sebuah Mobil mempunyai karakteristik menyerupai pabrik pembuatan, model dan warna juga mempunyai ‘prilaku’ menyerupai kemampuan memulai, menjalankan dan memberhentikan. Dalam terminologi object-oriented, class menggambarkan karakteristik dan prilaku dari tipe yang dimiliki objek tersebut. Class tidak sama dengan objek. Sebaliknya, class merupakan kawasan untuk menciptakan objek tersebut. Oleh alasannya itu, sanggup dikatakan objek berada di dalam class.


E.  LISTING
CONTOH1
A.)   INPUT

B.)  OUTPUT


LATIHAN1
A.)  INPUT

B.)  OUTPUT



SETELAH DIRUBAH MENJADI
LATIHAN1C
A.)  INPUT


B.)  OUTPUT


LATIHAN2
A.)  INPUT

B.)  OUTPUT






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel