6 Cara Biar Tidak Menjadi Pelupa

Tips Agar Tidak Menjadi Pelupa
Arti kata "lupa" berdasarkan KBBI ialah lepas dari ingatan, tidak dalam pikiran lagi, atau tidak teringat, lalai; tidak acuh. Sedangkan "pelupa" berarti orang yang lekas (sering) lupa. Setiap orang memiliki sifat lupa yang merupakan sifat dasar manusia. Hal tersebut terjadi lantaran proses alamiah penurunan daya ingat yang terjadi pada otak manusia, sehingga lama-kelamaan kemampuan kerja otak menurun.

 Setiap orang memiliki sifat lupa yang merupakan sifat dasar insan 6 Cara Agar Tidak Menjadi Pelupa
Kadang kita  mengalami lupa terhadap suatu hal, padahal kita sudah mencoba mengingat dengan keras, Tentunya hal ini menjengkelkan, lantaran bisa jadi sesuatu yang yang terlupakan merupakan hal yang sangat penting.

Selain lantaran faktor umur, sifat lupa juga sanggup disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Umumnya, faktor pemicu "lupa" berupa kelalaian insan dalam menjaga kesehatan otaknya. Nah, berikut 6 cara afar Anda tidak menjadi pelupa. Silakan dicermati.
  • Kontrol Porsi Makan
Ternyata, porsi makan mempengaruhi kinerja otak lho! Jika kita memiliki porsi makan yang terlalu banyak, maka mulai kini cobalah untuk menguranginya. Makan terlalu banyak, apalagi dengan jenis makanan berlemak sanggup mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak sehingga mengakibatkan penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Ketika hal ini berlangsung terus-menerus, maka kemampuan kerja otak kita pun menurun.
  • Batasi Konsumsi Gula
Pengonsumian gula yang terlalu banyak sanggup mengganggu proses perembesan nutrisi penting bagi tubuh. Hal ini mengakibatkan terganggunya perkembangan otak.
  • Tidur yang Cukup
Saat tidur bergotong-royong otak kita secara alamiah memperbaiki dan memulihkan kemampuannya. Jika sering mengalami kekurangan tidur, maka hal itu akan mempercepat kerusakan sel-sel otak kita.

  • Menstimulasi Pikiran
Kurangnya stimulasi otak akan sanggup mengakibatkan mengerutnya otak. Berpikir merupakan cara paling sempurna untuk merangsang sekaligus melatih otak kita supaya tetap sehat.
  • Sering Berkomunikasi
Jika kita termasuk orang yang jarang berkomunikasi, maka mulai kini cobalah untuk lebih banyak melaksanakan komunikasi dengan orang lain. Dengan berkomunikasi maka otak akan terangsang (seperti pada poin di atas), dan hal itu akan menjaga efesiensi keja otak kita. Kurangnya komunikasi sanggup mengakibatkan kurang terlatihnya kemampuan otak.
  • Hindari Stres
Meskipun berpikir ialah cara yang sempurna untuk menjaga kualitas kerja otak, namun memaksakan diri berpikir ihwal banyak hal merupakan perbuatan yang kurang manis bagi otak. Orang yang terlalu memikirkan banyak hal akan mengalami stres atau gangguan mental dan emosional. Apalagi bila kita dalam kondisi sakit, memaksakan otak untuk berpikir keras sanggup mengakibatkan penurunan kualitas kerja otak serta merusak sel-sel otak

Itulah beberapa tips dan cara mencegah sifat lupa yang sanggup aku bagikan. Semua kembali pada kepedulian kita dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan otak kita. Perlu diketahui, bahwa aku menulis di blog ini salah satu tujuannya sebagai sarana menstimulasi otak dengan cara menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel