Penyebab Penyakit Diabetes


Faktor Utama Yang mengakibatkan Penyakit Diabetes 

Dari jumlah data yang tercatat di seluruh indonesia dengan  Data Sample Registration Survey pada tahun 2014 menawarkan bahwa diabetes menjadi pembunuh nomor 3 di Indonesia, yaitu dengan persentase sebesar 6,7% sesudah stroke (21,1%) dan jantung koroner (12,9%). 

Ironisnya lagi, usia penderita diabetes di Indonesia juga semakin muda. Dari angka 10 juta tersebut, sebanyak 1,70 juta berusia kurang dari 40 tahun, 4,65 juta berusia 40 hingga 59 tahun, dan sisanya (2 juta) berusia 60 hingga 79 tahun. Padahal, dulu dokter akan eksklusif menghapus diabetes dari dugaan mereka bila pasien belum berusia 40 tahun. Namun, kini ini diabetes telah menjadi ancaman kesehatan bagi semua usia. 



Mengapa Banyak Orang Terserang Diabetes
Tingginya angka penderita diabetes yang ada di Indonesia ketika ini tidak terlepas dari kebiasaan jelek yang sering dilakukan oleh masyarakat khususnya indonesia. Seperti yang kita ketahui, bahwa nasi putih telah menjadi masakan pokok masyarakat Asia Tenggara, tidak terkecuali Indonesia. Belum makan kalau belum ketemu yang namanya nasi putih. Seperti itulah citra kebiasaan makan orang-orang Indonesia.

Sayangnya, nasi putih mengandung karbohidrat dan kadar gula yang cukup tinggi. Menurut sebuah analisis yang dirilis di NHS Choice, orang yang mengonsumsi nasi putih lebih dari lima kali dalam seminggu akan berisiko 17% lebih tinggi terserang diabetes tipe 2.

Selain nasi putih , kopi dan teh juga menghipnotis peningkatan penyebab diabetes. Dalam hal ini bukan kopi dan teh yang mengakibatkan penyakit diabetes, namun  kadar gula yang di campur kedalam minuman tersebut.

Dalam sehari-hari insan membutuhkan asupan gula  sekitar 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Apabila Anda mengonsumsi dua gelas teh bagus setiap hari, belum lagi ditambah tiga kali makan nasi putih dan makanan-makanan bagus lainnya, hal itu tentu sanggup mengakibatkan kadar gula darah Anda bertambah tinggi.


Gaya Hidup Yang Tidak Sehat Pemicu Penyebabnya Diabetes 
Selain banyak mengkonsumsi masakan yang tinggi gula, ada juga beberapa gaya hidup yang tidak sehat yang memicu naiknya kadar gula dalam badan kita, antara lain :


1. Suka Melewatkan Sarapan Pagi
Kebiasaan jelek yang sering dilakukan orang yaitu melewatkan sarapan pagi, alasannya dengan kita tidak sarapan pagi justru akan menjadi penyebab diabetes.

2. Malas Berolahraga
Kurang berolahraga akan menciptakan lemak di dalam badan semakin menumpuk. Jika terus dibiarkan, hal itu sanggup menjadikan penumpukan lemak, kolesterol, serta peningkatan kadar gula darah. Dalam jangka panjang kondisi ini sanggup memicu penyakit diabetes, stroke, hingga penyakit jantung.

3. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan jelek lainnya yaitu merokok. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, yang melibatkan 5.572 orang laki-laki dan wanita, diperoleh hasil bahwa kebiasaan merokok sanggup meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 hingga 22%. Jika kebiasaan jelek ini masih diiringi dengan gaya hidup yang tidak sehat dan jarang beraktivitas fisik, risiko terjangkit diabetes ataupun penyakit berbahaya lainnya juga bisa meningkat.
4. Kurang Tidur
Kurang tidur selama 3 hari sanggup mengakibatkan kemampuan badan memproses glukosa menurun drastis. Ini artinya, kandungan gula darah menjadi semakin tinggi dan risiko terjangkit diabetes meningkat.

Nah, itulah beberapa kebiasaan jelek dan contoh hidup tidak sehat yang menjadi penyebab diabetes. Jika tidak ingin terjangkit diabetes, mulailah melaksanakan kebiasaan-kebiasaan baik menyerupai rajin berolahraga, mengonsumsi sayur dan buah, serta mengurangi asupan gula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel