Wisata Borobudur Yang Mempesona - Harga Tiket, Rute Wisata Dan Sejarahnya

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di BorobudurMagelangJawa TengahIndonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur yaitu candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.



Objek Wisata Candi Borobudur sangat mempesona di antaranya Borobudur mempunyai koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai tepat dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Harga Tiket masuk ke wisata Borobudur Harga Tiket Masuk Candi Borobudur :

KategoriHarga
Pelajar atau Anak Kecil di IndonesiaRp. 12.000,-
Orang Dewasa IndonesiaRp. 30.000,-
Pelajar atau Anak Kecil Luar NegeriUSD 10$
Orang Dewasa Luar NegeriUSD 20$
Rute perjalanan ke Candi Borobudur :
Borobudur berjarak satu jam dari Yogyakarta dan dua jam dari Semarang. Perjalanannya melewati kota-kota kecil dan ladang sawah. Borobudur terletak di sebuah tepi desa berjulukan Desa Borobudur, yang secara umum dikuasai penduduknya yaitu petani dan penjual cinderamata. Sepanjang perjalanan ke Borobudur, Anda akan dimanjakan dengan udara sejuk nan segar khas Kota Magelang, serta pemandangan alam di antara dua gunung Merbabu dan Merapi.
Cara gampang ke Borobudur yaitu dengan menyewa mobil, motor, atau bergabung dalam tur. Anda sanggup menyewanya di hotel atau penginapan Anda, bahkan Anda sanggup menyewa kendaraan beroda empat berikut pengemudinya. Jika Anda naik taksi dari sentra Kota Yogyakarta ke Borobudur, tarifnya sekitar Rp. 200.000, dan harga pastinya sanggup diketahui dari loket taksi Yogyakarta yaitu Rp. 190.000.
Sejarah Candi Borobudur :
Dinasti Sailendra membangun peninggalan Budha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi. Dinasti Sailendra merupakan dinasti yang berkuasa pada masa itu. Peninggalan ini dibangun sebagai kawasan pemujaan Budha dan kawasan ziarah. Tempat ini berisi petunjuk biar insan menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan akal berdasarkan Buddha. Peninggalan ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835. Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik sentra berbentuk lingkaran. Jika dilihat dari luar sampai ke dalam terbagi menjadi dua penggalan yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona di penggalan luar, dan alam Nirwana di penggalan pusat.
*Note : Harga Tiket Bisa Berubah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel