Menu Buka Puasa Yang Sehat Bagi Badan Kita


Pilihan Menu Makanan Yang Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Tinggal 1 ahad lagi kita akan memasuki bulan rahmat selama satu bulan penuh. Bulan Puasa atau bulan Ramadhan ini wajib yang harus dilaksanakan bagi umat muslim seluruh dunia. Puasa sendiri berarti kita harus menahan semua godaan nafsu dan kita harus menjaga diri semoga tidak batal puasa 1 hari full. Ada beberapa hal yang sanggup membatalkan puasa, antara lain makan,minum dan melakukkan perbuatan yang dihentikan agama.


Puasa itu juga menjaga kesehatan badan kita selama berpuasa kita menjaga teladan makan yang sehat. Dalam hal ini, salah satu cara yang sanggup Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan sajian masakan ketika sahur dan berbuka.



Biasanya orang puasa itu mempunyai hasrat untuk makan banyak ketika berbuka puasa tiba. Hal ini bersama-sama sah-sah saja. Namun, pastikan komposisi masakan yang Anda konsumsi mempunyai nikai gizi tinggi dan baik untuk kesehatan. 



Makanan yang baik dan sehat dikonsumsi ketika berbuka puasa antara lain :



1. Kurma


Buah kurma ini memiliki tekstur berserat ini sangat kaya akan kandungan glukosa, fruktosa, serta sukrosa dengan kadar kalori rendah yang efektif untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa.

2. Air Putih

Tubuh membutuhkan cairan selama berpuasa yaitu hal yang sangat penting untuk menjaga daya tahan badan semoga tidak gampang lemas. Karenanya, sangat dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu ketika berbuka semoga cairan badan yang hilang ketika berpuasa sanggup kembali normal.

3. Madu

Madu mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, cairan ini kaya akan kandungan antioksidan, kalium, vitamin, zat besi, sulfur, serta zat-zat baik lainnya yang sanggup menjadi obat alami untuk mengatasi aneka macam duduk kasus kesehatan, termasuk di antaranya ibarat gangguan pencernaan, diabetes, kardiovaskular, asma, sampai obesitas.

4. Buah Yang Berserat

Buah-buahan segar ini selain mengandung banyak cairan, kandungan serat yang dimiliki oleh buah juga sanggup membantu mengembalikan energi yang hilang sehabis seharian menahan lapar dan haus. Untuk itu, pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dan serat ibarat semangka, melon, anggur, apel, serta pepaya.

5. Sayur

Selain buah, sayur-sayuran juga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sajian berbuka. Pasalnya, ukuran lambung orang yang berpuasa akan cenderung dan memproduksi sedikit enzim pencernaan. Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi materi masakan yang gampang dicerna semoga lambung tidak kaget dan bekerja terlalu berat. Adapun beberapa sayuran yang sanggup Anda konsumsi sebagai sajian berbuka antara lain yaitu bayam, sawi, brokoli, kangkung, serta sayuran-sayuran hijau lainnya.

6. Ikan
Ikan juga sanggup Anda konsumsi sebagai pendamping ketika berbuka. Pasalnya, ikan sangat kaya akan kandungan protein, antioksidan, omega 3, vitamin D, vitamin B2, serta sejumlah mineral-mineral baik yang mempunyai kegunaan untuk menjaga daya tahan badan selama menjalani ibadah puasa. Adapun beberapa jenis ikan yang sanggup Anda konsumsi di antaranya yaitu ikan tuna, ikan cod, serta ikan salmon.

7.Telor

Sumber protein lain yang juga disarankan sebagai sajian berbuka yaitu telur. Selain gampang dicerna oleh tubuh, telur juga sangat kaya akan kandungan protein. Dalam satu butir telur, setidaknya terdapat 6 gram protein dan 9 macam asam amino yang sangat diharapkan oleh tubuh.

Beberapa jenis masakan yang baik dikonsumsi ketika berbuka. Untuk menjaga daya tahan badan dan stamina selama berpuasa.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel