Ini Ia Mitos Mitos Dimasyarakat Perihal Mandi Malam Hari

 Ada Mitos dan Fakta ancaman mandi saat malam hari yang belum tentu benar tapi dipercaya  Ini Dia Mitos Mitos Dimasyarakat Tentang Mandi Malam Hari
mandi malam hari
Ada Mitos dan Fakta ancaman mandi saat malam hari yang belum tentu benar tapi dipercaya oleh masyarakat. Mandi Malam sanggup mengakibatkan Penyakit mulai dari Rematik, Paru-paru Basah, Osteoporosis, Masuk Angin dan demam serta mengganggu metabolisme hingga penuaan dini.

Apakah benar mandi malam bisa mengakibatkan itu? Mari kita kupas mitos dan kenyataan ihwal mandi pada malam hari ini.

1.Rematik
Faktanya :Rematik dalam bahasa medis dinamakan dengan rheumatoid arthritis (RA)ialah penyakit yang menimbulkan peradangan, mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan infeksi pada sendi. Penyakit ini diakibatkan oleh gangguan autoimun.

Rematik bisa memengaruhi keterampilan penderitanya dalam melaksanakan kegiatan sehari hari. Peradangan sendi yang menyerang pinggul, lutut atau kaki pun sanggup mengakibatkan sulit berjalan, membungkuk, atau berdiri.

Rematik ialah salah satu penyakit yang seringnya dirasakan oleh orang lanjut usia (lansia). Akan tetapi, Rematik juga sanggup dialami oleh orang dewasa, remaja, dan bahkan anak-anak. Wanita diketahui 2-3 kali lebih berisiko memiliki penyakit rematik ini dibanding pria.

Pendapat dokter : Gejala paling khas dari rheumatoid arthritis ialah nyeri sendi dan kekakuan sendi yang biasanya memburuk di pagi hari sehabis berdiri tidur atau duduk terlalu lama.(dr. Tania Savitri – Dokter Umum)


2.Paru-Paru Basah (Pneumonia)
Faktanya :Paru-paru berair atau (pneumonia) ialah penyakit yang diakibatkan infeksi yang merangsang inflamasi pada kantong – kantong udara (alveolus) di antara penggalan paru-paru, atau keduanya. Pneumonia diakibatkan oleh (infeksi) virus, jamur, atau kuman terhadap sistem pernapasan.

Pendapat Dokter : Penyakit Paru-Paru Basah (Pneumonia) bisa berkembang usai sakit pilek atau flu yang parah. Selain dari Streptococcus pneumoniae, kuman penginfeksi lainnya ialah Legionella pneumophila dan Chlamydophila pneumonia. Mikroplasma memiliki sifat kuman dan virus ialah penyebab penyakit paru-paru berair ringan. Virus flu bisa memperparah kondisi pneumonia. (dr. Marianti)


3.Osteoporosis
Faktanya : Dikutip dari laman doktersehat.com, osteoporosis ialah kelainan tulang berupa menurunnya kepadatan tulang. Penyakit ini disebabkan lantaran kekurangan kalsium pada tulang. Disebut sebagai ‘tulang berpori’ sangat umum dikenal sebagai “tulang keropos”. Sebab osteoporosis ini menciptakan tulang menjadi keropos dan rentan retak.

Pendapat dokter : Kurangnya konsumsi kuliner yang berisi kalsium menjadi salah satu penyebab utama bertambahnya jumlah pengidap osteoporosis di Indonesia. Selain umur tua, dalam hal keturunan, Penyakit kelenjar hormon, menyerupai kelenjar tiroid (hipertiroidisme). Malabsorpsi (ketidakmampuan usus menyerap nutrisi makanan),pemakaian obat yang memengaruhi kekuatan tulang atau kadar hormon, menyerupai konsumsi prednisolon hingga reumatik. (dr. Marianti)



4.Masuk Angin, Demam, Mengganggu Metabolisme Tubuh hingga Penuaan Dini
Opini :Ketika suhu badan mencicipi peningkatan di malam hari pori- pori kulit terbuka , mandi saat malam hari akan mengakibatkan air masuk ke dalam pori kulit tercampur dengan suhu badan dan mengakibatkan sistem kekebalan badan turun. Sehingga gampang merangsang demam dan masuk angin. Juga mengganggu sistem metabolisme badan dan berdampak pada metabolisme lemak menjadikan kulit cepat keriput.

Faktanya & Pendapat dokter : Mandi malam tersebut sama sekali tidak berbahaya. Adapun penyakit yang muncul akhir dari mandi malam harus dilihat indikasinya dahulu, menyerupai fenomena penyakit yang telah ada sebelumnya ujar Dr. Wieke Dewi Purnama Sp.A, m.Kes.

Sebelum mandi malam usahakan merilekskan badan terlebih dulu khususnya sehabis beraktivitas. Karena kalau mandi malam dengan air hambar maka akan pribadi mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan suhu badan menjadi tidak stabil , seba* badan masih dalam posisi “panas”. Setelah rileks maka tidak apa-apa, dianjurkan mandi malam menggunakan air hangat.

Mandi malam memiliki efek positif bila dilaksanakan dengan teknik yang benar, menyerupai bisa menciptakan badan lebih segar , mencegah terjadinya tak bisa tidur hingga mengurangi tekanan pada darah.


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel