Selamat Hari Anak Nasional: 5 Channel Youtube Untuk Anak-Anak

Halo hai...
Hari ini bertepatan dengan tanggal 23 Juli, di Indonesia diperingati sebagai Hari Anak Nasional  sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Tujuan diselenggarakannya peringatan ini lantaran belum dewasa dinilai sebagai aset bangsa yang harus dilindungi, dibimbing, serta diakomodir segala haknya. Dengan demikian, kita semua berkewajiban mengawasi serta mengarahkan belum dewasa semoga kelak mereka tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, mempunyai kecerdasan baik di bidang akademik maupun mental dan spiritual.

Saat ini, perkembangan teknologi demikian pesat. Hal ini tentu saja sanggup dimanfaatkan untuk membantu kita dalam mengakomodir minat dan talenta yang dimiliki oleh anak-anak. Youtube, sebagai salah satu situs penyedia video terbesar di dunia menjadi salah satu tren, baik bagi kalangan orang renta maupun anak-anak. Banyak orang yang memanfaatkan Youtube sebagai media edukasi bagi dunia anak, yaitu dengan menciptakan channel yang berisi konten hiburan sekaligus menunjukkan pendidikan. Video-video yang disuguhkan sangat beragam, mulai dari gambar, suara, kartun, sampai animasi, yang semuanya dikemas dengan kreatif. Jenis serta tema yang disusung pun bervariasi, mulai dari lagu, dongeng pendek, dongeng, sampai puisi.

Dari banyak channel Youtube yang menyediakan konten untuk anak-anak, kami merangkum 5 channel dengan konten anak berbahasa Indonesia. berikut ulasannya.

1. Kids Tv Indonesia - Lagu Anak

Channel ini berisi konten edukasi anak berupa video dengan lagu. Konten yang disughkan dikemas dalam balutan sajak, puisi, dan dongeng yang dilagukan. Karakter-karakter yang ditampilkan sangat khas anak-anak, ibarat Bob si Kereta, Baa Baa si Kambing Hitam, Mary si Panda, Jack n Jill, dan lain-lain.

Kids Tv Indonesia sangat cocok untuk belum dewasa dengan usia balita, lantaran dengan melihat video dengan musik akan mempercepat kemampuan berguru mereka. Hal ini disebabkan musik yaitu salah satu alat komunikasi yang merangsang respons otak dengan baik.
Yuk pribadi saja berkunjung ke channelnya, klik di sini.






2. Edukasi Anak Indonesia

Channel yang satu ini berisi konten anak berupa cerita-cerita mengenai pengenalan terhadap hal-hal yang ada di sekitar kita. Mulai dari video mengenal huruf atau huruf,  nama-nama binatang, nama buah-buahan, sampai mengenal nama anggota tubuh. Selain itu, channel Edukasi Anak Indonesia juga menyuguhkan konten lagu belum dewasa populer.  Konten menarik lainnya yaitu dongeng wacana permainan tradisional yang ada di Indonesia. Selain berbahasa Indonesia, ada juga beberapa konten yang disuguhkan dalam bahasa Inggris. Yuk bermain ke channelnya, klik di sini.

3. Kastari Sentra

Channel edukasi anak yang satu ini kami rekomendasikan bagi orang renta yang ingin menunjukkan tanyangan-tayangan anak bernuansa Islami. Channel yang dikembangkan oleh Kastari Animation ini berisi video-video antara lain, mengenal huruf hijaiyah, mengaji surat-surat pendek Al Quran, mengenal Asmaul Husna. Selain itu, channel ini juga berisi video lagu, baik lagu Islami maupun lagu anak terkenal lainnya. Bagi yang gemar mewarnai, channeil ini juga menyuguhkan video pola mewarnai gambar. Yuk berguru di Kastari Sentra, klik di sini.

4. Anak Muslim

Channel yang juga mengusung tema Islami ini berisi kisah-kisah dari para nabi dan rasul. Kisah-kisah yang disuguhkan sangat inspiratif lantaran berisi pelajaran moral, akhlak, yang sanggup dijadikan teladan bagi anak-anak. Penyampaian dongeng yang sederhana mengakibatkan video-video yang dimiliki channel Anak Muslim sanggup dipahami dengan gampang oleh anak-anak. Yuk meluncur ke channelnya, klik di sini.

5. Menggambar Bersama COKI

Channel ini mengkhususkan untuk menyuguhkan konten-konten berupa berguru menggambar dan mewarnai untuk anakl-anak. Dengan memakai karakter yang lucu, yaitu COKI, channel ini mengajak belum dewasa untuk mencoba menggambar dan mewarnai banyak sekali hal, mulai dari benda, kendaraan, hewan, sampai makanan. Contoh menggambar yang sederhana mengakibatkan belum dewasa gampang mempraktikkan di atas kertas gambar! Yuk berguru menggambar, klik di sini.
=/=/=/=/=/=/=

Itulah 5 channel edukasi belum dewasa yang kami rangkum. Sebenarnya masih banyak channel yang elok dan bermanfaat bagi perkembangan belum dewasa di Youtube, mudah-mudahan lain waktu sanggup kami ulas. Semoga menginspirasi. Anak Indonesia GENIUS!

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL
*
- sumber gambar 1: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
Referensi goresan pena dan gambar dari masing-masing channel.

Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel