Cara Menciptakan Artikel Blog Menarik

Cara Membuat Artikel Blog Menarik


 Setiap blogger niscaya menginginkan sanggup menciptakan goresan pena yang menarik dalam blognya Cara Membuat Artikel Blog Menarik


Setiap blogger niscaya menginginkan sanggup menciptakan goresan pena yang menarik dalam blognya. Sebenarnya aneka macam tips maupun taktik yang dibagikan teman-teman blogger yang lain, dan terbukti berhasil. Nah, bagi sobat blogger yang mengalami kesulitan menciptakan konten menarik (termasuk admin...hehehe), maka berikut beberapa tips menulis artikel menarik di blog dari saya.

Terapkan 5W+1H

 Setiap blogger niscaya menginginkan sanggup menciptakan goresan pena yang menarik dalam blognya Cara Membuat Artikel Blog Menarik


Menulis artikel blog sebetulnya sama dengan menunjukkan isu kepada khalayak umum. Sebuah isu dianggap baik jikalau menyajikan urutan kejadian yang terang dan runtut. Dalam ilmu jurnalistik dikenal unsur pembangun isu menurut 5W+1H. Bagaimana hubungannya dengan artikel blog? Simak ulasannya berikut ini.


  • What (apa): Dalam menciptakan sebuah artikel blog, hendaknya kita menjelaskan secara singkat pokok permasalahan yang ingin dibahas. Hal ini bertujuan memberi informasi awal kepada pembaca blog kita mengenai inti goresan pena yang dibuat. Tidak perlu panjang lebar, namun tuliskan dengan singkat, padat dan jelas.
  • Where (di mana): Jika blog sobat mempunyai niche berita, maka unsur where ini sangat penting dimasukkan. Karena mendukung informasi mengenai hal-hal yang berafiliasi dengan daerah atau lokasi. Bukan hanya blog isu saja yang memerlukan unsur ini. Misal, sobat mempunyai blog dengan niche tutorial, maka informasi lokasi pun diperlukan. Sebagai contoh; informasi lokasi toko, kantor, nama kota, dan lainnya.
  • Who (siapa): Dalam artikel blog, perlu ditegaskan kepada siapa goresan pena itu ditujukan. Misal sobat membahas perihal duduk kasus software, hardware komputer, maka sobat sanggup memperjelas jikalau goresan pena tersebut ditujukan untuk programmer, developer website, misalnya. Atau jikalau blog sobat mempunyai niche umum, berarti ditujukan bagi semua orang. Fungsinya jelas, biar pembaca sanggup menentukan melanjutkan menjelajah blog sobat atau tidak.
  • When (kapan): Nah, khusus mengenai unsur yang satu ini memang tidak semua blog memerlukan. Karena unsur ini berafiliasi dengan waktu. Akan lebih sempurna jikalau unsur when diperhatikan oleh sobat blogger yang mengambil tema berita, info event, aktivitas dan sebagainya. Tujuannya jelas, biar pengunjung blog sobat dengan gampang menemukan informasi waktu. Berbeda dengan sobat yang mengambil niche tutorial, misalnya, maka tidak perlu memperhatikan unsur when sebab niche how to tidak terikat waktu.
  • Why (mengapa): Sobat blogger, dalam menciptakan sebuah goresan pena niscaya kita mempunyai niat dan harapan. Entah itu niat berbagi, niat mencari jaringan, impian untuk saling berdiskusi, impian manfaat dan impian lainnya. Untuk itu, berikan alasan mengapa sobat menulis suatu artikel beserta harapannya. Tujuannya ialah biar pembaca lebih sanggup mencicipi semangat dari goresan pena sobat. Selain itu, dengan memberikan niat dan impian dalam tulisan, maka secara tidak eksklusif membangun motivasi bagi sobat untuk lebih produktif dan kreatif.
  • How (bagaimana): Unsur terakhir ialah how. Unsur ini sangat diharapkan oleh hampir semua jenis blog. Bagi sobat yang mempunyai blog berita, unsur ini diharapkan untuk menggambarkan kronologi suatu peristiwa. Bagi blog tutorial, jelas, diharapkan untuk menggambarkan langkah-langkah yang ada. Bagi blog dengan niche yang unik pun, unsur ini sangat diperlukan. Contoh; blog perjalanan, masakan, review dan lain sebagainya.

Tambahkan gambar ilustrasi

 Setiap blogger niscaya menginginkan sanggup menciptakan goresan pena yang menarik dalam blognya Cara Membuat Artikel Blog Menarik


Banyak sesepuh dunia blogging yang menyatakan artikel dinilai menarik dikala memasukkan gambar sebagai pendukung dan menambah nilai estetika. Memang benar. Ketika kita membaca goresan pena tanpa gambar ilustrasi, lama-kelamaan terasa membosankan. Berbeda jikalau sebuah goresan pena dihiasi beberapa gambar pendukung, maka pembaca akan merasa betah berlama-lama. Sebab selain tulisan, pembaca juga bahagia melihat gambar yang tersedia.

Namun, ada hal yang perlu kita perhatikan, spele namun sangat penting. Yaitu, sobat hendaknya tidak memaksakan biar gambar benar-benar mewakili isi tulisan. Karena tidak semua goresan pena sanggup kita cari ilustrasinya. Contoh, goresan pena perihal proses terjadinya angin, bukankah angin tidak sanggup dilihat secara kasat mata? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Sobat tidak perlu resah harus mencari gambar angin, cukup beri gambaran daun yang tertiup angin, rambut yang diterpa angin, misalnya.

Ketika sobat memaksakan gambar untuk tulisan, yang terjadi ialah menyia-nyiakan waktu kita. Waktu yang seharusnya sanggup dipakai untuk menulis judul lain, akibatnya habis hanya untuk mencari gambar ilustrasi.


Selipkan kata-kata mutiara


 Setiap blogger niscaya menginginkan sanggup menciptakan goresan pena yang menarik dalam blognya Cara Membuat Artikel Blog Menarik


Bukan bermaksud untuk menciptakan goresan pena yang "lebay", namun tujuan memasukkan sebaris kata-kata mutiara ialah biar memperindah goresan pena kita. Dengan adanya kata-kata mutiara yang berafiliasi dengan artikel, maka sanggup berfungsi sebagai penguat isi artikel.

Namun, khusus untuk blog isu hendaknya tidak memasukkan kata-kata mutiara. Karena bahasa yang dipakai isu haruslah tegas, lugas dan sesuai fakta.

Akhiri dengan seruan dan motivasi


 Setiap blogger niscaya menginginkan sanggup menciptakan goresan pena yang menarik dalam blognya Cara Membuat Artikel Blog Menarik


Sebagai perhiasan di simpulan tulisan, maka manfaatkan kepingan tersebut dengan ajakan-ajakan serta motivasi yang positif. Baik yang berafiliasi dengan isi goresan pena maupun hal positif lainnya.

******

Demikian Cara Membuat Artikel Blog Menarik yang sanggup sobat terapkan dalam kegiatan blogging. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Terima kasih, salam sukses!

Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel