Tutorial Wordpress, Upload Dari Local Ke Hosting

Untuk instalasi wordpress di local pc memang akan lebih memudahkan dalam hal mengedit atau mengkostumisasi wordpressnya, serta perubahannya tidak akan dilihat secara pribadi oleh publik, dan akan lebih memudahkan kembali dikarenakan untuk editing wordpress di local pc dapat tanpa koneksi internet, sehingga dapat mempersiapkan tampilan website lebih leluasa dan siap untuk di publish ke publik. Pada panduan ini, kami akan memperlihatkan langkah – langkah untuk upload wordpress yang sudah siap di local pc ke hosting dengan pengelolaan cPanel.


  •  Mempersiapkan database dan file WordPress di local PC

Setelah proses editing wordpress di local pc simpulan dan dirasa cukup, maka dapat melaksanakan backup file website dan database nya. Untuk file website dapat dibackup dalam bentuk format .zip, sedang untuk database dapat dilakukan export pada database yang dipakai di wordpress local pc. Jika pengelolaan database memakai phpMyadmin maka dapat dengan alamat localhost/phpmyadmin atau sesuai dengan alamat susukan phpmyadmin di local pc Anda.

Setelah klik “export” maka dapat dilanjutkan dengan klik “go”. Dikarenakan instalasi pada local pc, maka url web akan menjadi localhost dan harus dirubah dahulu ke nama domain yang akan dipakai untuk website. Maka selanjutnya dapat edit file sql nya memakai notepad++ atau sublime. Pilih sajian search dan replace ( shortcut ctrl+h ) . Cari url yang masih localhost dan dirubah dengan nama domain Anda.


  • Membuat database dan user database pada hosting
Untuk pembuatan database serta user database dapat melalui “mysql database” pada cpanel hosting. berikut langkah untuk pembuatan database.

Selanjutnya menciptakan user untuk databasenya menyerupai berikut.

Dan kemudian dilanjutnya hak susukan user ke databasenya melalui sajian add user to database.

Klik pada pilihan All privilage semoga tercentang semua pilihannya, kemudian dapat dilanjutkan dengan klik make changes.


  • Import database ke hosting

Selanjutnya yaitu proses import database yang sebelumnya sudah dibentuk pada local pc, untuk langkahnya melalui sajian phpmyadmin di cPanel hostingnya.


Setelah masuk ke halaman phpmyadmin dapat klik database yang sebelumnya dibentuk pada hosting kemudian klik pilihan import pada bab atas.

Selanjutnya dapat klik choose file dan nantinya akan muncul pop up untuk menentukan file  SQL dari local pc.

Setelah menentukan file SQL yang dikehendaki maka dapat dilanjutkan dengan klik go.

  • Upload file website dan setting config
Setelah file database berhasil di import, maka langkah selanjutnya yaitu upload file wordpress yang sebelumnya sudah di backup dalam format zip di local pc. Untuk upload file websitenya maka dapat klik sajian ” file manager” di cpanel hostingnya.


Kemudian dapat klik folder “public_html” dan sehabis folder public_html terbuka, dapat dilanjutkan dengan klik upload pada bab atas.


Dan akan terbuka halaman untuk upload.

Kemudian klik select file dan akan muncul pop up untuk menentukan file yang hendak di upload. Setelah di pilh filenya kemudian klik open.


Tunggu sampai proses upload berhasil 100%, bila sudah 100% maka dapat klik Go Back to “/home/masuk/public_html” untuk kembali ke folder public_html di file manager.

Pada folder public_html di file manager dapat klik kanan pada file .zip yang sudah di upload kemudian klik extract.

Kemudian akan muncul pop up untuk pemilihan folder tujuan, dapat dibiarkan default dan pribadi klik extract file(s).


Tunggu proses extract nya, dan bila sudah simpulan akan muncul tampilan isu hasil extractnya, dan dapat pribadi klik close.

  • Menyesuaikan file konfigurasinya
Agar website dapat diakses, maka file konfig harus diubahsuaikan memakai detail database dan user database yang sudah dibentuk pada cPanel hosting. Cari file dengan nama wp-config.php, kemudian klik kanan pada file wp-config.php tersebut dan pilih edit.

Selanjutnya, isi pada file konfig dapat diubahsuaikan sesuai detail database dan user yang sebelumnya sudah dibuat. Termasuk Database prefix juga disamakan, untuk prefix dapat dilihat dari phpMyAdmin. Setelah semua dirasa cocok silahkan klik save.

Jika semua sudah sesuai, maka dapat mencoba untuk susukan domain melalui browser, bila ada hambatan dapat menghubungi kami melalui email.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel