5 Tips Menciptakan Judul Konten Yang Menarik Dan Engaging - Trik Jitu

Mungkin Anda pernah memperhatikan suatu artikel-artikel dari website menyerupai BuzzFeed dan Upworthy mendapat banyak klik, views, dan pengunjung websitenya. Apakah Anda tahu kira-kira apa alasannya? Ada satu faktor yang berhasil membantu mereka dalam mendatangkan banyak pengunjung di websitenya, alasannya yaitu lantaran mereka mempunyai judul konten atau headline artikel yang sangat menarik dan engaging.


Hal pertama yang sering dilihat seseorang disaat melihat suatu konten yaitu judulnya. Judul konten yaitu suatu faktor yang sangat penting dalam menjual sebuah konten. Bagi Anda yang mempunyai sebuah website e-commerce, calon pelanggan Anda akan tertarik dan mendapat kesan pertama mereka yaitu wacana merk Anda dari suatu headline yang Anda buat. Tujuan utama kita menciptakan sebuah judul konten bukanlah hanya semata untuk menjual barang ataupun layanan Anda. Akan tetapi Anda juga harus sanggup menciptakan para pembaca mau membaca artikel Anda hingga selesai.

Dalam aktivitas dunia digital marketing, judul atau sebuah headline suatu konten sering dipakai untuk SEO, email marketing, dan juga social media marketing. Oleh lantaran itu, penting sekali Anda dalam menciptakan judul konten yang menarik dan engaging lantaran sekarang menjadi suatu keharusan.

Ada banyak pertanyaan yang kerap ditanyakan wacana sebuah headline. Seberapa panjangkah sebuah judul yang baik ? Apa ada limit jumlah perkata? Haruskah judul yang  Anda buat hanya dioptimasi untuk SEO?

Di artikel kali ini, saya ingin menyebarkan tips menciptakan suatu judul atau sebuah headline yang engaging dan menarik. Kalau Anda ingin tahu, yuk lanjut baca artikelnya.

Gunakanlah Formula 4U Untuk Membuat Judul Konten Anda
Tidak ada sebuah headline yang benar atau salah, tetapi memang benar ada jenis sebuah headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan Anda mengikuti formula yang mirip, judul yang Anda buat akan sanggup mendorong orang-orang untuk mengklik konten buatan Anda dan membacanya. Contohnya menyerupai Melanie Duncan, seorang blogger, menciptakan formula 4U. Formula ini ia dipercaya sanggup mendorong banyak pengunjung website untuk membaca konten buatan Anda hingga selesai.

1. Useful

Coba Anda pikirkan headline menyerupai apa yang nantinya akan Anda klik ketika Anda sedang melihat suatu news feed Anda. Salah satunya yaitu jenis judul artikelnya bukan ?,  yang biasa akan Anda klik  yaitu artikel yang mengatakan sesuatu yang bermanfaat untuk diri Anda.

Sebenarnya Anda juga sanggup melaksanakan akan hal yang sama; tawarkanlah manfaat kepada para pembaca Anda di judul yang Anda buat. Mulailah dengan mencoba dan mengerti apa yang audience Anda ingin ketahui dan tawarkanlah akan hal itu kepada mereka. Judul yang Anda buat harus mengidentifikasi suatu dilema dan mengatakan solusi. Begitu juga dengan isi artikel kontennya.

Poin ini sanggup Anda gunakan baik dalam perusahaan yang mengatakan suatu produk maupun dalam bidang jasa. Kedua-duanya intinya memang sanggup membantu penggunanya untuk menuntaskan dilema yang sedang dihadapi. Biasanya jenis artikel yang mempunyai sebuah headline menyerupai ini yaitu jenis artikel-artikel how-to dan listicles.

2. Urgent

Yang selanjutnya yaitu salah satu cara seorang blogger biasa menarik perhatian pembacanya yaitu memakai metode headline yang menciptakan nuansa urgent. Dengan nada judul konten yang penting, orang-orang yang biasa akan lebih tertarik untuk klik iklan pada artikel itu. Biasanya mereka tidak mau ketinggalan berita-berita yang sedang ramai dibicarakan, membantu, dan informatif.

Dari 4U, Urgency yaitu poin yang paling berdasarkan saya susah untuk dilakukan mungkin lantaran saya belum tahu dan apakah karakteristik ini sesuai dengan topik artikel yang Anda buat. Poin ini biasanya banyak dipakai di berita-berita TV.

3. Unique

Banyak orang bahagia membaca sesuatu yang unik. Biasanya sesuatu yang unik-unik sanggup eksklusif menarik satu perhatian seseorang dan menciptakan mereka ingin tau ingin mengklik artikel tersebut. Kebanyakan website sering memakai plesetan kata-kata di judul konten mereka untuk menarik perhatian pembaca. Salah satu website yang banyak mempunyai judul-judul unik yaitu Buzzfeed.

4. Ultra-Specific

Anda niscaya sering dan menemukan judul-judul artikel yang memakai angka. Nah, judul artikel menyerupai ini yang dinamakan dengan ultra-specific. Pembaca akan lebih tahu niscaya apa yang akan mereka dapatkan  kalauj mereka mengklik artikel ini.

Dengan memastikan judul yang Anda miliki keempat unsur ini, Anda akan sanggup menarik perhatian lebih banyak pembaca. Selain Empat unsur di atas, masih ada beberapa tips yang sanggup Anda coba untuk menciptakan judul yang lebih menarik dan engaging.

Tips Membuat Judul yang Lebih Menarik dan Engaging

  • Pastikan bahwa manfaat dari artikel itu terlihat dari judulnya
Jika judul suatu konten Anda menjanjikan sebuah manfaat, orang-orang akan terdorong dengan sendirinya untuk mengklik dan membaca artikel Anda. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, orang-orang akan lebih mungkin untuk mengklik sebuah artikel  Anda jikalau mereka tahu apa yang akan mereka dapatkan. Judul yang Anda buat harus sanggup meyakinkan para pembaca bahwa mereka akan mendapat sesuatu dengan cara membaca artikel Anda. Agar Anda sanggup melaksanakan ini dengan sukses, Anda perlu mengenal audience terlebih dahulu. Salah satu misalnya menyerupai judul artikel yang memperlihatkan manfaat yaitu suatu artikel dari HuffingtonPost yang judulnya “The Best Salmon Recipes For Quick and Easy Dinners”. Dari judulnya saja, orang-orang akan tahu bahwa dari artikel tersebut nantinya mereka akan mendapat sebuah resep salmon yang sanggup dimasak dengan sangat cepat dan sangat gampang untuk makan malam.
  • Gunakanlah sebuah perbandingan di judul untuk menarik perhatian
Ketika Anda melaksanakan sebuah perbandingan pada judul konten, orang-orang biasanya akan lebih ingin tau apa hubungan di antara kedua hal tersebut. Setiap hari, banyak orang menciptakan keputusan. Konten yang memuat suatu judul yang mengandung perbandingan akan lebih menciptakan orang penasaran. Mengapa si penulis konten merasa hal A lebih baik dari hal B? Hal ini akan mendorong mereka untuk membaca artikel Anda hingga habis. Selain itu, artikel perbandingan akan sanggup membantu pembaca untuk memilih mana hal yang manis atau produk yang sempurna untuk mereka.
  • Masukkanlah angka pada suatu judul konten
Salah satu jenis konten yang paling popular di Internet yaitu jenis konten yang listicles – yaitu konten yang berbentuk daftar. Bantak orang bahagia membaca listicles lantaran hal ini gampang dibaca dan tidak menyita banyak waktu. Oleh alasannya itu, memasukkan sebuah angka pada judul konten sanggup menarik perhatian para pembaca. Jika Anda mengakses sebuah website Buzzfeed, Anda akan menemukan dan melihat banyak headline yang mempunyai angka pada setiap judulnya.

Artikel yang memakai angka di setiap judulnya biasanya artikel yang berisi tips dan tricks. Oleh alasannya itu, ada baiknya Anda mulai merencanakan dn mencoba menciptakan artikel-artikel tips dan tricks yang eksklusif Anda sanggup coba oleh pembaca artikel.
  • Gunakanlah keyword pada judul
Jika Anda memakai salah satu keyword di seluruh artikel, Anda juga harus memasangnya ke dalam judul. Pembaca akan tahu apa inti dari artikel Anda dan apa yang mereka sanggup dan mereka dapatkan dari membacanya; begitu juga dengan mesin pencari. Anda sanggup melaksanakan hal tersebut dengan mudah, dengan pola judul menyerupai “Apa yang Membuat (Keyword) Sangat Penting dalam (Keyword).”

Dengan Anda memasukkan keyword pada judul, Anda akan sanggup menarik lebih banyak klik dan mendapat banyak share dari para pembaca yang di share mereka di social media, peringkat akan lebih tinggi di SERPs, dan Anda akan mendapat lebih banyak traffic website. Ketika ada seseorang mencari keyword tersebut dan Google akan memunculkannya di halaman hasil pencarian, si pengguna akan tahu bahwa postingan Anda mempunyai apa yang mereka cari dan mereka butuhkan.

Salah satu hal yang mungkin Anda perlu ingat, judul tidak hanya untuk artikel saja ya. Tetapi judul sering dipakai untuk setiap jenis konten yang Anda buat baik itu berupa; video, podcast, email, dan bahkan postingan social media Anda. Langkah-langkah di atas bisa  Anda terapkan pada semua jenis konten ini.

  • Simpulan
Judul atau sebuah headline yaitu hal pertama yang dilihat orang dari merek Anda, sebelum memutuskan apakah akan mengklik konten Anda atau tidak.  Meskipun kita pungkiri tidak ada cara yang mutlak untuk menulis  sebuah judul, ada beberapa formula utama yang sanggup Anda simak dan Anda ikuti untuk menciptakan yang lebih baik. Untuk memulai, Anda wajib memakai formula 4U. 

Judul Anda harus useful - (bermanfaat), urgent - (mendesak), unique - (unik), dan ultra-specific-  (sangat spesifik). Buatlah konten Anda menjadi panduan banyak orang, sehingga sanggup eksklusif dilakukan banyak orang.

Cara lasik meyakinkan para pembaca bahwa mereka tidak akan menyesal membaca postingan buatan Anda, alasannya ini sanggup menuntaskan dilema mereka. Selain itu, menciptakan mereka lebih ingin tau juga sanggup mendorong pengunjung website untuk membaca artikelnya hingga habis. Bagaimana biasa Anda menulis sebuah judul konten? Kalau Anda mempunyai tips dan triks yang belum ada di artikel ini, tinggalkan komen di bawah! Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan membantu Anda!

Jika artikel ini bermanfaat dan banyak membantu banyak orang, mohon sebarkan artikel ini kebanyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel