Daftar Partai Politik Penerima Pemilu 2019

Pemilihan Umum atau yang disingkat Pemilu, adalah proses menentukan orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu, abatan-jabatan tersebut beraneka-ragam, mulai dari presiden, wakil rakyat di aneka macam tingkat pemerintahan, hingga kepala desa (wikipedia).  Di Indonesia sendiri, pemilu telah dilaksanakan semenjak kemerdekaan hingga ketika ini. Tak terasa kita sebagai warga Indonesia akan kembali merayakan pesta demokrasi tersebut pada bulan April 2019 nanti. Pemilu yang dimaksud yaitu pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg), yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Pada pilpres tahun 2019 nanti, ada dua pasang calon presiden (capres) yang akan berkompetisi merebutkan jabatan nomor 1 di Indonesia. Pasangan capres nomor urut 1 adalah Ir. H. Joko Widodo - Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin, sedangkan pasangan nomor urut 2 adalah Letnan Jenderal (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo - H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

Gelaran pilpres juga bersamaan dengan pelaksanaan pileg dengan calon legislatif yang berasal dari partai-parti politik. Berikut daftar partai politik penerima pemilu 2019 sesuai nomor urut:

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
2. Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA)
3. Partai Demkrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4. Partai Golongan Karya (GOLKAR)
5. Partai Nasional Demokrasi (NASDEM)
6. Partai Garuda
7. Partai Berkarya
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
9. Partai Persatuan Indonesia (PERINDO)
10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
12. Partai Amanat Nasional (PAN)
13. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA)
14. Partai Demokrat (PD)
15. Partai Aceh
16. Partai Sira (Aceh)
17. Partai Daerah Aceh
18. Partai Nanggroe Aceh
19. Partai Bulan Bintang (PBB)

Itulah 19 partai politik yang akan berlaga dalam pemilihan umum 2019. Marilah kita menyukseskan pesta demokrasi tersebut dengan semangat kebersamaan menuju Indonesia yang lebih baik berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Referensi:
- wikipedia
-  kpu
- gambar: rri.co.id

Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel