Mengenal Pulex Irritans Drakula Mini Pada Rambut Manusia

Apa itu (Pulex irritans) Kutu Rambut ?


Kutu kepala (Pulex irritans) di Indonesia ia dikenal sebagai kutu rambut atau tumo di Bahasa Jawa. Kutu rambut mempunyai ukuran beragam, mulai dari sebesar kepala peniti hingga biji wijen.
Kutu rambut mengalami siklus hidup dengan usia sangat singkat, hanya 3-4 ahad saja, dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu fase telur, fase pintar balig cukup akal dan fase pintar balig cukup akal bereproduksi.
Telur kutu (nit), dengan ciri titik kekuningan, cokelat, atau cokelat kecil sebelum menetas berukuran antara 1 - 2 mm.

Mayoritas telur kutu rambut ditempelkan belahan bawah bersahabat akar rambut. Kemampuan kutu rambut betina dalam bertelur sekitar 1 – 2 hari sesudah terjadi pembuahan oleh sang jantan. Dalam sehari, kutu rambut betina bisa bertelur 2 - 5 kali dan dengan totalnya sekitar 70 telur dalam seminggu.
Kemudian, telur kutu menetas menjadi koloni kutu-kutu bayi (nimfa). Telur kutu menetas rentang waktu 7-14 hari. Setelah menetas, sisa cangkangnya terlihat putih atau transparan, dan akan tetap menempel besar lengan berkuasa pada batang rambut. Bayi-bayi kutu ini akan menjadi pintar balig cukup akal dalam waktu tujuh hari sesudah menetas.

Kutu pintar balig cukup akal bisa hidup hingga 1 bulan di atas kepala. Kutu pintar balig cukup akal berukuran ibarat biji wijen, mempunyai enam kaki, dan berwarna abu-abu keabu-abuan. Pada orang dengan rambut hitam, kutu pintar balig cukup akal terlihat lebih gelap. Untuk hidup, kutu pintar balig cukup akal perlu “minum” darah beberapa kali sehari. Tanpa darah atau jikalau terjatuh dari kulit kepala, kutu akan mati dalam rentang waktu 1 - 2 hari.


Darimana Kutu Rambut Berasal?

Kutu rambut mewabah dan menyebar ketika ekspresi dominan semi dan panas. Ketika suhu sekitar menghangat atau panas, maka itulah ketika yang sempurna kutu rambut melaksanakan perluasan dan bereproduksi. Dengan suhu yang disukai sekitar 32 derajat Celcius.

Dilansir Health24.com oleh Dr Hannah Chow-Johnson, ajun profesor pediatri di Sekolah Kedokteran Universitas Loyola Chicago Stritch  "Jangan merasa aib kalau mempunyai kutu. Kutu-kutu kepala lebih tertarik pada rambut yang bersih dan mengkilap, sehingga perkiraan bahwa hanya orang-orang kotor yang mempunyai kutu yaitu salah".

Kutu rambut tidak selalu berkaitan dengan faktor sanitasi, strata ekonomi dan higienis.


Dimana Kutu Rambut Paling Banyak Ditemukan?

Telur kutu terdapat di rambut yang bersahabat dengan kulit kepala. Kutu paling sering berjalan-jalan khususnya belakang indera pendengaran bersahabat garis leher pada belahan belakang leher. Kutu jarang ditemukan pada tubuh, bulu mata, atau alis.

Bagaimana Cara Kutu Rambut Menyebar dan Menular?

Parasit mungil ini mempunyai cakar ala kepiting yang diubahsuaikan secara khusus sehingga mereka bisa merangkak dan menempel erat pada rambut.

Meskipun tidak bisa melompat atau terbang, kutu biasanya menyebar melalui 2 cara kontak eksklusif dan kontak tak eksklusif yang memungkinkan mereka berpindah dari rambut yang usang ke rambut yang baru.

Kontak langsung. Penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat. Misalnya, lewat kontak badan, tidur di ranjang yang sama. Kutu rambut juga sanggup menyebar ketika pembawa kutu membuatkan topi, pakaian, atau sisir.

Kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui mediator benda tercemar kutu atau telur kutu yang digunakan bersama. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, atau baju. Walaupun penularan dengan cara ini sangat jarang terjadi.
Anak-anak terutama sangat rentan terhadap kutu sebab mereka cenderung mempunyai kontak fisik yang erat satu sama lain.

Perbedaan kutu dengan ketombe di rambut

Kutu rambut sering disamakan dengan ketombe. Padahal, keduanya berbeda. Ketombe yaitu serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat pada pundak Anda. Ketombe gampang sekali jatuh, sedangkan kutu kepala menempel erat pada batang rambut.

Referensi
hellosehat.com - 5 Fakta Unik Soal Kutu Rambut
detikHealth - Kutu Kepala Suka Rambut yang Bersih
Wikipedia
Liputan6.com
Merdeka.com – 8 Hal yang tidak kau ketahui wacana kutu rambut


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel