Bagaimana Sistem File Pada Linux?

 Sistem File Pada Linux
Sistem file pada linux tersusun atas direktori-direktori lain yang tersusun secara hirarki dari dengan direktori utamanya ‗/‘ atau dikenal dengan ―root directory‖, dan di bawahnya terdapat lagi direktori yang merupakan daerah penyimpanan konfigurasi-konfigurasi sistem yang ada pada linux. Secara struktur sanggup digambarkan menyerupai berikut ini.




Pada gambar di atas terdiri dari beberapa directory antara lain sebagai berikut :
/bin
Merupakan singkatan dari ―binaries‖, atau executables, dimana banyak terdapat program-program sistem yang esensial. Untuk melihat file-filenya, maka dipakai perintah ls –F /bin. Jika saudara melihat daftar file-nya, saudara akan melihat beberapa commands yang telah anda kenal, menyerupai cp, ls, dan mv. Ketika saudara memakai perintah cp, maka anda berarti menjalankan kegiatan /bin/cp. Dengan memakai ls –F , terlihat bahwa sebagian besar (tidak semuanya) dari file-file di /bin mempunyai tanda (―*‖). Ini membuktikan file tersebut sanggup dieksekusi.

/dev
File-file di /dev merupakan file-file device, file-file tersebut mengakses system devices dan resources (sumber daya) menyerupai disk drive, modems, dan memory. Misalnya, untuk membaca input dari mouse maka dilakukan dengan mengakses /dev/mouse. Nama file yang diawali dengan fd yaitu floppy disk devices. fd0 yaitu floppy disk drive pertama, dan fd1 merupakan yang kedua. Beberapa file device yang umum ditunjukkan menyerupai pada tabel berikut ini.

 


/etc
Berisi sejumlah file konfigurasi sistem., menyerupai /etc/rc (script inisialisasi sistem)

/sbin
Berisi binary-binary sistem yang esensial dimana dipakai untuk manajemen sistem.
 
/home
Berisi direktori rumah dari para pengguna sistem. Sebagai pola /home/yamta, maka merupakan home directory dari user ―yamta‖.
/lib
Berisi shared library images, merupakan file-file yang berisi instruksi dimana banyak program-program menggunakannya secara umum.

/proc
/proc mendukung ―virtual file system‖, dimana file-file disimpan pada memori, tidak pada disk. File-file ini mengacu pada aneka macam proses yang jalan pada sistem, sehingga sanggup menunjukkan anda gosip perihal program-program dan proses-proses yang berjalan pada ketika tertentu.
 
/tmp
Berisi perihal file-file yang bersifat sementara.
 
/usr
/usr merupakan direktori yang sangat penting dimana berisi sub-direktori yang berisi beberapa dari program-program dan konfigurasi file-file yang dipakai pada sistem yang paling penting. Isi dari /usr antara lain sebagai berikut.

/var
Berisi direktori yang sering berubah ukurannya. Misal basis data.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel