Apa Itu Pv, Ctr, Cpc, Rpm Dalam Google Adsense ?



Haloo gaest....
Ada banyak pertanyaan wacana istilah-istilah yang menyangkut dalam google adsense ibarat CPC, CTR, ePCM, PV dll. Yang mungkin abnormal bagi blogger pemula. Di kesempatan kali ini saya akan mengulas wacana istilah-istilah tersebut.
Banyak sekali istilah-istilah yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger pemula. Apalagi yang akan terjun menjadi seorang publisher adsense. Maka dari itu bagi seorang publisher setidaknya harus mengetahui istilah-istilah tersebut untuk mengetahui pendapatan, jumlah pengunjung dll.

Inilah beberapa istilah-istilah yang harus teman ketahui untuk mempermudah dalam google adsense.

A. Visitor dan Unique Visitor (pengunjung organik)
Visitors yaitu sebutan yang umum untuk pengunjung sebuah blog. Sedangkan unique visitors yaitu pengunjung blog yang murni tiba berasal dari mesin pencari ibarat google.com yahoo.com bing.com dll.
Dalam istilah ini Pengunjung mengunjungi blog teman dengan kata pencarian yang mereka inginkan.

B. Average Time On Site
Average time on site yaitu jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung berada di blog sobat. Semakin usang pengunjung berada di blog sobat, berarti semakin tinggi pula nilai durasi waktu sinnggahanya.

C. Publisher Adsense
Publisher Adsense yaitu seseorang yang tergabung dalam kegiatan adsense untuk menayangkan iklan google di situs maupun blog merekan.
Publisher adsense di bedakan menjadi 2 yaitu penayang dalam blog dan penayang dalam channel Youtube.
Dari artian ini Publisher  akan menampilkan iklan melalui blog ataupun website. Oleh alasannya itu syarat utama menjadi publisher haruslah mempunyai blog maupun website, Sedangkan untuk penayang video, maka seorang publisher di youtube haruslah mempunyai channel dan mengunggah video.

D. Review Kedua
Review Kedua yaitu tahap evaluasi yang kedua oleh pihak google adsense untuk meninjau situ maupun blog atas undangan calon publisher yang ingin menjadi kawan (publisher) google adsense.
Dalam Hal ini Lamanya review kedua ini berkisar antara 3-7 hari.

E. Page View (PV)
Page View yaitu jumlah halaman website maupun blog yang dibuka oleh pengunjung (visitor). jikalau 1 pengujung itu membuka 10 halaman di blog berarti page viewnya ada 10. Kaprikornus semakin banyak pengunjung yang membuka halaman blog maka page view juga akan semakin banyak.

F. CTR (Click through rate)
CTR yaitu nilai perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan laman suatu blog maupun website. CTR ini juga dikenal dengan istilah RKT (Rasio klik per tayang) Biasanya CTR dipakai untuk mengukur banyaknya klik jenis iklan PPC. Rumus CTR = (click / pageview) x 100

G. CPC (Cost per click)
CPC Adalah perhitungan yang di dapatkan dari setiap klik yang dilakukan oleh pengujung suatu situs maupun blog. CPC juga dikenal dengan istilah BPK (Biaya per klik). CPC ini selalu berbeda beda untuk setiap iklan yang tampil di blog maupun website. Semakin tinggi nilai CPC-nya maka semakain pula pendapatan yang akan masuk ke akun adsesne.

H. RPM (Revenue Per Thoushand Impression)
RPM atau sering disebut dengan PPS yaitu pendapatan per-seribu tayang (RPM) yang membuktikan pemasukan atau penghasilan tertaksir di sashbor adsense.
PPS ini membuktikan pendapatan yang diterima setiap 1000 kali tayang dalam setiap website maupun blog.
Rumus perhitunganya :
RPM = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) x 1.000
Contoh :
Penghasilan adsense tertaksir $1 dari 50 laman
Maka RPM = ($1 : 50) x 1.000 = $20
Kaprikornus jikalau halaman 50 blog teman di kunjungi 50.000 maka penghasilan tertaksir = $20/hari.

I. Bounce Rate
Bounce Rate yaitu rata-rata presentase antara tingkat kunjungan blog dengan page view dalam jangka waktu tertentu.
Contoh :
Ada pengunjung perhari sebanyak 100 pengujung dengan pageview 150
Maka rumus hitungnya : 100 / 150 = 66,66%


J. Akun Hosted dan Nonhosted
Akum hosted maupun non-hosted yaitu 2 jenis akun adsense yang dibedakan menurut registrasi awal calon publisher.
Akun hosted yaitu akun yang didapatkan memakai blogspot. Dalam artian akun ini masih terikat/ masih serumah dengan google, dan masih dikendalikan sepenuhnya oleh Google.
Sedangkan akun non hosted yaitu akun yang didapatkan mengggunakan domain TLD ibarat .com .net .id dll
Akun jenis ini sudah tidak serumah dengan Google, namun akun adsense masih dikendalikan menurut peraturan Google Adsense.

Itulah beberapa klarifikasi sekilas apa itu istilah-istilah dalam google assense.
Semoga sanggup di pahami..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel