Bagaimana Situasi Terbaru Dari Netware?

Novell NetWare masih dipakai oleh beberapa organisasi perusahaan, namun kini ini tengah berlangsung penurunan popularitas dimulai pada pertengahan thn 90an, Microsoft berhasil mengalihkan pangsa pasar dari produk NetWare ke arah Microsoft sendiri pada selesai thn 90an. Pemasaran Microsoft yang lebih garang ditujukan eksklusif kepada administrasi perusahaan melalui majalah utama “ Novell NetWare’s” (majalah seorang jago TI)

Netware Lite / Personal Netware
Pada tahun 1991, Novell memperkenalkan produk berbeda dan murah, Netware Lite. System Netware Lite saling berkerja sama antara kedua Computer, di mana Netware Lite tidak memerlukan adanya server khusus, tetapi semua Computer pada jaringan sanggup mengembangkan sumber daya mereka.Kinerja NetWare mendominasi pangsa pasar Network Operating System (NOS), dari pertengahan tahun 80an hingga selesai tahun 90an, alasannya kinerjanya yang sangat tinggi dibandingkan dengan teknologi NOS lain. Dengan perbandingan kinerja 5:1 dan keunggulan 10:1 dengan kebanyakan benchmark untuk produk dari Microsoft, Banyan, dan lain-lain. Satu patokan penting NetWare 3.x menjalankan layanan Network File System (NFS), melalui TCP / IP ke dedicated server (bukan dari protokol asal NetWare yaitu protocol IPX). NetWare NFS mengungguli kedua ‘pribumi’ sistem NFS (NFS Auspex dan server Unix SCO) dan mengklaim keunggulan kinerja 2:1 Pada ketika pertama kali NetWare dikembangkan, hampir semua penyimpanan file didasarkan pada Model Service Disk. Ini berarti bila Computer Client ingin membaca file tertentu dari blok tertentu, maka seruan yang dikeluarkan relatif lambat alasannya :
  1. Blok pertama Computer Client akan membaca direktori
  2. Kemudian Computer Client akan membaca direktori demi direktori hingga menemukan warta file yang dikehendaki (bisa banyak blok direktori yang di baca).
  3.  Kemudian Computer Client akan Membaca blok data yang diinginkan Kemudian NetWare mengembangkan penyimpanan file menurut pada
Model Service File, model layanan file ini caranya berinteraksi dengan computer client di tingkat API file, caranya:
  1. Computer Client akan mengirimkan seruan file
  2. Computer Client akan Mengirimkan seruan data yang diinginkan dari file tersebut.
Model Server Disk dilakukan dengan kecepatan tinggi dari lokal ke server.
Pada pertengahan thn 80an, sebagian besar produk NOS telah bergeser dari
model layanan disk ke model layanan file.

Protokol yang dipakai oleh Novell NetWare Suite adalah:
  1. IPX: Internetwork Packet Exchange Routing dan Protokol network di layer 3. Ketika sebuah perangkat memerlukan komunikasi dan terletak di network yang berbeda, IPX menginformasikan rute ke tujuan melalui jaringan perantara. IPX serupa dengan IP (Internet Protocol) dalam TCP / IP suite.
  2. SPX: sequencing paket protokol Exchange – Control protokol pada network layer 3. SPX serupa dengan TCP pada TCP / IP suite.
  3. NCP: Network Core Protocol yakni acara rutin aplikasi server yang dirancang untuk memenuhi seruan yang tiba dari, contohnya : NetWare shell. Layanan yang disediakan oleh NCP termasuk susukan file, susukan printer, nama manajemen, akuntansi, keamanan, dan sinkronisasi file.
  4. NetBIOS: Network Basic Input / Output System (NetBIOS) sesi-lapisan spesifikasi interface dari IBM dan Microsoft. NetWare NetBIOS memungkinkan software emulasi agenda yang dipakai untuk menjalankan NetBIOS dalam sistem NetWare.

NetWare application melayani:
  1. NetWare Message Service (NetWare MHS), yakni yang menyediakan transportasi sistem pengiriman pesan email.
  2. Btrieve, yakni implementasi (btree) prosedur susukan database
  3. NetWare loadable Modul (NLMs), diimplementasikan sebagai add-on yang menempel ke dalam sistem NetWare. NLMs dipakai untuk alternatif protocol stacks, layanan komunikasi, layanan database, dan banyak layanan lain yang tersedia dari Novell maupun pihak ketiga
  4. Berbagai fitur konektivitas IBM. Sejak NetWare 5.0, semua layanan jaringan Novell sanggup dijalankan di atas TCP / IP. Di sana, IPX/ SPX warisan Novell menjadi jaringan dan Protokollapisan transport, versi terakhir dari NetWare yakni 6.5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel