5 Penyebab Kuota Internet Smartphone Boros

Penyebab Kuota Internet "Smartphone" Boros.
 Jika Anda pernah atau sedang merasa resah lantaran Anda merasa kuota internet yang dibeli d 5 Penyebab Kuota Internet Smartphone Boros
Kuota internet pada smartphone Anda cepat habis? Jika Anda pernah atau sedang merasa resah lantaran Anda merasa kuota internet yang dibeli dengan harga tidak murah cepat habis, maka Anda perlu mengetahui beberapa penyebabnya.

 Jika Anda pernah atau sedang merasa resah lantaran Anda merasa kuota internet yang dibeli d 5 Penyebab Kuota Internet Smartphone Boros

  • Aplikasi Bawaan
Ketika kita membeli sebuah ponsel berilmu sengan sistem Android, biasanya sudah terpasang beberapa aplikasi bawaan dari vendor, misalnya; aplikasi cuaca, peta, layanan email, layanan penyimpanan online, office dan lain sebagainya. Nah, tanpa kita sadari aplikasi bawaan tersebut ada beberapa yang membutuhkan koneksi internet. Jika kita membiarkan pengaturan default pada pengaturan data seluler, maka otomatis aplikasi tersebut terhubung dengan internet. Apalagi ada jenis aplikasi yang secara otomatis melaksanakan pembaruan versi. Tentu saja hal itu akan banyak menguras kuota internet Anda,

Solusi: Sesuaikan pengaturan penggunaan data untuk masing-masing aplikasi. Misalnya, aturlah (jika ada) aplikasi warta cuaca dijalankan dikala terhubung WiFi saja.
  • Update Otomatis
Memang dengan adanya fitur update otomatis menciptakan kita sebagai pengguna memperoleh fasilitas dalam hal versi aplikasi terbaru. Namun, jikalau tidak dikendalikan maka akan menguras kuota internet Anda, Hal ini disebabkan adanya penambahan ukuran aplikasi dikala terjadi pembaruan. Misalnya, ketika gres memasang sebuah aplikasi ukurannya mungkin tidak terlalu besar, dikala diperbarui membutuhkan 40 MB data. Jika Anda memiliki sepuluh aplikasi dengan kebutuhan data sebesar itu, maka 400 MB data dihabiskan hanya untuk memperbarui aplikasi!

Jika Anda yakni seorang maniak game di ponsel, maka Anda akan sering diminta untuk mengupgrade bukan? Pembaruan permainan di smartphone juga membutuhkan koneksi dan data internet yang besar. Misalnya, Clash Of Clans, Pokemon Go, Get Rich, Plants vs Zombie, dan lain sebagainya.

Solusi: Matikan fitur update otomatis yang tersedia di layanan store Anda (misal; Google PlayStore, AppsStore). Aturlah semoga pembaruan otomatis dijalankan hanya ketika tersambung dengan WiFi saja,
  • Aplikasi Jejaring Sosial Aktif
Jika Anda pengguna jejaring sosial dan termasuk pengguna aktif, maka siap-siap kehilangan banyak kuota internet. Aplikasi sosial media menyerupai Facebook, Path, Instagram merupakan pengonsumsi data yang besar. Setiap menit, bahkan setiap detik terjadi pembaruan timeline di jejaring sosial. Apalagi jikalau akun Anda terhubung dengan pengguna lain yang mungkun berjumlah ribuan. Kuota akan terkuras beratus-ratus megabyte untuk menampilkan perubahan foto di sosmed, misalnya.

Beberapa orang mengeluhkan terjadinya pemborosan kuota dikala memakai aplikasi jejaring sosial. Bahkan ada beberapa sobat saya yang menuturkan bahwa paket data sebesar 1 GB habis hanya dalam kurun waktu sepekan. Padahal kuota data internet tersebut tidak dipakai untuk acara internet lain, menyerupai menonton video online di Youtube, mengunduh aplikasi.

Solusi: Kurangi penyegaran pada timeline jejaring sosial. Karena biasanya sekali disegarkan, akan muncul puluhan pembaruan dari pengguna lain. Biasanya yang cukup banyak menyedot kuota yakni unggahan foto dengan resolusi tinggi.
  • Menonton Video Secara Streaming
Streaming video merupakan acara internet yang membutuhkan data dalam jumlah besar. Penggunaan data internet diadaptasi dengan kualitas video. Semakin tinggi kualitas video, maka data yang diharapkan pun bertambah.

Solusi: Jika Anda gemar menonton video di Youtube, maka bijaksanalah dalam penggunaan data internet. Usahakan memutar video secara online melalui jaringan WiFi saja. Atau jikalau memang Anda tetap ingin melalui seluler, pilihlah kualitas terendah video, walaupun resolusi yang ditampilkan juga kurang bagus.
  • Membiarkan Layanan Data Tetap Aktif
Mengacu pada poin pertama di atas, jikalau Anda tidak mengelola aplikasi dengan baik terutama yang membutuhkan koneksi internet maka dikala layanan data internet tetap aktif, kuota internet terus-menerus terpakai. Akibatnya kuota Anda hilang tanpa jejak yang jelas.

Solusi: Untuk menghindari terkurasnya data internet sebaiknya matikan layanan data di smartphone Anda jikalau tidak sedang digunakan. Jangan hingga Anda kaget ketika memperoleh pesan dari operator bahwa kuota internet Anda telah habis.
******
Demikian beberapa penyebab mengapa kuota internet cepat habis. Jika ada yang memiliki pengalaman serupa dengan goresan pena di atas, silakan bagikan di kolom komentar pada cuilan bawah supaya dadapat dijadikan pembelajaran kita semua. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel