Laporan Praktikum Algoritma Dan Pemrograman Modul V

LAPORAN
PRAKTIKUM
MODUL V




                                                              Disusun Oleh 


                                               Nama                            : HERWANTO
                                               Nim                               : 115410015
                                               Dosen Pendamping     : Adiyuda Prayitna


STIMIK AKAKOM
YOGYAKARATA
2011





MODUL 5
PERNYATAAN IF

A.   Tujuan
Mahasiswa sanggup memahami pernyataan seleksi dalam java dengan memakai IF dan sanggup menuntaskan duduk kasus yang berkaitan dengan seleksi IF baik dalam pemrograman maupun algoritma.

B.   Teori Singkat
Pernyataan seleksi dengan IF akan memiliki beberapa bentuk. Bentuk yang pertama yaitu IF dengan satu pilihan. Bentuk umumnya yaitu sebagai berikut :



if   (kondisi)
pernyataan;








Activity diagramnya yaitu ibarat di bawah ini


Keterangan :
Ø Kondisi dipakai untuk memilih pengambilan keputusan. Jika kondisi bernilai benar, maka pernyataan dikerjakan.
Ø Pernyataan, berisi perintah-perintah dan akan dijalankan kalau kondisi bernilai benar. Pernyataan disini sanggup berupa pernyataan tunggal maupun majemuk.

   Bentuk yang kedua dari pernyataan seleksi IF yaitu pernyataan IF dan ELSE. Pernyataan ini memiliki 2 pilihan. Jika kondisi bernilai benar, dikerjakan pernyataan 1 dan kalau bernilai salah dikerjakan pernyataan2. Pernyataan 1 dan 2 juga sanggup merupakan pernyataan majemuk. Bentuknya :



C.   Pembahasan Listing

Input script ini :


Ke dalam TextPad, sesudah selesai pilih sajian Tools. Lalu pilih submenu Eksternal Tools, klik Compile Java seperti  ini :


Setelah di compile dan programnya sukses, maka akan muncul kata Tool Completed Successfully pada Tool Output ibarat gambar di atas. Maka, dikala programnya dijalakan akan jadi ibarat ini :


Program di atas akan jalan dikala kita memasukkan bilangan 0, tapi kalau kita memasukkan angka 7 kemudian menjalankan aktivitas maka outputnya :


Itu dikarenakan hanya ada satu pilihan saja yang jadi alternatif pada aktivitas di atas yaitu IF(bil==0) jalankan komentar “Bilangan Nol”(dengan script System,out.println), makanya dikala aktivitas dijalankan tidak akan ada komentar. Jika aktivitas di atas dimodifikasi ibarat ini :


Maka dikala aktivitas dijalankan outputnya :


Outputnya akan jadi ibarat di atas dikarenakan kita telah menambahkan alternatif pilihan menjadi 2 selain IF ada ELSE juga. Komentar yang ada pada ELSE yaitu “Bilangan Bukan Nol”(dengan script System.out.println). Sehingga, kalau kita memasukkan angka selain nol pada aktivitas di atas maka komentar yang akan dimunculkan yaitu Bilangan Bukan Nol.

D.   Kesimpulan
Jika mahasiswa mau menciptakan aktivitas untuk satu pilhan sanggup menggunaka pernyataan seleksi IF. Tapi, kalau lebih dari satu pilihan maka pernyataan seleksi yang dipakai yaitu IF ELSE.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel