5 Hal Sederhana Biar Puasa Menyenangkan

Bulan Ramdahan atau Ramadan sebentar lagi tiba. Tentunya kita harus menyiapkan fisik serta mental biar dalam menjalankan ibadah puasa tetap sehat dan bersemangat. Sering di antara kita merasa bahwa ibadah puasa memberatkan, hal itu sanggup disebabkan kesalahan kita dalam menghadapi kegiatan selama bulan suci Ramadhan. Berikut 5 hal sederhana yang perlu kita lakukan biar dalam menjalani ibadah puasa lebih bersemangat.

1. Banyak Mendengar, Sedikit Bicara


Dalam menjalani ibadah puasa, kita diwajibkan menahan segala hawa nafsu yang bersifat negatif. Salah satu hawa nafsu yang harus kita kekang yaitu hawa nafsu bicara. Daripada banyak bicara hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik kita berdiam diri sembari mendengarkan hal-hal yang baik. Misalnya, mendengarkan bacaan ayat suci Al Quran, mendengarkan pengajian, atau mendengarkan musik religius/bersifat keagamaan.

2. Tidur Tepat Waktu


Banyak dari kita yang salah kaprah dalam memanajemen waktu ketika bulan Ramadhan. Ada yang beropini bahwa ketika Ramadan yaitu waktunya begadang, kemudian diganti ketika siang hari. Kita harus mengatur waktu tidur kita dengan tepat. Setelah sholat Tarawih dan bisanya diteruskan membaca Al Quran, maka hendaknya kita segera tidur. Mengapa kita harus tidur sempurna waktu? Karena, kita harus berdiri pagi untuk melakukan santap sahur sebagai salah satu ketentuan ibadah puasa. Jika kita begadang atau bahkan tidak tidur hingga waktu sahur tiba, maka akan berdampak rasa lelah dan mengantuk pada siang harinya. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kegiatan yang akan dilakukan.

3. Membaca Buku


Membaca sangat baik dilakukan biar ibadah puasa lebih bermakna. Tidak hanya mengisi waktu luang, membaca juga bermanfaat biar otak kita selalu terangsang, sehingga pikiran menjadi terbuka. Tentu saja membaca yang dimaksud di sini yaitu membaca buku-buku bermanfaat. Misalnya, buku keagamaan, buku motivasi, buku biografi, dan lainnya. Bagi yang sedang mencari inspirasi untuk sajian berbuka puasa mungkin sanggup membaca resep masakan, tapi ingat jangan hingga terpengaruhi ya! Hehe.

4. Mencatat Kegiatan


Mencatat kegiatan sehari-hari yang akan dilakukan sanggup membantu kita biar lebih siap dalam beribadah puasa. Mulai dari berdiri untuk sahur, beribadah sholat, kegiatan di kawasan kerja atau sekolah, di rumah, hingga waktu berbuka puasa. Catatan yang kita buat menjadi pengingat biar kita teratur dalam beraktivitas.

5. Olahraga


Meski tengah menjalankan ibada puasa, olahraga harus tetap dilakukan. Olahraga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah badan kita, sehingga badan terasa segar. Selain itu, olahraga juga menciptakan otot-otot di badan kita meregang, hal ini tentu menciptakan kita sanggup bergerak serta beraktivitas dengan nyaman. Lakukan olahraga di pagi hari dengan durasi tidak terlalu lama. Lakukan olahraga yang ringan saja, misal senam, bersepeda atau sekadar berjalan kaki.

Itulah 5 hal sederhana yang sanggup dilakukan biar kegiatan kita dalam menjalani ibadah puasa tetap sehat dan menyenangkan, Semoga bermanfaat.


Sumber gambar dari pixabay.com

Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel