Contoh Test Wawancara Kerja Dan Tips Jawabanya


Setelah anda di nyatakan lulus berkas surat lamaran yang sudah anda kirimkan sebelumnya. Biasanya proses berikutnya adalah interview kerja. Namun ada juga beberapa perusahaan yang menerapkan psikotes sebelum wawancara kerja untuk menyeleksi calon karyawanya untuk melihat jumlah dan nilai kemampuan calon karyawan untuk menuntaskan pekerjaan dan problem dilingkungan kerja nantinya.


Test interview atau wawancara ini biasanya HRD atau personalia akan melihat kemampuan, skill, bakat, minat, kejujuran, dll. Sebelum anda di terima sebagai calon karyawanya.
Sebagai calon karyawan yang sudah lolos di tahap berkas lamaran dan test psikotes niscaya akan menghadapi yang namanya interview kerja / wawancara kerja. Karena proses interview atau wawancara kerja sangatlah penting sebelum melaksanakan aktifitas kerja.

Proses selama wawancara kerja biasanya HRD maupun personalia akan melihat penampilan, perilaku (attitude), dan kejujuran. Maka dalam hal ini aku akan mengulas beberapa interview kerja sebagai materi latihan anda untuk menghadapi wawancara tersebut.

Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum berangkat test wawancara :
1. Penampilan dan perilaku sopan
Sebelum anda berangkat untuk test interview/wawancara kerja di usahakan berpenampilan rapi, di mulai dari pakaian, rambut,dan kerapian.

Tata krama dan nilai kesopanan juga akan di nilai ketika anda menghadapi interview kerja.

2. Cek berkas Asli sebagai bukti dokumen
Sebelum anda berangkat untuk mengikuti test interview, berkas orisinil dokumen harus anda bawa sebagai bukti bahwa anda memiliki dokumen orisinil yang sama dikala menulis lamaran kerja sebelumnya.
Ada beberapa HRD atau personalia yang memang membutuhkan berkas orisinil ketika anda di interview, sebagai bukti orisinil bahwa anda memiliki dokumen orisinil yang sama persis dengan lampiran lamaran kerja.

3. Sarapan / makan
Jika anda mendapat aktivitas test interview di pagi hari. Maka anda di tuntut untuk mempersiapkan diri lebih awal, dari bangkit pagi sampai tiba sempurna waktu.
Sebelum berangkat test interview hendaknya anda mengisi perut dulu semoga tidak terjadi lesu alasannya lapar. Karena lapar, fikiran menjadi kurang konsentrasi untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang akan di berikan oleh hrd maupun personalia.

4. Berdoa
Berdoalah terlebih dahulu sebelum berangkat interview kerja. Agar proses berlangsung lancar menghadapi pertanyaan nantinya.

Pertanyaan interview kerja

1. Biodata diri
Seorang hrd/personalia niscaya akan menanyakan biodata diri anda, dari mulai nama, daerah tanggal lahir, alamat, dan pendidikan terakhir. Karena pada proses ini seorang HRD maupun personalia akan mengecek ulang ke absahan pada bab berkas lamaran kerja anda.
Tips menjawab :
Maka anda perlu menjawab sejujurnya sesuai biodata diri anda.

2. Apa Hobi anda dan aktifitas sehari-hari?
Pertanyaan menyerupai ini seringkali kita dapati pada Intrview kerja sebelum proses interview yang lebih dalam untuk mengetahui latar belakang anda sehari-hari.
Tips menjawab :
Usahakan anda memiliki hobi yang bernilai positif, menyerupai olahraga, menulis, membaca dll.
Untuk aktifitas usahakan anda menjawab dengan ucapan yang tidak menimbulkan pertanyaan selanjutnya.
Misal anda cukup menjawab aktifitas sehari-hari membantu orang renta bekerja di pasar, sawah, toko atau kegiatan lain yang bernilai positif.

3. Apa minat anda ingin bekerja di perusahaan kami??
Pertanyaan minat menyerupai ini akan di tanyakan oleh Hrd/personalia kepada calon interview untuk melihat seberapa minat anda ingin bekerja di perusahaan-nya.

Tips menjawab:
Usahakan anda menjawab : minat aku untuk membantu orang tua, alasannya tanggung jawab, dan sudah seharusnya aku bekerja.

4.apa yang anda ketahui perihal perusahaan kami?
Pertanyaan ini adalah akan mengukur pengetahuan anda perihal deskripsi dan profil perusahaan.
Ketika anda melamar suatu pekerjaan di usahakan anda mengetahui profil pekerjaan perusahaan tersebut. Misal anda bisa mnjawab perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, elektronik, keuangan, garment, dll

Tips menjawab:
Misal :
"Perusahaan ini memproduksi dibidang pembuatan elektronik seprti TV, Kulkas, dan elektronik lainya.

Dengan anda menjawab produksi yang di hasilkan oleh perusahaan tersebut maka HRD atau personalia Akan tau bahwa anda memiliki pengetahuan perihal produksi yang di hasilkan oleh perusahaan nya, dan menambah nilai plus untuk anda.

5. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang menyerupai ini?
Jika anda sudah tau profil dan deskripsi singkat persahaan. Biasanya hrd/personalia akan mempertanyakan pengalaman maupun bidang keahlian anda.
Tips menjawab :
Jika sebelumnya anda memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama. Maka anda perlu jawab sesuai pengalaman anda dengan singkat tapi berbobot, tidak berusaha menggurui atau banyak tau akan hal tersebut.

Jika anda tidak memiliki bidang yang sama maka anda cukup jawab : aku tidak memiliki pengalaman dibidang tersebut, tetapi aku akan terus mempelajari dan bekerja sesuai bidang tersebut.

6. Apa yang anda cari dari perusahaan kami selain untuk bekerja?
Tips menjawab:
Usahan anda tidak menjawab perihal kebutuhan maupun Gaji.
Karena semua pekerja akan di bayarkan tanpa anda menjawab gaji.

Usahakan anda menjawab : akan berkontribusi di perusahaan ini, untuk mempelajari dan berbagi kemampuan maupun skill saya.

7. Berapa usang yang anda butuhkan untuk berkontribusi di perusahaan kami?
Tips menjawab :
Saya akan bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai kepuasan pada perusahaan ini, dengan menaati peraturan dan standart kerja di perusahaan ini.

8. Apa kelemahan yang ada pada diri anda?
Usahakan Anda memperlihatkan tanggapan yang tidak bertolak belakang dengan posisi yang sedang dilamar.

Misalnya:
jikalau anda melamar sebagai sales maka anda jangan menjawab : " aku seorang pemalu atau tidak percaya diri “

Jawaban yang seharusnya ialah:
"kelemahan aku adalah sulit untuk bekerja santai, aku orang yang suka dengan hal tantangan”.

Bila posisi yang anda lamar adalah sebagai staff, maka tips untuk menjawabnya ialah:
“ kelemahan aku adalah aku tidak bisa bekerja sendiri, aku lebih menyukai bekerja dalam tim”.

9. Apa kelebihan anda ?
Seperti halnya pertanyaan kelemahan pada diri anda. Namun kelebihan ini biasanya tanggapan yang mengandung nilai keyakinan dan kemampuan.
Tips menjawab :
" kelebihan dalam diri aku tidak suka berlihai-lihai, suka dengan sempurna waktu dan tidak menunggu, suka bekerja keras, ingin menemukan hal gres dst..

10. Sebelumnya sudah pernah bekerja dimana?
Jika sebelumnya anda mencantumkan lamaran kerja dengan SPK.
Maka anda cukup jawab pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.

Jika belum memiliki pengalaman.
Maka jawab saja belum pernah bekerja di perusahaan manapun

11. Kenapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya?
Tips menjawab:
" alasannya masa kontrak kerja aku sudah habis "
Jika anda memiliki alasan lain keluar dari perusahaan lain, cukup anda jelaskan alasan keluar sebelumnya.

12. Berapa Gaji yang anda harapkan jikalau sudah di terima di perusahaan kami?
Tips menjawab :
" sesuai standar honor yang di menetapkan di perusahaan ini "

13. Apa motivasi anda bekerja di perusahaan kami?
Tips menjawab :
"Saya ingin terus berguru dan berbagi kemampuan aku untuk berkontribusi di perusahaan ini dengan keinginan bisa memperlihatkan kepuasan pada perusahaan ini"

Nah itulah beberapa pertanyaan test interview yang sering di pertanyakan oleh Hrd maupun personalia untuk mengetahui talenta dan minat anda terhadap perusahaan.
Semoga artikel ini bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel