Jenis Perangkat Keras Komputer

Dalam dunia komputer , komponen perangkat keras atau hadware yaitu komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer. Hardware dan Sofware memang sangat berbeda  alasannya yaitu hardware merupakan perangkat keras sedangkan sofware perangkat lunak. Secara umum, hardware terbagi menjadi empat bagian, yaitu perangkat masukan (input), perangkat keluaran (output), perangkat pengolah data (prosesor), dan perangkat aksesoris.



Perangkat input berfungsi untuk menginput data ke dalam komputer. Beberapa pola perangkat masukan antara lain mouse, keyboard, scanner, dan webcam. Data yang masuk melalui perangkat keras masukan, kemudian diolah dengan perangkat pengolah data, mirip CPU atau processor yang didukung oleh motherboard. Setelah diolah, komputer kemudian sanggup menghasilkan keluaran dari perangkat keras output mirip monitor, speaker, dan printer.
Selain perangkat input-processor-output, terdapat pula perangkat aksesoris yang mendukung kinerja komputer, seperti LAN CardHarddiskMemory CardCard Reader, dan sebagainya. Lebih lengkapnya mengenai perangkat keras pada komputer akan dibahas pada ulasan di bawah ini.
Macam-Macam Perangkat Keras Komputer
1. Montherboard

Montherboard adalah kawasan untuk menaruh semua komponen pada komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya.Motherboard sendiri terdiri dari aneka macam macam komponen, mirip konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard mempunyai bentuk mirip papan sirkuit elektronik yang mempunyai kegunaan sebagai kawasan lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan sanggup berafiliasi sehingga komputer sanggup berjalan dengan lancar.

2. Processor



Processor  merupakan komponen paling utama pada sebuah komputer, karena Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) sanggup dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, alasannya yaitu bertugas melaksanakan perhitungan maupun memerintah aktivitas yang akan dijalankan oleh komputer.

Processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bab penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melaksanakan semua perhitungan aritmatika sesuai isyarat program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

3. Hard Disk


Hard Disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai kawasan media penyimpanan. Dalam sebuah harddisk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis. Berbeda dengan RAM yang menyimpan data sementara atau intruksi secara sementara (hilang saat komputer dimatikan), harddisk akan menyimpan data mirip musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen.
Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiganya mempunyai keunikan masing-masing, perbedaannya terdapat pada kecepatan putaran piringan yang kuat terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer. Untuk memasang harddisk, perlu diperhatikan tunjangan motherboard. Misalnya, bila yang kita miliki yaitu harddisk jenis SATA, maka perlu dipasang pada motherboard yang mempunyai port SATA juga.
4. Heat Sink


Heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Agar proses mendinginkan panas yang dihasilkan komputer sanggup berlangsung secara optimal, heatsink harus dipasang di atas processor.
Biasanya, heatsink juga dilengkapi dengan kipas yang mempercepat proses pendinginan. Pada perangkat komputer, heatsink yang dipakai biasanya berbahan aluminium yang mempunyai konduktivitas panas tinggi sehingga cepat mendinginkan perangkat.
5. Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. 
Kualitas monitor tergantung menurut beberapa aspek, mirip resolusi, waktu respons, tingkat kecerahan, pixel pitch, dan perbandingan kontrasnya. Resolusi sendiri merupakan jumlah pixel yang ditampilkan oleh monitor. Semakin banyak jumlah pixel, maka semakin tinggi resolusi monitor. Waktu respon (dihitung dalam milidetik) merupakan waktu yang diperlukan untuk menciptakan pixel mati atau menyala. 
6. VGA Card

VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga mempunyai processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Biasanya perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi gamer maupun designer.


7. Optical Drive

Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, mirip : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.


8. Power Suplay



Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen lain mirip motherboard, processor, VGA, dll. Power supply sanggup dibilang jantung komputer, jadi tidak mungkin komputer sanggup hidup tanpa perangkat yang satu ini.


9. RAM


RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Makara saat komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.


10. Keyboard


Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari gugusan karakter dan angka. Terdapat aneka macam jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.


11.Mouse


 Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, alasannya yaitu bentuknya yang ibarat seekor tikus. Seringkali mouse juga disebut dengan istilah ‘tetikus’ dalam bahasa Indonesia. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, diantaranya yaitu : mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel