Jelaskan Pengertian Dan Juga Server Sistem Operasi Unix?

Pengertian UNIX
UNIX yaitu sistem operasi yang mula-mula dikembangkan oleh suatu kelompok di AT & T pada laboatorium Bell. Unix banyak dipakai baik untuk server maupun workstation. Linkungan Unix dan model kegiatan client-server memperlihatkan bahwa Unix lebih dikembangkan sebaga sistem operasi yang berpengaruh di jaringan komputer dari pada sistem operasi untuk computer personal. UNIX dirancang untuk portable, multitasking, dan multi-user. Konsep utama Unix antara lain banyak memakai file teks biasa untuk menyimpan data, memakai sistem file berjenjang, memperlakukan perangkat sebagai suatu file, dan memakai banyak kegiatan kecil yang eksekusinya pada CLI sanggup digabung dengan tanda pipeline (|). Konsep yang sangat solid dan stabil menciptakan Unix banyak dijadikan dasar sistem operasi modern. Sistem UNIX terdiri dari beberapa komponen yang biasanya dipaket bersama. UNIX yaitu nama system operasi yang sanggup diterapkan pada aneka macam jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.

Server sesuai dengan namanya bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server yaitu komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol kanal terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga memakai sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat aneka macam macam layanan yang memakai arsitektur client/server. Contoh dari layanan server yaitu DHCP, MailServer, HTTP Server, FTP Server, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihakketiga sanggup pula menciptakan layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client. Sebagai contoh, DHCP client akan menawarkan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server ; ketikasebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan menawarkan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.

Contoh sistem operasi server dari windows yaitu Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix. Sementara sistem operasi berbasis GNU/Linux contohnya Ubuntu Server, Debian Server, Redhat, CentOS, dll Server biasanya terhubung dengan client dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA. Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti: server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi yaitu server yang dipakai untuk menyimpan aneka macam macam aplikasi yang sanggup diakses olehclient, server data sendiri dipakai untuk menyimpan data baik yang digunakanclient secara pribadi maupun data yang diproses oleh server aplikasi. Server proxy berfungsi untuk mengatur kemudian lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet. Kegunaan server sangat banyak, contohnya untuk situs internet, ilmu pengetahuan,
atau sekedar penyimpanan data.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel