Bagaimana Sejarah Sistem Operasi Unix Dan Ciri-Cirinya?

Sejarah unix
Ken thompson dari laboratorium bell menciptakan versi awaldari unix dengan nama unics (Uni plexed information and computing servicess) suatu nama yang di pengaruhi oleh sistem opersi pendahulunya.MULtTICS (multifexed information and computing services) multics sendiri juga di ciptakan olek Ken Thompson dengan rekan2xnya versi pertama unix di selesaikan pada tahun 1969,din tulis dengan bahasab rakitan (assembly) pada komputer PDR 7 C sebuah komputer pengeluaran digital equipment corporation. pada tahun 1973 Ken Thompson danb Denis Ritche menulis ulang kernel belahan inti dari sistam v nix denaga bahasa C perkembangan inilah yang menciptakan unix sekarang sanggup di terapkan pada banyak sekali mesi , mengingat (adalah bahasa yang mengingat portabel gampang di pindahkan). pemakaian unix pada mesin lain di mulai pada tahun 1976/1977 dikala itu Denis Ritce dan Stephen Johnson berhasil memindahkan sistem unix ke sistem interdata 8/32 hal inilah yang menjasdi tambak sejarah yang membuktikan keportabilitasan unix.

sekitar tahun 1975, laboratorium memperlihatkan unix ke universitas2x dengan imbalan yang sangat murah , salah satu universitas yang kesannya melahirkan unix yang sangat terkenal ialah universitas catalonia , barkeley versi unixnya terkenal dengan nama BSD (barkeley software distribution) . lisensi unix yang bersifat komersial di berikan pertama kalin oleh AT dan T ke system onyx , sebuah perusahaan yangb di dirikan olehBOB mars dan kypmyers pada tahun 1978 dikala itu unix di anggap sebagai sistem operasi yang ampuh untuk menangani system 16 bit. pad dekade 80 an unix berkembang dengan pesat termasuk pada PC yang terkenal oleh XENIX (santa cruz operation) yang merupakan sistem mikrosoft. Pada dekade ini pula lahir sistem v (1984 dikembangkan di computing science reshearce group , bell laboratoris , new jersey) yang menjadi kiblt proyek yang di sebut GNU LGNU`S not unix yang di kembangkan oleh yhe free soft ware kondation (FSF) tujuan dari proyek ini ialah membangun sistem secara unix yang bersifat bebas royalti bagi pemrogran dan pengembang. Proyek inilah yang lalu hari mendasari system operasi unix.

  • 1965 Bell Laboratories bergabung dengan MIT dan General Electric untuk pinjaman pengembangan sistem operasi yang baru, Multics, yang bisa menyediakan multi-user, multi-prosesor dan multi-level file system.
  •  1969 AT&T merasa kurang yakin dan keluar dari proyek Multics. Beberapa programmer proyek itu, Ken Thompson, Dennis Ritchie, Rudd Canaday dan DougMcIlroy merancang dan mengimplementasikan file sistem unix pertama, dan diberi nama UNIX oleh Brian Kernighan.
  • 1970 1 Januari ditetapkan sebagai waktu 0 UNIX
  • 1971 Sistem mulai berjalan di atas PDP-11 dengan 16kb memory, termasuk 8 kb untuk kegiatan dan 512kb disk. Penggunaan secara faktual digunakan di Laboratorium Bell sebagai alat pengolah kata. UNIX banyak digunakan di antara programmer karena:
  • 1973 Kode Unix ditulis ulang dalam bahasa C, sebuah bahasa pemrograman gres yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie. Ditulis ulang ke dalam bahasa yang highlevel sehingga memudahkan diporting ke komputer/mesin baru
  •  1974 Thompson dan Ritchie mempopulerkan sistem operasi Unix gres yang menimbulkan antusias yang tinggi di kalangan akademik sebagai alat yang potensial dalam pengembangan sistem programming. Sejak AT&T menarik dari publik tahun 1956, mereka melisensikan ke universitas untuk kegunaan pendidikan dan juga sebagai produk komersil.
  •  1977 Ada 500 Unix sites di seluruh dunia.
  •  1980 BSD 4.1 (Berkeley Software Development)
  •  1983 SunOS, BSD 4.2, SysV
  • 1984 Ada sekitar 100.000 Unix sites dengan platform yang berbeda-beda.
  •  1988 AT&T dan Sun Microsystems bergabung merancang System V Release 4. Selanjutnya system ini dikembangkan menjadi UnixWare dan Solaris 2.
  •  1993 Novell membeli UNIX dari AT&T
  •  1994 Novell memberi nama “UNIX” menjadi X/OPEN
  •  1995 Santa Cruz Operations (SCO) membeli UnixWare dari Novell. SCO dan HP mengumumkan akan bergabung membangun Unix 64 bit.
  • 1996 International Data Corporation memperkirakan di tahun 1997 akan tersebar tiga juta system Unix di seluruh dunia. Introduction to Unix: ftp://wks.uts.ohiostate. edu/unix_course/unix_book.ps berfungsi di lingkungan programmer, user interface yang mudah, utiliti yang sederhana dengan kinerja tinggi, sistem file yang hirarkis, interface yang sederhana dalam format file, multi-user dan multi-prosesing, arsitektur yang independen dan transparan terhadap user.
C. Ciri-ciri Sistem UNIX
Sistem multiuser : sejumlah pemakai sanggup memakai sistem secara bersamaan Sistem multitasking : kemampuan sistem operasi yang memungkinkan seseorang sanggup melakukan kiprah pada dikala bersamaan Sistem portable : sistem Unix gampang diadaptasikan ke sistem komputer yang lain Sistem directory berhirarki UNIX : memungkinkan pemakai mengorganisasikan isu atau data dalam bentuk yang gampang untuk diingat dan diakses

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel