Pengertian Fiber Optik, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Jaringan komputer memang sangat luas sekali, Dalam jaringan komputer terdapat beberapa komponen pendukung ibarat komputer, server, switch hub dan kabel sebagai penghubung data. 

Sampai ketika ini terdapat beberapa jenis kabel yang sering digunakan untuk instalasi jaringan komputer seperti kabel Coaxial dan Twisted. Sebenarnya kabel Coaxial dan Twisted sudah cukup memenuhi standard namun tentunya perlu adanya penemuan terbaru dengan banyak sekali macam kelebihan.

Untuk ketika ini kecepatan jalan masuk memang sangat penting terutama untuk browsing di internet. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan lebih dalam mengenai kabel Fiber Optik, mencakup pengertian Fiber Optik, fungsi, cara kerja serta kelebihan dan kekurangan dari Fiber Optik.


Pengertian Kabel Fiber Optik



Kabel ini berbeda dengan kabel-kabel yang di gunakan untuk arus listrik, lantaran kabel fiber optik ini merupakan kabel yang berfungsi untuk merubah sinyal listrik menjadi cahaya dan mengalirkan dari dari 1 titik kawasan ke kawasan yang lain. Kabel Fiber Optik ini terbuat dari materi serat beling dan plastik yang sangat halus, Berbeda dengan kabel yang lain yang terbuat dari tembaga.

Biasanya jenis kabel Fiber Optik ini lebih sering digunakan pada suatu instalasi jaringan dengan kelas menengah sampai atas.

Fungsi Kabel Fiber Optik


Pada kabel fiber optik ini berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain / beberapa perangkat yang berbeda tetapi dalam 1 lingkup jaringan tersebut. Perbedaan dari jenis kabel ini dari kecepatan transfer data yang baik dan bisa maksimal dan bahkan bisa mencapai Giga byte per seken. Tentunya dengan kelebihan pada kecepatan dan kualitas yang anggun otomatis akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Biasanya yang menggunakan kebel jenis ini hanya perusahan-perusahan tertentu dengan skala yang besar, dan bahkan pada perusahaan yang menyebarkan jaringan wi fi wajib menggunakan kabel jenis fiber optik ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik memang banyak mempunyai kelebihan, namun tidak berarti tidak mempunyai kelemahan. Dibawah ini kami jelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik :

Kelebihan Fiber Optik

  • Karena tidak menggunakan arus listrik kabel Fiber Optik ini bebas dari gangguan sinyal elektromagnetik, sinyal radio, serta mempunyai ketahanan yang cukup berpengaruh juga sehingga banyak digunakan perusahaan – perusahaan besar.
  • Karena tidak menggunakan listrik maka kemungkinan adanya konsleting juga tidak akan terjadi, jadi dalam hal keamanan juga sangat terjamin.
  • Jenis kabel Fiber Optik ini mempunyai kemampuan mengantarkan data dengan kapasitas besar serta jarak transmisi yang sangat jauh. Dengan kapasitas Gigabyte per detik maka menawarkan kebebasan bagi perusahaan-perusahaan internet dan telepon menentukan bandwith tinggi.
  • Meskipun mempunyai kemampuan yang besar bentuk fisik dari kabel ini lebih kecil kalau dibandingkan dengan jenis lain lantaran bahannya dari serat beling dan plastik. Hal ini memungkinkan tersedianya ruang yang cukup besar.
  • Meskipun mempunyai kecepatan jalan masuk yang tinggi namun tetap kemungkinan hilangnya data sangatlah rendah, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan validitas data.
Kekurangan Fiber Optik
  • Kekurangan terbesar dari kabel Fiber Optik yaitu harganya yang cukup tinggi, hal ini sangatlah masuk akal mengingat materi – materi yang digunakan serta pemasangannya. Oleh lantaran itu pengguna kabel jenis bukanlah sembarangan melainkan perusahaan atau penyedia jasa komunikasi yang memang menginginkan jalan masuk lebih cepat.
  • Selain memakan biaya besar pada ketika pemasangan, untuk perawatan Fiber Optik pun juga memerlukan biaya yang tidak sedikit melihat alat – alat yang digunakan juga tidaklah murah.
  • Perhatikan juga penempatan kabel Fiber Optik, biasanya dipasang pada jalur yang berbelok atau yang mempunyai sudut melengkung biar proses berjalannya gelombang bisa lebih lancar atau tidak terhambat.


Cara Kerja Kabel Fiber Optik

Sebagai komplemen buat anda yang belum mengetahui cara kerja dari kabel fiber optik ini, bahwa kabel fiber optik tidak mengalirkan listik melainkan cahaya yang di alirkan. Listrik yang di hasilkan akan di konversi menjadi sinyal cahaya lalu akan di alirkan ke beberapa pengguna komputer yang saling terhubung pada jaring yang besar dan tinggi. kabel fiber optik sangat cocok digunakan pada area atau wilayah yang banyak gangguan elektromagnetiknya.

Jenis kabel twisted atau coaxial sering menjadi problem atau sebagai penghambat, namun berbeda untuk kabel fiber optik. Bahan utama kabel fiber optik terbuat dari serat beling murni bisa membawakan cahaya untuk mentransmisikan data secara terus menerus tanpa memperdulikan panjang kabelnya yang digunakan atau digunakan. Intinya sih kalau kita menggunakan kabel jenis fiber optik sanggup memanfaatkan cermin untuk menghasilkan total internal reflection atau yang kita kenal dengan istilah refleksi total pada bab serat kaca.









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel