Perbedaan Fetch As Googlebot Dan Fetch And Render Di Google Webmaster
Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster.
Memahami arti dan maksud dari Fetch as GoogleBot (Ambil); dan Fetch and Render (Ambil dan Render) atau Render Laman.
Melalui situs resmi Google Webmaster Tools atau Google Search Console di cuilan Fetch as Google, kita akan menemukan 2 pilihan yakni Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render.
Sebenarnya, apa itu Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render?
Apa fungsi, tujuan dan manfaat yang bahwasanya dari Fetch as Google ini?
Secara umum, definisi dari Fetch as Google ialah menguji Googlebot dalam merayapi, meng-Crawl atau merender URL dari suatu laman.
Fungsi, manfaat atau tujuan dari Fetch as Google yakni untuk melihat apakah Googlebot sanggup melihat dan mengenali Resource dari halaman (Gambar atau Script) atau tidak sama sekali.
Selain itu, fungsi dari Fetch as Googlebot lainnya yakni melaksanakan simulasi sanksi Crawling dan perenderan secara normal oleh Google, dan juga berkhasiat untuk melakukan, memindai dan menemukan debug duduk masalah Crawling pada web blog, situs atau website kita.
Di cuilan Fetch as Google, kita akan melihat 2 pilihan utama ialah Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render.
Singkatnya, Fetch menyuruh Googlebot untuk merayapi suatu laman tanpa perlu merayapi file-file menyerupai gambar, foto, video atau pun kode (Script).
Proses Fetch hanya memakan waktu 4 jam sehabis artikel, konten atau posting blog didaftarkan di Fetch as Google di cuilan Fetch atau "Ambil" saja.
Singkatnya, Fetch as Google menginstruksi GoogleBot untuk merayapi semua halaman menyerupai isi artikel, gambar, foto, video dan script-script yang ada di dalam artikel tersebut.
Lama proses Rendering ini sama saja menyerupai Fetch di atas (No. 1 ) yakni 4 jam.
Note: Selalu ingat, ketika pengalihan (Redirect) artikel dilakukan, pastikan melaksanakan "Fetch as Google" untuk kedua kalinya pada URL tersebut (akan dijelaskan dibagian bawah).
Baik itu Ambil atau pun Ambil dan Render, sama penting bagi sebuah situs. Selain menginstruksi GoogleBot merayapi sebuah artikel, tentu semakin cepat Indexing artikel tersebut dilakukan.
Lagi pula, dengan menginstruksi GoogleBot dalam merayapi sebuah konten, kita juga akan melihat bagaimana GoogleBot mengenali (merayapi) halaman situs web kita.
GoogleBot akan menampilkan 2 buah tampilan yang berbeda; satu halaman sesuai dengan tampilan blog, satunya lagi tampilan yang dihasilkan dari bagaimana GoogleBot mengenali halaman artikel kita.
Apabila tidak ada kerusakan atau perbedaan di antara kedua tampilan tersebut, artinya GoogleBot berhasil mengidentifikasi laman artikel tersebut; dan tentu saja, blog kita berada di dalam posisi yang aman.
Fetch as GoogleBot artinya melaksanakan perayapan oleh GoogleBot hanya dengan URL artikel tanpa perlu merayapi foto, gambar, video atau pun script-script di dalam artikel blog.
GoogleBot atau Ambil ini hanya merayapi URL yang diarahkan saja.
Nah! sedangkan Fetch and Render; atau Ambil dan Render menginstruksikan bahwa GoogleBot harus merayapi semua cuilan dan sisi dari halaman tersebut menyerupai isi artikel, foto, gambar, video dan script-script lainnya.
Perayapan dimulai dari URL artikel, foto, gambar, video, dan kode-kode atau script yang ada di halaman tersebut.
Secara pribadi, bagi saya yang terbaik ialah Ambil dan Render. Mengapa? Sebab, Ambil dan Render menyuruh GoogleBot untuk merayapi semua cuilan dari halaman blog tersebut.
Ketika semua halaman blog berhasil dirayapi tanpa adanya kesalahan, maka itu anggun buat SEO.
Dampak, imbas atau efek SEO dari "Ambil dan Render", bahkan jauh lebih anggun kalau dibandingkan dengan fitur "Ambil" saja.
Itulah alasan kenapa Ambil dan Render hanya dibatasi per bulannya, yakni 10 kali Fetch and Render dalam satu bulan.
Berbeda dengan "Ambil" yang diberi keleluasaan 500 kali daftar dalam satu bulan.
Yang sangat disayangkan dari fitur "Ambil dan Render" yakni ketersediaannya yang hanya 10 kali registrasi dari sisi pengalihan atau redirect URL usang ke artikel terbaru.
Dibandingkan dengan Ambil, Ambil dan Render punya kelebihan dari banyak sekali lini atau sisi; salah satunya redirect URL ulang.
Apabila sebuah artikel usang (A) dialihkan ke artikel terbaru (B), maka artikel usang dan terbaru tersebut harus didaftarkan ke Ambil dan Render.
Note: artikel usang (A) harus didaftarkan ulang untuk kedua kalinya di cuilan Rendering laman
Disetiap keberhasilan atas sanksi GoogleBot yang kita perintahkan, ada beberapa hasil yang ditampilkan oleh Google Search Console di cuilan Fetch as Google:
#1. Selesai (Completed)
Google berhasil menghubungi situs dan meng-crawl halaman Anda, serta sanggup memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman. Klik baris pada tabel untuk melihat detail selengkapnya perihal hasil pengambilan.
#2. Sebagian (Parsial)
Google menerima respons dari situs Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak sanggup memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman alasannya diblokir oleh file robots.txt.
Melalui situs resmi Google Webmaster Tools atau Google Search Console di cuilan Fetch as Google, kita akan menemukan 2 pilihan yakni Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render.
Sebenarnya, apa itu Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render?
Apa fungsi, tujuan dan manfaat yang bahwasanya dari Fetch as Google ini?
Pengertian Fetch as Google secara Umum
Secara umum, definisi dari Fetch as Google ialah menguji Googlebot dalam merayapi, meng-Crawl atau merender URL dari suatu laman.
Fungsi, manfaat atau tujuan dari Fetch as Google yakni untuk melihat apakah Googlebot sanggup melihat dan mengenali Resource dari halaman (Gambar atau Script) atau tidak sama sekali.
Selain itu, fungsi dari Fetch as Googlebot lainnya yakni melaksanakan simulasi sanksi Crawling dan perenderan secara normal oleh Google, dan juga berkhasiat untuk melakukan, memindai dan menemukan debug duduk masalah Crawling pada web blog, situs atau website kita.
Di cuilan Fetch as Google, kita akan melihat 2 pilihan utama ialah Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render.
#1. Arti dan Maksud dari Fetch (Ambil) atau Fetch as GoogleBot
Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda dan menampilkan respons HTTP. Tidak meminta atau menjalankan resource apa pun yang dikaitkan (misalnya gambar atau skrip) di halaman. Ini merupakan operasi yang relatif cepat yang sanggup dipakai untuk melaksanakan investigasi atau debug konektivitas jaringan yang dicurigai atau duduk masalah keamanan dengan situs Anda, serta melihat apakah usul berhasil atau gagal.
Singkatnya, Fetch menyuruh Googlebot untuk merayapi suatu laman tanpa perlu merayapi file-file menyerupai gambar, foto, video atau pun kode (Script).
Proses Fetch hanya memakan waktu 4 jam sehabis artikel, konten atau posting blog didaftarkan di Fetch as Google di cuilan Fetch atau "Ambil" saja.
#2. Arti dan Maksud dari Fetch and Render (Ambil dan Render)
Mengambil URL yang ditentukan di situs Anda, menampilkan respons HTTP, serta merender halaman sesuai dengan platform yang ditentukan (desktop atau ponsel cerdas). Operasi ini meminta dan menjalankan semua resource di halaman (misalnya gambar atau skrip). Gunakan operasi ini untuk mendeteksi perbandingan visual antara cara Googlebot melihat halaman Anda dan cara pengguna melihat halaman Anda.
Singkatnya, Fetch as Google menginstruksi GoogleBot untuk merayapi semua halaman menyerupai isi artikel, gambar, foto, video dan script-script yang ada di dalam artikel tersebut.
Lama proses Rendering ini sama saja menyerupai Fetch di atas (No. 1 ) yakni 4 jam.
Note: Selalu ingat, ketika pengalihan (Redirect) artikel dilakukan, pastikan melaksanakan "Fetch as Google" untuk kedua kalinya pada URL tersebut (akan dijelaskan dibagian bawah).
Lalu, Apa dan Bagaimana Kesimpulannya?
Baik itu Ambil atau pun Ambil dan Render, sama penting bagi sebuah situs. Selain menginstruksi GoogleBot merayapi sebuah artikel, tentu semakin cepat Indexing artikel tersebut dilakukan.
Lagi pula, dengan menginstruksi GoogleBot dalam merayapi sebuah konten, kita juga akan melihat bagaimana GoogleBot mengenali (merayapi) halaman situs web kita.
GoogleBot akan menampilkan 2 buah tampilan yang berbeda; satu halaman sesuai dengan tampilan blog, satunya lagi tampilan yang dihasilkan dari bagaimana GoogleBot mengenali halaman artikel kita.
Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster
Fetch as GoogleBot artinya melaksanakan perayapan oleh GoogleBot hanya dengan URL artikel tanpa perlu merayapi foto, gambar, video atau pun script-script di dalam artikel blog.
GoogleBot atau Ambil ini hanya merayapi URL yang diarahkan saja.
Nah! sedangkan Fetch and Render; atau Ambil dan Render menginstruksikan bahwa GoogleBot harus merayapi semua cuilan dan sisi dari halaman tersebut menyerupai isi artikel, foto, gambar, video dan script-script lainnya.
Perayapan dimulai dari URL artikel, foto, gambar, video, dan kode-kode atau script yang ada di halaman tersebut.
Bagus Mana, "Ambil" atau "Ambil dan Render"?
Secara pribadi, bagi saya yang terbaik ialah Ambil dan Render. Mengapa? Sebab, Ambil dan Render menyuruh GoogleBot untuk merayapi semua cuilan dari halaman blog tersebut.
Ketika semua halaman blog berhasil dirayapi tanpa adanya kesalahan, maka itu anggun buat SEO.
Nagmani Solanki, praktisi SEO untuk Health Genie, menyampaikan bahwa, "When you use this option, googlebot will also crawl CSS, Java script. It will crawl each & everything from coding part to content."
Itulah alasan kenapa Ambil dan Render hanya dibatasi per bulannya, yakni 10 kali Fetch and Render dalam satu bulan.
Berbeda dengan "Ambil" yang diberi keleluasaan 500 kali daftar dalam satu bulan.
Yang sangat disayangkan dari fitur "Ambil dan Render" yakni ketersediaannya yang hanya 10 kali registrasi dari sisi pengalihan atau redirect URL usang ke artikel terbaru.
Kelebihan atau Kelebihan Ambil dan Render
Dibandingkan dengan Ambil, Ambil dan Render punya kelebihan dari banyak sekali lini atau sisi; salah satunya redirect URL ulang.
Apabila sebuah artikel usang (A) dialihkan ke artikel terbaru (B), maka artikel usang dan terbaru tersebut harus didaftarkan ke Ambil dan Render.
Note: artikel usang (A) harus didaftarkan ulang untuk kedua kalinya di cuilan Rendering laman
Status Pengambilan Permintaan
Disetiap keberhasilan atas sanksi GoogleBot yang kita perintahkan, ada beberapa hasil yang ditampilkan oleh Google Search Console di cuilan Fetch as Google:
#1. Selesai (Completed)
Google berhasil menghubungi situs dan meng-crawl halaman Anda, serta sanggup memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman. Klik baris pada tabel untuk melihat detail selengkapnya perihal hasil pengambilan.
#2. Sebagian (Parsial)
Google menerima respons dari situs Anda dan mengambil URL-nya, namun tidak sanggup memperoleh semua resource yang dirujuk oleh halaman alasannya diblokir oleh file robots.txt.
Jika ini hanya pengambilan, lakukan pengambilan dan perenderan. Periksa halaman yang dirender untuk melihat apakah ada resource signifikan yang diblokir yang sanggup mencegah Google menganalisis arti halaman dengan semestinya.
Jika resource yang signifikan diblokir, bebaskan resource di file robots.txt yang Anda miliki.
Untuk resource yang diblokir oleh file robots.txt yang bukan milik Anda, hubungi pemilik situs resource dan minta mereka untuk membebaskan resource tersebut bagi Googlebot.
#3. Dialihkan (Redirected)
Server merespons dengan pengalihan. Alat Fetch as Google tidak mengikuti pengalihan. Meskipun crawler Google konkret mengikuti pengalihan, alat Fetch as Google tidak akan mengikutinya. Anda harus mengikuti pengalihan secara manual:
Jika pengalihan menuju ke properti yang sama, alat akan menampilkan tombol yang memungkinkan untuk mengikuti pengalihan secara cepat dengan mengisi kotak pengambilan dengan URL pengalihan.
Jika URL dialihkan ke properti lain yang merupakan milik Anda, klik "Ikuti" untuk otomatis mengisi kotak URL, kemudian salin URL tersebut, alihkan tampilan ke situs baru, kemudian tempelkan URL ke kotak pengambilan.
Anda sanggup memeriksa respons HTTP di halaman detail pengambilan untuk melihat detail pengalihan. Pengalihan sanggup dipicu oleh server atau oleh tag meta atau JavaScript di halaman itu sendiri.
Bisa jadi, dalam beberapa kali melaksanakan registrasi URL artikel di Fetch as Google, kita bermasalah dengan error-error yang ditampilkan.
Error yang ditampilkan bahwasanya agak rumit untuk dipahami alasannya berkaitan dengan resource yang diblokir pada halaman.
Untuk mengatasi dan mengakali kebingungan tersebut, saya tuliskan saja deh penjelasan-penjelasan error di Fetch as Google di Google Webmaster Tools:
There are various features that Search Console offers to webmasters, among those Fetch & Fetch and Render are the most useful functions, Although they sound similar, they have significant differences in their functioning.
Fetch:
Fetch and Render:
Sumber artikel sanggup dilihat di bawah ini:
https://support.google.com/webmasters/answer/6066468?hl=id
https://www.semrush.com/blog/googles-fetch-and-render-why-its-important/
https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-fetch-fetch-and-render-in-Google-Webmaster
https://productforums.google.com/forum/?hl=en#!category-topic/webmasters/3X0X8c3c39U
Itulah Perbedaan Fetch as GoogleBot dan Fetch and Render di Google Webmaster yang sering Anda temui tapi belum mengerti apa itu Fetch as Google. Semoga berguna...
Sumber https://tipsseokiller.blogspot.com/
Server merespons dengan pengalihan. Alat Fetch as Google tidak mengikuti pengalihan. Meskipun crawler Google konkret mengikuti pengalihan, alat Fetch as Google tidak akan mengikutinya. Anda harus mengikuti pengalihan secara manual:
Jika pengalihan menuju ke properti yang sama, alat akan menampilkan tombol yang memungkinkan untuk mengikuti pengalihan secara cepat dengan mengisi kotak pengambilan dengan URL pengalihan.
Jika URL dialihkan ke properti lain yang merupakan milik Anda, klik "Ikuti" untuk otomatis mengisi kotak URL, kemudian salin URL tersebut, alihkan tampilan ke situs baru, kemudian tempelkan URL ke kotak pengambilan.
Anda sanggup memeriksa respons HTTP di halaman detail pengambilan untuk melihat detail pengalihan. Pengalihan sanggup dipicu oleh server atau oleh tag meta atau JavaScript di halaman itu sendiri.
Error dalam Pengambilan Resource
Bisa jadi, dalam beberapa kali melaksanakan registrasi URL artikel di Fetch as Google, kita bermasalah dengan error-error yang ditampilkan.
Error yang ditampilkan bahwasanya agak rumit untuk dipahami alasannya berkaitan dengan resource yang diblokir pada halaman.
Status | Penjelasan | Catatan dan Langkah Selanjutnya |
Tidak Ditemukan | Resource tidak sanggup ditemukan (kode respons HTTP 404 atau 410). | Error ini menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat kode error HTTP 404 dikala mengakses halaman memakai browser web. |
Tidak diberi otorisasi | Googlebot tidak diberi otorisasi untuk mengakses halaman (misalnya, kalau halaman memerlukan sandi). | Error ini menunjukkan bahwa Anda mungkin melihat kode error HTTP 403 dikala mengakses halaman memakai browser web. |
DNS tidak ditemukan | Host resource memblokir terusan untuk Googlebot dengan memakai file robots.txt. | Resource yang diblokir sanggup memengaruhi pemahaman Google perihal halaman, dan peringkat halaman untuk kueri tertentu. Resource yang diblokir mempunyai nilai Keparahan yang memperkirakan pentingnya resource dalam pemahaman Google perihal halaman: Rendah Resource yang tidak ada hanya mempunyai sedikit efek terhadap perenderan halaman. Sedang Resource yang tidak ada mempunyai beberapa efek terhadap perenderan halaman; periksa halaman yang diambil untuk melihat apakah ketiadaan atau perbedaan dengan halaman konkret cukup signifikan dalam memengaruhi pemahaman Google terkait halaman. Tinggi Resource yang tidak ada sangat memengaruhi halaman yang dirender dan mungkin akan mengubah cara Google mengindeks halaman Anda. -- (Tanda setrip ganda) Error bukan resource yang diblokir. Anda sanggup menuntaskan error ini dengan memperbarui file robots.txt. Jika alamat properti Anda berada di tingkat domain root (misalnya, www.example.com, bukan www.example.com/my_site/), Anda sanggup memakai fitur Penguji robots.txt untuk mendiagnosis penyebab URL diblokir dari Google. |
Robots.txt tidak terjangkau | Googlebot tidak sanggup menjangkau file robots.txt host resource. Jika hal itu terjadi, Google akan menghindari pemuatan resource apa pun dari host tersebut. | Untuk menuntaskan duduk masalah ini, baca artikel Pusat Bantuan kami perihal cara menciptakan dan menguji file robots.txt. |
Tidak terjangkau | 1) Fetch as Google dikala ini tidak sanggup mengambil URL Anda alasannya server membutuhkan waktu terlalu usang untuk membalas. Atau: 2) Fetch as Google membatalkan pengambilan Anda alasannya terlalu banyak usul beruntun yang dilakukan ke server untuk URL yang berbeda. | Perhatikan bahwa URL bukannya tidak sanggup dijangkau oleh semua produk Google-- URL hanya tidak sanggup dijangkau oleh alat simulasi Fetch as Google. |
Error | Ada error tak ditentukan yang mencegah Google menuntaskan pengambilan. | Jika error ini terulang lagi, buat posting di Forum Bantuan Webmaster kami. |
Fetch & Fetch and Render
There are various features that Search Console offers to webmasters, among those Fetch & Fetch and Render are the most useful functions, Although they sound similar, they have significant differences in their functioning.
Fetch:
- Fetch does not run or request any other related resources from the URL, like scripts or images.
- This feature allows the webmaster to fetch a specified URL from the site, and publishes the HTTP response.
- The Fetch feature is mainly used to check security and network connectivity issues with the site.
Fetch and Render:
- Unlike Fetch, Fetch and Render feature also provides the page in accordance with the platform, like desktop or smartphone.
- This feature is similar to Fetch and Render in functionalities . where it fetches a specified URL from the site and presents the HTTP response.
- It requests and runs the scripts and images associated with the page.
- It renders a more detailed view of the page and helps the webmaster to detect how the Googlebot & user sees the page.
Sumber artikel sanggup dilihat di bawah ini:
https://support.google.com/webmasters/answer/6066468?hl=id
https://www.semrush.com/blog/googles-fetch-and-render-why-its-important/
https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-fetch-fetch-and-render-in-Google-Webmaster
https://productforums.google.com/forum/?hl=en#!category-topic/webmasters/3X0X8c3c39U