Mina Tragedy: Kesaksian Dari Lapangan



Travel Umroh Terbaik Dengan Travel Wisata Halal

Berbagai laporan lapangan dari sejumlah orang - termasuk sejumlah BBC, yang berada di lokasi kecelakaan Mina, ketika lebih dari 700 peziarah tewas dan lebih dari 800 orang terluka terperangkap dan diinjak-injak.

'Orang-orang jatuh untuk membantu' - Tchima Illa Issoufou, Layanan Hausa BBC
"Orang-orang bergerak menuju gundukan jumrah, sementara yang lain tiba dari arah yang berlawanan. Kemudian situasi menjadi kacau dan tiba-tiba orang mulai jatuh. Ada peziarah dari Nigeria, Niger, Chad, dan Senegal dan beberapa negara lainnya. Mereka saling bertukar tanjakan ke pindah ke tempat yang kondusif dan itulah mengapa banyak orang meninggal.

"Orang-orang memanggil nama Tuhan sementara yang lain menangis, termasuk bawah umur dan bayi. Mereka jatuh ke tanah untuk meminta dukungan tetapi tidak ada yang membantu.

"Ini semua ibarat menyelamatkan dirimu sendiri. Kami kehilangan anggota kelompok. Aku kehilangan bibi dan, pada ketika itu, dua perempuan dari kelompok kami - ibu dan putrinya - menghilang."

'Tubuh sejauh mata memandang' - Bashir Sa'ad Abdullahi, BBC
"Dari tempat aku berdiri, di sini di sentra Mina, aku dapat melihat badan tertutup kain putih. Polisi telah membarikade area itu sehingga aku tidak dapat menghitung jumlahnya, tetapi jenazah itu terlihat sejauh mata aku dapat melihat .


"Di sekitar kawasan itu, sejumlah kerabat berkumpul dalam sedih dan peziarah lainnya di kota tenda Mina juga tiba untuk melihat jenazah dan memberikan belasungkawa dan berdoa. Polisi berusaha untuk menghentikan orang yang melewati kawasan itu alasannya ialah mereka masih menangani jenazah dan ambulan masuk dan keluar dari sana.

"Helikopter itu juga terbang di atas area tempat mayat-mayat itu berada."

'Semacam tumbukan' - Yusuf Ibrahim Yakasai, BBC Hausa Service
"Seorang saksi yang selamat dari peristiwa itu menyampaikan bahwa apa yang bersama-sama terjadi ialah keamanan Saudi menutup salah satu jalan ke Jamarat (tempat pelemparan jumroh).

"Ini terjadi ketika ribuan jamaah dari aneka macam negara ibarat Iran, Kamerun, Ghana dan Niger akan melempar jumroh. Jadi, mereka yang gres saja selesai melemparkan kerikil kembali ke arah yang sama, bertabrakan dengan jemaat gres akan melempar batu.

"Ada ukiran antara dua kelompok yang bergerak ke arah yang berlawanan di jalan yang sama. Mereka yang terjebak di tengah ialah orang-orang yang paling terpengaruh."

'Jalan ditutup alasannya ialah Raja Saudi ziarah' - seorang dokter Inggris yang tidak ingin disebutkan namanya
"Tadi malam, aku gres saja kembali dari Muzdalifa ke Jamarat dengan keluarga aku di kereta. Kami tiba di stasiun lebih awal dari yang lain dan kereta itu ditunda. Akhirnya ada banyak orang berkumpul di stasiun. Ketika kereta tiba di 02:00 , ada kekacauan ketika jemaat lelah mencoba naik.

"Dalam perjalanan, kereta berhenti di suatu tempat, di suatu tempat, selama setengah jam. Orang-orang mulai gelisah dan beberapa mencoba untuk membuka pintu darurat alasannya ialah semua sesak nafas alasannya ialah panas dan kelelahan. Akhirnya kami tiba di Jamarat dan sesudah melempar batu, kami pergi, dan mendengar beberapa jam lalu bahwa bencana ini terjadi.

"Saya lalu tahu mengapa kereta itu tertunda. Itu alasannya ialah Raja Arab Saudi melaksanakan ziarah dan mereka tidak ingin orang lain masuk ke Mekah. Mereka menghentikan kereta dan menutup jalan. Dan ketika ia selesai, semua orang mencoba untuk masuk bersama. "

'Keamanan lebih dari cukup' - Taheer Zaman dari Dewsbury, Inggris
"Pengaturan pemerintah Saudi luar biasa. Kami tidak dapat menyalahkan mereka. Ada banyak antisipasi keamanan. Saya telah beberapa kali haji dalam 20 tahun terakhir. Tahun ini aku tiba dengan istri, putra, putra-in -kepala, dan ibu mertua.

"Dari apa yang aku lihat di lapangan, dalam 10 hari terakhir, ada pengaturan yang sangat baik dari pemerintah Saudi. Kita tidak dapat menyalahkan mereka ...

"Saya melihat seorang lelaki pingsan alasannya ialah kepanasan dan kelelahan dan 10 petugas kesehatan segera berlari berlari untuk membantunya. Di setiap eskalator ada orang yang membantu mereka yang kelelahan. Tindakan pengamanan lebih dari cukup. Bahkan aku akan menyampaikan itu berlebihan . "
Sumber http://spizzystreetwear.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel