7 Kesalahan Ketika Menentukan Nama Domain Yang Dapat Menciptakan Blog Anda Sulit Populer

Berbicara problem blog atau website pemilihan nama domain yang sempurna sudah menjadi keharusan paling awal. Bagaimana tidak, ketika anda menciptakan sebuah blog, website atau toko online maka nama domain lah yang paling gampang untuk diingat. Maka dari itu jangan sembarangan menentukan nama domain untuk merk anda diinternet.

Memang tidak ada batasan atau aturan yang mengikat ketika anda mau menentukan sebuah nama domain. Namun sanggup dipastikan jikalau anda melaksanakan kesalahan dalam masalah ini maka besar kemungkinannya blog atau website anda sulit untuk populer. Apalagi jikalau konten yang ada di dalamnya tidak sanggup menutupi kekurangan dari lemahnya merk tersebut. Akibatnya sangat terperinci potensi untuk autority anda sulit diwujudkan.

Karena itulah jangan asal-asalan dalam menentukan nama domain terutama jikalau anda mempunyai tujuan jangan menengah dan jangka panjang untuk bisnis online. Setidaknya anda juga harus mempertimbangkan banyak sekali kemungkinan yang terjadi jikalau melaksanakan kesalahan dalam hal nama domain.

Berbicara problem blog atau website pemilihan nama domain yang sempurna sudah menjadi keharus 7 Kesalahan Saat Memilih Nama Domain yang Bisa Membuat Blog Anda Sulit Populer

Kesalahan ngeri ketika menentukan nama domain

1. Jangan ASAL Pilih EKSTENSI Sebuah Top Level Domain (TLD)

Sebenarnya ada banyak ekstensi sebuah Top Level Domain (domain berbayar), tetapi perlu dicatat bahwa tidak banyak ekstensi yang gampang diingat pengguna internet. Diantara domain TLD ada “.Com”, “.Net”, “Info”, “.Org”, “.Web.Id”, “.Id”, “.My.Id”, “.Edu”, “.Xyz”, “.Co.Id”, dll. Yang tentunya sangat banyak jikalau diteruskan.

Mengenai hal ini coba pikirkan jikalau anda menentukan nama domain yang kurang dekat ditelinga pengguna internet maka mereka sanggup mengetikkan nama domain yang tidak menuju link website anda. Jika sudah begitu, bagaimana?

Jadi, sebelum terlambat sebaiknya anda pikirkan dengan matang sebuah nama domain yang benar-benar dikenali oleh para pengguna internet. Dalam masalah ini nama domain “.Com” merupakan nama domain yang paling dikenal di dunia online. Setidaknya sekitar 30 % lebih dari pengguna internet dekat dengan nama ini. Selanjutnya ada “.Net” yang cukup populer. Adapun selain itu masih belum dekat dikenal atau sudah dikenal, tetapi masih kurang jelas ditelinga orang.

Namun pemilihan nama domain juga sanggup bergantung dari tujuan anda menciptakan website. Jika anda menciptakan website dibidang pendidikan (untuk sekolah) maka ekstensi TLP yang cocok ialah “,Edu”. Untuk organisasi atau komunitas sanggup berupa “.Org” atau “.Or.Id”. Jangan salah pilih alasannya ialah semua punya daya magnet yang berbeda-beda dalam menjaring calon pengunjung.

2. Membuatnya PANJANG (Lebih dari 2 Kata)

Salah satu tujuan penamaan domain ialah gampang dikenal. Kesalahan fatal jikalau anda menciptakan website atau blog dengan nama domain lebih dari 2 kata.

Tujuan anda memang baik supaya tidak ada yang menyerupainya atau dengan kata lain semoga semakin unik. Namun bukan pilihan sempurna jikalau untuk problem ini anda menciptakan nama domain sangat panjang. Dengan nama yang panjang memang terlihat unik, tetapi dalam sekejab mata anda menciptakan pembaca atau pengunjung merasa kesusahan mengingat alasannya ialah begitu cepatnya rasa bosa membaca nama domain yang panjang.

Coba tengok banyak sekali situs web yang sudah mempunyai merk besar. Maka anda tidak akan menemukannya kecuali hanya terdiri dari 1 kata atau 2 kata. Lihat Samsung, Yamaha, BukaLapak, TokoPedia, Lazada, Toshiba, FaceBook, atau Microsoft. Pastikan bahwa mereka mengerti letak psikologi pembaca ketika mendengar nama tersebut. Karena itu conteklah metode mereka dalam penamaan sebuah nama domain yang singkat dan gampang dikenal.

3. Cenderung MIRIP dengan Website Lain yang Punya Brand Besar

Meskipun aku bilang conteklah metode merk besar dalam menentukan nama domain bukan berarti anda menentukan nama domain yang mirip dengan merk populer. Contoh kasus: anda punya nama Sonyanto dan ada merk besar katakanlah Sony maka jangan menggunakan nama Sony untuk situs web anda mirip “DuniaSony.com”, “HaloSony.net” dll.

Selain hal itu sulit mengatakan autority anda berkualitas juga memungkinkan situs web anda sanggup terkena problem serius. Ketika brand-brand besar mengetahui website anda yang mempunyai nama domain hampir mirip dan berpotensi merebut calon pengunjung mereka. Maka, jangan heran jikalau anda tiba-tiba menerima gugatan (surat peringatan) dari merk tersebut. Celakanya lagi jikalau mereka membawa hal itu ke ranah aturan dan mereka menuntut ganti rugi. Kalau jumlahnya besarkan ngeri. Benar, kan?

4. Menyelipkan KARAKTER Selain Huruf

Jangan sekali-kali menciptakan pembaca website anda kesal atau jengkel dengan nama domain. Bagaimana ceritanya?? Memang sanggup terjadi??

Salah satu kesalahan terbesar dalam menentukan nama domain ialah menyelipkan karakter ( mirip tanda hubung atau angka ) ke dalam nama tersebut. Kan sulit untuk mengingat nama domain mirip teladan berikut ini.
a) Pernak-pernikwanita.com
b) Tokobaju93.com
c) Wisata_pantai.com
d) Duniabeni97.com
e) Surga-dunia.net

Coba bayangkan! Sulit tidak kira-kira?
Meskipun anda hanya menyelipkan satu karakter, tetapi pada hakekatnya anda menambahkan pengucapan pelengkap ketika membacanya. Jadi, sanggup dibilang jikalau nama domain website terdiri dari 2 kata kemudian ditambah dengan 1 karakter. Maka prakteknya terdiri dari 3 kata. Bagaimana jikalau anda menambahkan lebih dari 1 karakter? Pasti lebih sulit untuk diingat. Bahkan untuk mengulanginya saja akan kesal.

5. Menjadikannya KURANG RELEVAN

Pada dasarnya dunia internet itu luas dengan banyak sekali macam topik pembahasan di dalamnya. Pemilihan nama domain yang terlalu luas tidak akan menyebabkan website anda gampang untuk dikenali dalam bidang tertentu. Apalagi jikalau anda gres akan memulai dari awal maka hindari kesalahan menganggap umum apa yang dibahas pada website anda.

Contoh, jikalau anda mau menciptakan website dalam bidang kuliner maka persempit kuliner apa yang bicarakan, apakah itu bakso, soto, sate, atau kuliner yang lain. Jika dibidang peralatan rumah tangga maka persempit anda mau fokus pada apa, apakah almarinya, alat memasaknya, kompornya, atau yang lain.

Kalau sudah terperinci dan mau menciptakan situs web maka masukkan nama tersebut ke dalam nama domain. Jika anda sudah punya nama toko sebagai merk maka gabungkan menjadi satu bab dalam nama domain. Dengan begitu pengunjung sanggup mengetahui dari awal perihal apakah website anda berbicara. Sehingga ketika mereka masuk ke dalam situs anda mereka sudah punya petunjuk yang jelas.

6. Kurang Mempertimbangkan PELAFALAN atau PENGUCAPAN Domain 

Untuk menyebabkan website anda terkenal pemilihan nama merk sangat menentukan. Nama merk yang singkat dan gampang dibaca cenderung gampang diingat oleh banyak orang.

Meskipun begitu hindari pengunaan nama merk yang dijadikan nama domain tanpa memperhatikan pelafalan atau pengucapan banyak orang. Pada sebagian masalah aksara vokal “E” mempunyai 2 pelafalan yang berbeda. Contoh kata: “Kretek” dan “Kretek”. Jika anda ucapkan maka pengucapan aksara “E” antara 2 aksara tersebut berbeda. Kata yang satu mengandung makna tembakau sedangkan kata lainnya mengandung makna jembatan (dalam bahasa Jawa).

Pastikan anda menciptakan nama domain yang tidak rancu mirip di atas. Jika itu terjadi jangan harap kesalahan tersebut sanggup ditemukan orang lain dengan mudah. Akibat terparahnya mereka tidak mau lagi membuka website anda alasannya ialah merasa “Di Bodohi”. Mungkin, nggak?

7. Nama Domain Sudah PERNAH DIGUNAKAN, tetapi tersedia

Memang ada perbedaan ketika anda menentukan nama domain yang belum dipakai dan yang sudah digunakan. Nama domain yang pernah digunakan, tetapi masih tersedia biasanya sudah mempunyai backlink. Backlink ini sangat menguntungkan untuk meraih posisi yang cantik diinternet.

Namun perlu dicatat alasannya ialah ada juga potensi bahwa sudah tidak digunakannya nama domain tersebut alasannya ialah terlibat problem dengan Google atau pihak lain yang melaporkannya. Dari sini terperinci sebuah kerugian jikalau anda menggunakannya sebagai nama domain yang gres untuk merk situs anda. Walaupun demikian tidak sanggup dipungkiri ada juga keuntungannya.

Baca selengkapnya: Kenali Keuntungan Membeli Nama Domain Expired (Kadaluarsa) dan Kerugiannya

Adapun nama domain yang belum digunakan, memang mengharuskan anda membangun merk dari awal. Namun jangan khawatir alasannya ialah langkah ini lebih kondusif daripada mengambil merk yang ada kemungkinan reputasi sebelumnya buruk atau buruk. Asalkan anda kerja keras dan kerja cerdas niscaya reputasi merk anda gampang terkenal.

Simpulannya, terlepas dari harapan anda untuk terjun dalam dunia online atau internet untuk apa. Namun yang terperinci pertimbangkan setiap konsekuensi yang sanggup muncul sehabis anda menentukan nama domain. Jika anda melaksanakan kesalahan fatal di atas maka jangan heran jikalau website atau situs anda tidak berjalan pada jalur yang terbaik untuk cepat populer.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel