Pengertian Subdomain, Add-On, Parked & Redirect Domain Pada Situs Web

Pengertian Domain, Subdomain, Add-on Domain, Parked Domain, dan Redirect Domain serta Perbedaannya Masing-Masing

Dalam bahan pembelajaran mengenai dunia website (situs web), mau tidak mau, kita akan berhadapan eksklusif dengan banyak sekali istilah, arti, dan makna kata yang sangat ajaib di pendengaran kita.

Salah satu di antara banyaknya istilah yang ada yakni domain. Pertanyaannya, apa itu Domain? Di dalam domain itu sendiri; kita akan menemukan beberapa istilah lainnya ibarat Subdomain, Add-on Domain, Parked Domain, dan Redirect Domain.

 dan Redirect Domain serta Perbedaannya Masing Pengertian Subdomain, Add-on, Parked & Redirect Domain pada Situs Web

Sebagai blogger awam, tentu kita harus paham wacana istilah-istilah ini. Kalau misalkan ada teman yang bertanya, kita dengan mudahnya dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan.

Terlebih-lebih ketika kita sudah tergabung di lembaga Blogger, otomatis istilah-istilah ini yang mereka gunakan untuk percakapan di komunitas Blogger. Nah, penting banget kan pastinya :)

Arti dan Makna kata Domain pada Situs Web


Kita awali terlebih dahulu mengenai "induknya", yakni Domain. Domain yaitu nama unik untuk mengidentifikasi nama server komputer ibarat web server atau email server di jaringan komputer atau pun Internet.

Nama domain berfungsi mempermudah pengguna Internet untuk mengakses ke server; selain itu juga digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengingat formasi angka yang dikenal sebagai alamat IP.

Sebagai contoh; contohnya apabila sobat menginput alamat IP dengan angka 173.194.70.113, tekan ENTER. Secara otomatis, peramban browser sobat akan dialihkan ke halaman Google.

Bayangkan bagaimana sulitnya ketika seorang insan harus mengingat satu per satu alamat IP untuk mengunjungi banyak situs web sekaligus dalam satu waktu.

Setidaknya, kita harus berterima kasih kepada sistem nama domain yang dinamakan DNS. DNS inilah yang mengatur atau menyetel hukum yang digunakan dalam sistem penamaan dari nama domain tersebut.

Nah jikalau sobat bertanya-tanya wacana dilema domain yang dinamakan ccTLD, nyatanya sudah diterangkan di blog ini. Silakan cek artikelnya disini: Pengertian Country Code Top-Level Domain atau ccTLD.

Pengertian Subdomain, Add-on, Parked & Redirect Domain pada Situs Web


Arti dan Makna Subdomain


Subdomain yaitu bab dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari suatu situs web.

Misalnya, untuk area utama situs web dibeberapa forum; contohnya beralamatkan https://www.example.co.id/. Alamat "www" yaitu Subdomain juga. Jika kita ingin melihat halaman arsipnya, maka kita akan dialihkan ke halaman https://archive.example.co.id/.

Oh jikalau misalkan ingin mencari template blogger di situs web tersebut, biasanya dialihkan ke area https://template.example.co.id/.

Arti dan Makna Add-on Domain


Add-on domain yaitu domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah situs web. Selalu ingat, fitur Add-on domain tidak dibatasi, artinya sobat boleh menambahkan berapa pun domain yang dimiliki selama diskspace mencukupi.

Contohnya ibarat ini. Sobat mempunyai situs web www.example-A.com, dan Add-on domain situs web www.example-B.com; untuk menampilkan apa yang ditampilkan di domain www.example-A.com/sub-direktori.

Ketika domain www.example-B.com/index.html diakses melalui Internet, para pengunjung tidak 'kan mencicipi adanya perbedaan, alasannya semua bab yang ditampilkan faktanya berada di domain www.example-A.com/sub-direktori/index.html.

Pada hakekatnya pula, Add-on domain dapat diartikan sebagai mengembangkan (share) dengan Main Account dalam segala hal; diantaranya termasuk diskspace, bandwidth, dan cPanel.

Sobat tidak akan mendapat cPanel untuk setiap Add-on domain yang ditambahkan, alasannya semua diatur di dalam satu cPanel Main Account. Contoh dalam satu cPanel Main Account yang dimaksudkan disini ialah domain www.example-A.com diatas.

Selain itu, pembuatan FTP Account dan Email Account untuk domain www.example-B.com juga dilakukan di cPanel domain www.example-A.com.

Arti dan Makna Parked Domain


Disebut juga Parking Domain, Domain Pointer, atau Domain alias; Parked Domain yaitu sebuah fitur untuk mengarahkan suatu domain ke domain yang lain.

Contohnya sobat melaksanakan Parking Domain terhadap www.example-A.com menuju www.example-B.com. Ketika sobat membuka atau mengakses situs web beralamatkan www.example-B.com, bergotong-royong pada ketika itu sobat sedang melihat isi konten dari www.example-A.com.

Arti dan Makna Redirect Domain


Disebut juga URL Redirect, -- Redirect Domain yaitu meneruskan satu alamat domain ke alamat domain lain.

Contohnya sobat mengunjungi situs web www.example-A.com; ketika diakses secara otomatis situs beralamatkan www.example-A.com tadi akan dialihkan (forward) ke situs www.example-B.com.

Kesimpulan

Diantara semua istilah-istilah di atas, mungkin yang paling seringkali kita dengar dapat jadi istilah-istilah ibarat Subdomain dan Redirect Domain.

Sedangkan istilah Add-on Domain dan Parked Domain sangat jarang dijelaskan di dalam beberapa bahan pembelajaran wacana Domain.

Nah itu ia pengertian Subdomain, Add-on, Parked, dan Redirect Domain pada situs web serta perbedaannya. Semoga berguna.*
Sumber https://tipsseokiller.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel