Cara Efektif Musnahkan “Kutu Rambut” Tanpa Risiko Iritasi Kulit Kepala

Dr Hannah Chow-Johnson menyarankan kepada orang bau tanah cara menyidik kutu dengan melaksanakan langkah-langkah berikut :

  • Dudukkan anak di wastafel yang berisi air hangat dan sisir rambut menjadi beberapa penggalan secara teliti.
  • Semprotkan air pada penggalan kecil rambut dan tarik sisir hingga ke ujungnya.
  • Bilas sisir dan bersihkan dengan handuk.
  • Ulangi proses ini hingga semua rambut di kepala anak telah diperiksa.


Orang bau tanah yang menemukan kutu atau telur kutu harus mengecek semua orang di rumah, mencuci semua seprei, selimut dan handuk dalam air panas dan menyegel benda yang tidak sanggup dicuci setidaknya selama 72 jam  dengan kantong plastik.

Telur kutu menetas dalam rentang waktu 8-9 hari, menjadi cerdik balig cukup akal dan mencari pasangan untuk menghasilkan lebih banyak kutu. Jadi, selain membasmi kutu jangan lupa telur kutunya juga harus dibasmi.

"Setelah kutu kepala anak dibersihkan, anak masih rentan terjangkiti selama enam minggu. Disarankan rutin menggunakan produk anti-kutu setiap ahad dan menyidik kutu setiap hari," kata Chow-Johnson.

Berikut tips mengobati kutu rambut dengan materi tradisional yang tidak kalah khasiatnya dengan obat anti kutu :
1.Minyak Zaitun untuk si rambut panjang
Cara menghilangkan telur kutu pada rambut panjang :
Keramas hingga rambut bersih, kemudian keringkan. Oleskan minyak zaitun merata pada kulit kepala kemudian pijatlah dengan lembut. Gunakan epilog kepala (shower cap) dan diamkan hingga besok pagi. Setelah bangkit dari tidur, keramas rambut anda dengan menggunakan sampo.

2.Mayonnaise
Selain sebagai materi perhiasan makanan, mayonnaise bermanfaat menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen. Begini caranya :
Oleskan saus mayo pada kulit kepala dan pijit lembut hingga merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut, biarkan sekitar 5 - 6 jam kemudian keramas rambut anda dengan sampo. Setelah kering, sisirlah rambut Anda menggunakan sisir serit biar benar-benar bersih.

3.Bawang putih 
Cara menghilangkan kutu rambut secara alami menggunakan bawang putih :
Siapkan 10 siung bawang putih blender hingga halus kemudian campur 3 sdt air jeruk nipis. Oleskan pada kulit kepala hingga merata. Gunakan shower cap untuk menutup rambut anda. Biarkan selama 30 menit. Lalu keramas rambut Anda hingga bersih.

Jika cara-cara menghilangkan kutu rambut secara tradisional tidak efektif, gres anda sanggup menggunakan obat kutu rambut yang dijual bebas atau dengan resep dokter.

Fakta Menarik Tentang Kutu

Dikutip situs Today I Found Out, penduduk dari kalangan bawah menghindari mandi sama sekali. Ketika itu, setiap orang membatasi ritual mandi dengan mencuci tangan, sebagian wajah, dan berkumur.

Rambut kaum aristokrat Eropa yang elegan, mekar dan tertata ternyata di balik tatanan rambut itu, terdapat segerombolan kutu.

Sisir dan bacokan yang ditempelkan di rambut, bersama-sama mempunyai fungsi menggaruk kulit kepala dan menusuk kutu.

Mencuci rambut merupakan acara yang lebih jarang lagi dilakukan dibanding mandi. Keramas bahkan bukan acara yang rutin dilakukan. Menariknya, kebiasaan 'berkutu dan jorok' terus berlangsung hingga masa ke-19.

Dikutip The Vintage News, di Eropa, orang berkutu dianggap sehat salah satunya kebiasaan membiarkan kutu di Kerajaan Spanyol, dari yang muda hingga tua, dari aristokrat hingga rakyat jelata. Mereka meyakini bahwa adanya kutu di tubuh sebagai mengambarkan kesehatan. Sebab kutu jarang dan tidak pada orang yang sedang sakit. 

Orang Eropa masa pertengahan gemar menggunakan bulu binatang pada pakaian mereka. Mereka berpikir dengan menggunakan baju dari bulu binatang dengan tujuan menarik perhatian kutu untuk pindah dari tubuh mereka ke serat pakaian.

Orang Eropa pada masa pertengahan gres higienis dan terbebas dari kutu sesudah ditemukan DDT (diklorodifeniltrikloroetana atau dichlorodiphenyltrichloroethane).  Bentuknya menyerupai kristal, bening, hirau taacuh dan hampir tidak berbau.

Referensi:
Kaskus
Jarang Mandi dan Penuh Kutu, Ini Kebiasaan Jorok Bangsawan Eropa
https://www.liputan6.com
detikHealth - Kutu Kepala Suka Rambut yang Bersih
m.merdeka.com
9 Cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami dan permanen


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel