Cara Memasang Kabel Front Panel Pada Motherboard

Hallo Sahabat Kedai Informasi, kami akan menawarkan sedikit pengetahuan bagaimana cara memasang panel front pada motherboard yang benar. Urutan Cara Pasang Kabel Front Panel Pada Motherboard (Power LED, HDD LED, Reset SW, Power SW, USB, Speaker) – Para pekerja yang terbiasa membongkar perangkat komponen komputer niscaya tahu apa itu kabel front panel pada motherboard. Pastinya pekerjaan tersebut tidak bagi orang yang masih awam mengenai perangkat keras komputer. Buat Anda yang sedang tertarik dengan perangkat yang ada pada komputer, berikut ini artikel yang mungkin sanggup menjadi langkah awal untuk mengetahui lebih dalam mengenai perangkat keras komputer. Bisa dimulai dari cara pasang kabel front panel pada motherboard.

Pengrtian dan Fungsi Kabel Front Panel

Front panel merupakan sekumpulan kabel yang menghubungkan antara tombol pada reset dan power dengan lampu LED yang terdapat pada casing depan motherboard di dalam CPU. Fungsi kabel front panel sesuai dengan sistem kerja disetiap kabelnya. Kabel pada front panel sendiri terdiri dari HDD LED, Reset SW, Power SW, USB, Speaker, dan Power LED. Berikut ini fungsi dari setiap kabel :


  • Kabel HDD LED berfungsi sebagai kabel yang menyalakan lampu pada Hard Disk Drive dikala sedang bekerja.
  • Kabel Reset SW berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan dengan tombol restart di chasing.
  • Kabel Power SW berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan tombol power di chasing.
  • Kabel USB berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan kemudian lintas data dari port USB pada komputer.
  • Kabel Speaker berfungsi sebagai kabel yang menghubungkan audio pada komputer pada sebuah alat sounds.
  • Kabel Power LED berfungsi sebagai kabel yang menghidupkan lampu pada power komputer.
Cara Memasang Kabel Front Panel Dengan Benar

Setelah persiapan sudah selesai, Anda sanggup memulainya dengan mencari slot front panel pada motherboard. Anda harus berhati-hati dan teliti alasannya ada beberapa slot hampir serupa dengan kabel front panel. Biasanya, pada slot tercantum nama front panel untuk membedakan antar slot. Namun, tidak semua motherboard menyerupai itu. Jika motherboard Anda tidak tercantum nama, ada baiknya mencari pola gambar slot front panel.

Sudah menemukannya? Saatnya untuk memasang kabel front panel pada motherboard. Pada kabel front panel terdapat 10 pin dengan cara kerja yang berbeda. 5 pin di bab bawah mempunyai penomoran ganjil, dimulai dari angka 1-3-5-7-9. Sedangkan di bab atas mempunyai penomoran genap dengan angka 2-4-6-8-10. Perlu Anda ingat bawah pin mempunyai sisi kasatmata dan negatif. Jadi, Anda harus memasangkan tiap sisi sama dengan sisi dari kabel.

  • Pada pin 1 dan 3 dipasang untuk HDD LED.
  • Pada pin 2 dan 4 dipasang untuk kabel Power LED.
  • Pada pin 5 dan 7 dipasang untuk kabel Reset SW.
  • Pada pin 6 dan 8 dipasang untuk kabel Power SW.
  • Pada pin 9 dan 10 dibiarkan kosong.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel