Uban Di Usia Muda, Mengapa Dan Bagaimana Cara Mencegahnya ?

Apa arti Uban ?

Uban ialah perubahan warna rambut menjadi abu-abu atau putih, disebabkan oleh perubahan atau berkurangnya kadar melanin dalam rambut.

 Uban ialah perubahan warna rambut menjadi bubuk Uban di Usia Muda, Mengapa dan Bagaimana Cara Mencegahnya ?

Produksi melanin pada badan akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Sehingga muncul uban pada rambut orang yang telah berusia di atas 30-an.

Proses ini dimulai dari ujung rambut bermetamorfosis keabuan pada hasilnya memutih secara keseluruhan. Ini disebabkan lantaran sel melanosit yang berada pada akar rambut menjadi tidak aktif, menurun jumlahnya, dan kelamaan menghilang.

Kemampuan badan untuk memproduksi melanin itu tidaklah hanya dipengaruhi oleh faktor usia.

Ada beberapa faktor lain yang menciptakan produksi melanin dalam badan seseorang terganggu dan mengakibatkan munculnya uban. Seperti dilansir dari Medical News Today, berikut beberapa di antaranya:

Genetika (Ras dan Etnik)
Rambut uban dini dominan dikarenakan alasan genetika, berdasarkan laporan tahun 2013 di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, Ras dan etnis memainkan tugas juga.

Pemutihan dini pada orang kulit putih (Kaukasian) dimulai semenjak usia 20 tahun, sementara seseorang bisa berusia 25 tahun untuk orang Asia, dan 30 tahun di populasi orang Afrika-Amerika.

Penelitian dari NYU School of Medicine, etnis seseorang sangat kuat terhadap tumbuhnya uban. Pada etnis Kaukasian misalnya, memutihnya warna rambut lebih cepat terjadi dibanding orang Asia atau Afrika-Amerika.

Faktor genetik juga berperan pada percepatan tumbuhnya uban dirambut. Artinya dengan riwayat keluarga yang mempunyai uban semenjak usia muda, berpotensi besar keturunannya akan mengalami hal serupa.

Kekurangan Vitamin
Dalam jurnal Development tahun 2015 mencatat aneka macam studi kekurangan vitamin D-3, vitamin B-12, dan tembaga ada hubungannya dengan rambut beruban. Ini menemukan kekurangan gizi mempengaruhi pigmentasi, sehingga menunjukkan rambut beruban lantaran kekurangan vitamin.

Sebuah studi tahun 2016 yang dilaporkan dalam International Journal of Trichology, melihat faktor-faktor yang berafiliasi dengan uban prematur pada bawah umur muda India di bawah usia 25 tahun. Ini menemukan kadar feritin  rendah, vitamin (vitamin B6, B12, D dan E), dan kolesterol baik HDL-C juga rendah sanggup mengakibatkan tumbuhnya uban lebih awal pada usia anak dan remaja.

Para andal setuju bahwa untuk mencegah uban di usia muda, kita perlu mengonsumsi masakan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B12, vitamin B9, biotin, vitamin D, atau vitamin E tembaga, dan zink.

Semua mineral dan vitamin itu terkandung pada telur, ikan, bayam, asparagus, sawi hijau, tiram, kerang, daging sapi, kacang mete, hazelnut, dan almond.

Gaya Hidup
Sebuah penelitian dari tahun 2013 yang dilaporkan dalam Dermatology Online Journal Italia, menunjukkan bahwa perokok lebih cepat beruban sebelum berusia 30 tahun, pada penelitian yang sama di tahun 2013, menunjukkan bahwa kebiasaan merokok sanggup menciptakan seseorang mengalami penuaan dini, dan seorang perokok mempunyai kemungkinan 2,5 kali lebih besar untuk beruban sebelum usia 30.

Studi tahun 2015 di Journal of American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan rambut putih prematur pada laki-laki muda.

Stres Oksidatif
Stres oksidatif mengakibatkan ketidakseimbangan dikala antioksidan tidak cukup untuk melawan imbas merusak radikal bebas. Radikal bebas ialah molekul tidak stabil yang merusak sel, berkontribusi pada penuaan dan penyakit.

Dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit-vitiligo. Vitiligo (bercak putih pada kulit) juga bisa mengubah rambut putih lantaran hilangnya pigmen kulit (melanin).
Semakin sering seseorang mengalami stres oksidatif, maka semakin tinggi kemungkinan untuk mengalami penyakit, salah satunya ialah Vitiligo.

Kondisi medis tertentu
Pengidap Alopecia ada 3 jenis Alopecia areata, totalis dan universal. Menurut American Academy of Dermatology Alopecia areata (kebotakan hanya pada titik tertentu) ialah masalah yang paling sering terjadi, sebuah penyakit autoimun yang mengakibatkan rambut rontok umumnya pada kulit kepala, wajah dan kepingan badan lainnya. Ketika rambut tumbuh kembali, cenderung berwarna putih lantaran kekurangan melanin.

Kebiasaan yang sanggup mencegah uban di usia muda:

Konsumsi Jenis Makanan Vitamin B12
Vitamin B12 tidak saja mempertahankan kesehatan kulit kepala, vitamin B12 bermanfaat mengembalikan warna rambut semoga tak berubah jadi uban. Beberapa masakan yang kaya vitamin ini antara lain yang beragi, keju, alpukat, jeruk, plum, dan cranberry.

Penggunaan Produk Rambut dan Konsumsi Makanan Mengandung Biotin
Biotin ialah materi alami berguna mempertahankan warna hitam rambut. Karenanya jikalau ingin menghilangkan uban di usia muda, konsumsilah masakan sumber biotin menyerupai oat dan almond.

Gunakan Minyak Rambut Alami
Kebanyakan anak muda enggan meminyaki rambutnya. Kelalaian inilah yang biasanya mengakibatkan folikel rambut lemah sehingga mengakibatkan rambut jadi tipis, putih, serta kusam. Anda bisa memakai minyak kelapa, minyak almond atau zaitun untuk menutrisi kulit kepala.


www.halodoc.com - Kenali Penyebab Uban di Usia Dini
Kompas.com – 4 Cara Mencegah Uban di Usia Muda
DokterSehat.Com– Ini Penyebab Rambut Cepat Beruban di Usia Muda, Apa Saja?


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel