Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Penyajian-Nya




Sirsak merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Rasa sirsak elok dan asam. Buah sirsak atau dagingnya kaya akan serat. Setiap 100 gr daging sirsak yang dimakan mengandung 3.3 gr serat yang sanggup memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Selain mengandung serat, juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2.
Selain daging buahnya yang kaya akan gizi, daunnya pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak memang merupakan bab yang paling bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan daun sirsak menjadi terkenal ketika hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat senyawa yang sanggup mengobati kanker dalam daun sirsak.

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak ialah acetogeninAcetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang mempunyai kegiatan sitotoksik (membunuh racun) di dalam badan dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang diharapkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan melekat di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria.

Manfaat daun sirsak :
1. Mengobati kanker
Manfaat daun sirsak pertama yang menciptakan daun sirsak menjadi terkenal ialah mengobati kanker. Bahkan daun sirsak sanggup menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini dikarenakan acetogenin bisa mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker.Acetogenin pada sirsak sangat berpengaruh dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih berpengaruh dari adriamycin. Acetogenin
menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.
Untuk mencicipi manfaat daun sirsak untuk kanker, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya ialah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Rebus sampai air hanya tersisanya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi supaya manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

2. Mengobati asam urat
Tidak hanya untuk mengobati kanker saja, daun sirsak juga sanggup dipakai untuk mengobati asam urat. Sama halnya dengan mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak yang antara lain ialah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.
Untuk mencicipi manfaat daun sirsak untuk asam urat, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.
Caranya ialah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang sudah tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus sampai air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi supaya manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

3. Mengobati kista ovarium
Hal ini tentu saja dialami oleh wanita. Kista ovarium bisa juga disebut tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista sanggup berkembang sebagai kanker. Oleh alasannya itulah Anda bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium.
Untuk mencicipi manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya ialah dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang gres saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus sampai air hanya tersisanya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi supaya manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

4. Mengobati kolesterol
Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan memakai daun sirsak pula. Untuk mencicipi manfaat daun sirsak untuk kolesterol, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya ialah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus sampai air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi supaya manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

5. Mengobati diabetes
Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti sanggup menstabilkan jumlah kadar gula darah pada badan insan dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan alasannya di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan mempunyai kegunaan untuk melindungi badan dari ancaman radikal bebas dan ancaman penyakit yang mengintai badan setiap saat.

6. Mengobati penyakit paru-paru
Sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga bisa dipakai sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru berair maupun kering.

7. Meningkatkan kesuburan
Pada beberapa kesempatan, terbukti pula bahwa daun sirsak sanggup meningkatkan produksi jumlah sperma dan pada perempuan dipercaya sanggup memperkuat rahim.

8. Menghilangkan kutu
Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak sanggup dipakai untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya ialah dengan memakai air rebusan untuk mencuci rambut.

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel