Sebutkan Apa Saja Arsitektur Sistem Operasi Linux?


Sistem operasi Linux mempunyai konsep yang hampir sama dalam hal arsitektur dengan sistem operasi lainnya. Perbedaanya yaitu bentuk dari disetiap komponen pada arsitektur tersebut, antara lain ibarat berikut ini.

 Kernel

Kernel Linux yaitu kernel yang dipakai dalam sistem operasi GNU/Linux. Kernel ini merupakan turunan dari keluarga sistem operasi UNIX, dirilis dengan memakai lisensi GNU General Public License (GPL), dan dikembangkan oleh pemrogram di seluruh dunia. Linux merupakan teladan utama dari perangkat lunak bebas dan sumber terbuka (open source). Dibawah ini ditunjukkan gambar keterkaitan antara hardware, kernel, Shell dan Desktop.

Kernel Linux dirilis dibawah Lisensi Publik Umum GNU versi 2 (GPLv2), (dengan majemuk Firmware dengan lisensi tidak gratis yang bervariatif), dan

dikembangkan oleh kontributor dari seluruh dunia. Diskusi perkembangan dari hari ke hari dilakukan di Mailing List Linux Kernel. Kernel Linux pada awalnya dibayangkan dan kemudian dibentuk oleh mahasiswa Ilmu Komputer berkebangsaan Finlandia, Linus Torvalds pada tahun 1991. Pengembang dan Pengguna Linux bertambah dengan cepat, kemudian mereka mengadaptasi arahan dari proyek-proyek software gratis untuk dipakai sebagai Sistem Operasi baru. Linux kernel telah mendapatkan bantuan dari ribuan programmer. Banyak Distribusi Linux telah dirilis menurut Kernel Linux.

Library

Sebelum membahas Command Line Interface (CLI), sebetulnya di atas kernel masih ada komponen yang tidak diperlihatkan di gambar, yang disebut dengan Library. Library yaitu file atau sekumpulan file yang di dalamnya terdapat fungsi atau kelas yang diharapkan oleh jadwal aplikasi. Sebagai teladan library yaitu Glibc, libcurl, libpng serta library yang lain yang fungsinya menjadi pondasi untuk jadwal yang akan berjalan diatasnya. Misalnya tanpa library getty, maka kita tidak sanggup membuka shell atau CLI, tanpa libpng maka kita tidak sanggup membuka gambar, tanpa libmpg maka kita tidak sanggup memutar mp3. Dengan demikian library yaitu pondasi untuk aplikasi atau jadwal tertentu. Kadang-kadang libary juga saling berkaitan (depedensi) misalkan libraeri A yaitu pondasi dari Librari B dan Program C butuh librari B. Hal semacam ini disebut dengan depedency di linux.

Shell

Shell yaitu aplikasi yang bertugas mendapatkan Input perintah dari user. Pada sistem operasi Windows, sanggup disamakan dengan Command Prompt. Bedanya,

Shell di Linux tidak terikat dengan GUI nya. Linux mempunyai banyak shell, diantaranya yaitu csh, tcsh, sh, ash dan yang paling terkenal Bash. Kebanyakan server, tiga lapis ini saja sudah lebih dari cukup, tinggal ditambahkan service (apliksi yang berjalan dibelakang layar) misal webserver apache.

X Windows

X Windows yaitu Library khusus untuk tampilan GUI di UNIX/Linux, tanpa adanya librari ini, maka KDE, GNome atau openoffice tidak akan sanggup berjalan.

 Window Manager

Window Manager yaitu pengelola jendela dari aplikasi yang berjalan di GUI. Window Manager hanya bertugas menangani posisi aplikasi di Layar, Window manager tidak mempunyai fitur misal Drag and Drop atau fitur canggih lainnya. Contoh window Manager yaitu iceWM dan GNUStep.

Desktop

Lapisan di atas windows Manager yaitu Desktop, ini yaitu tampilan antarmuka yang pribadi bekerjasama dengan user dimana user tinggal klik,drag, melaksanakan segala akomodasi hanya dengan mouse. Contoh desktop di Linux yaitu KDE,LXDE, Gnome, XFace atau EDE.

Aplikasi

Lapisan yang paling atas dari sistem operasi Linux yaitu aplikasi, misal Gedit, Open Office dan firefox. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang disediakan sendiri oleh vendor-vendor linux. contohnya untuk kategori jaringan, keamanan, editing photo dan lain sebagainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel