Ini Ia Si Penemu Nomor Telepon Pertama

Penemu Nomor Telepon Dunia


Di jaman yang serba canggih ini, berkomunikasi menjadi hal yang sangat penting untuk memudahkan insan untuk tetap saling bekerjasama satu dengan yang lain. Telepon bukan hal asing lagi di antara kita.

Kemajuan teknologi pada jaman kini telah melahirkan banyak gadget mutakhir ibarat halnya telpon genggam. Tapi tahu kah anda bagaimana awal mula terciptanya nomor telpon? Nomor telepon atau kini ponsel sudah jadi pecahan hidup sehari-hari. Padahal jika kita menengok lagi sejarah
perkembangan telepon, dulu orang harus menyambung ke operator dan barulah diteruskan ke nomor tujuan.


jaman dulu teknologinya sama kek pager, operator duluan

















Telepon jaman dulu memang sangat tidak praktis. Semua pembicaraan harus melalui operator. Bayangkan jika metode ini tetap dipakai sekarang. Untunglah berkat Almond B Strowger membuat penggunaan nomor telepon sehingga sambungan jauh lebih praktis. Siapakah Almond B Strowger, ilmuwan di bidang telekomunikasi? Bukan. Ia hanya seorang pengusaha. Kejadian menjengkelkan yang menimpanya justru menghasilkan temuan nomor telepon.






Dikisahkan, Almond B Strowger merasa gila ketika bisnisnya terus merosot. Akhirnya ia melaksanakan penyelidikan sumber penyebabnya. Tak disangka, ternyata yang bertugas sebagai operator telepon yaitu istri tentangan bisnisnya. Tak heran, semua sambungan telepon dari konsumen Strowger dialihkan ke nomor telepon suaminya.

Akibat insiden ini, Strowger bertekad biar orang-orang tidak perlu menelepon melalui operator biar terhubung. Setelah melaksanakan banyak sekali percobaan, alhasil di tahun 1888 Strowger menyempurnakan inovasi telepon dengan sistem rotary dial. Dengan sistem ini pelanggan dapat eksklusif menelepon tujuan dengan memutar nomor si penerima.


Saat itu sistemnya yaitu sebagai berikut. Untuk menghubungi seseorang, penelepon harus memutar sebanyak 4 kali (4 digit nomor). Aturan utamanya yaitu tidak ada nomor yang berawalan 1 atau 0, sebab 0 dipakai untuk menghubungi operator dan 1 untuk internal switch. Contoh, jika menghubungi 0231, otomatis eksklusif tersambung ke operator dahulu.Tahun 1922 diperkenalkan Telephone Exchange Name sebagai ganti. nomor telepon biasa biar gampang diingat, formatnya yaitu dua digit pertama diganti abjad kemudian disambungkan menjadi sebuah nama, referensi KL 5 = 555, lihat ditelepon genggam Anda, abjad K dan L ada di tombol 5.

Pengembangan nomor telepon terus berlangsung dari masa ke masa sesuai wilayahnya. Penyempurnaan juga terjadi di selesai periode 20 ketika angka 0 dipakai pada telepon genggam. Yang penting, menghubungi nomor tujuan sangat gampang dikala ini, dan tak perlu takut dialihkan oleh operator ibarat di jaman Strowger dulu.

Coba jika nggak ada inovasi Om Strowger, niscaya repot setiap telepon dikuasai sama operator. Nggak dapat ngegombal deh di dalam telepon....hahahaha...


Sumber https://femurku.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel