Pengenalan Html


Apa itu HTML ? HTML abreviasi dari Hypertext Markup Language yaitu bahasa pemrograman yang dipakai untuk menciptakan halaman web, yang kemudian di jalan masuk untuk menampilkan tampilan banyak sekali isu pada website. 

HTTP singkatan dari Hypetext Transfer Protokol merupakan protokol yang di gunakan untuk transfer data atau dokumen dalam bentuk html dari web server ke browser.

Fungsi HTML (HyperText Markup Language)
HTML adalah bahasa pemrograman yang mengunakan gejala tag untuk menyertakan isyarat yang akan di tafsir pada browser semoga menampilkan tampilan yang benar.

Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :
  • Membuat halaman web.
  • Menampilkan banyak sekali isu di dalam sebuah browser Internet.
  • Membuat link menuju halaman web lain dengan isyarat tertentu (hypertext).
Dalam menjalankan situs website tidak terlepas dengan namanya browser, alasannya yaitu browser itu sanggup di bilang gerbang utama yang dipakai untuk membuka situs website.

Buka web browser anda kemudian buka situs http://www.google.com misalnya.

1. Lalu klik kanan di sembarang area, dan pilih “Inspect element” (menu paling akhir)



2. Perhatikan isyarat hasil inspect element, yang terlihat yaitu sebagai berikut : 


Baris pertama diawali dengan isyarat <!DOCTYPE HTML> menandakan bahwa dokumen yang ketika ini anda buka yaitu HTML. Begitu juga dengan baris ke dua <HTML> merupakan tag pembuka dari halaman HTML tersebut. 

Pengenalan Tag HTML
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa HTML yaitu bahasa Markup, artinya bahasa HTML hanya dipakai untuk me-markup suatu dokumen. Sebagai penyederhanaan kita analogikan dengan pembuatan dokumen di Microsoft Word atau aplikasi Word Processing lainnya. Ketika menciptakan sebuah dokumen word, biasanya kita melaksanakan formatting pada teks. menyerupai menebalkan teks, memiringkan, memberi garis bawah, Membuat Penjudulan (Heading), menciptakan list (Daftar) dan lain sebagainya. Pada HTML, formatting ini sanggup kita sebut dengan Proses Markup dan akan dilakukan dengan memakai tag HTML. Misalnya, untuk mem-format suatu teks menjadimiring kita tambahkan tag atau. Edit file sebelumnya, menjadi menyerupai berikut : Website pertama saya Dan ketika dibuka kembali pada browser, anda sanggup melihat kata pertama menjadi miring. .. disebut dengan Tag HTML, yang dipakai untuk me-markup(memformat) dokumen HTML. Perhatikan bahwa setiap tag mempunyai pasangan yakni tag penutupnya. 


Struktur file HTML 
Suatu dokumen HTML juga mempunyai hukum dalam penulisannya, ada beberapa tag yang harus anda tuliskan dan sudah menjadi ketentuan. Jika kita perbaiki latihan kita sebelumnya menjadi dokumen HTML yang benar maka kodenya menjadi menyerupai berikut:


<!DOCTYPE HTML>

Adalah Tag awal dari setiap dokumen HTML, tag ini berfungsi untuk menginformasikan pada browser bahwa dokumen yang sedang dibuka yaitu dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan disetiap dokumen HTML yang akan anda buat.

<HTML>.....</HTML>

Awal dari isi dokumen HTML dimulai dari sini, semua isyarat HTML yang akan anda buat akan ditulis di dalam tag ini, perhatikan juga bahwa setiap tag harus mempunyai tag penutup.

 <HEAD>.....</HEAD>

Tag Head akan dipakai untuk menyimpan banyak sekali isu wacana dokumen HTML, lebih detailnya akan kita temui pada penggalan selanjutnya. Apa yang terdapat di dalam tag ini, tidak akan ditampilkan secara pribadi pada web browser.

<TITLE>.....</TITLE>

Salah satu teladan isu yang terdapat di dalam tag Head yaitu title. Title akan menampilkan teks pada judul browser atau pada tab browser.

<BODY>......</BODY>

Nah, apa yang ingin anda tampilkan pada browser akan ditulis di dalam tag ini, tag body merupakan tag pembuka dari tubuh dokumen HTML.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel