Sebutkan Peralatan Jaringan Yang Dipakai Di Dalam Perkantoran Dan Perusahan Besar?

Peralatan Jaringan
Ada beberapa peralatan yang dipakai dalam jaringan, peralatan ini sering dipakai di dalam perkantoran dan perusahan besar. Peralatan ini yaitu :
1. Network Interface Card
Dalam menentukan network interface card, ada beberapa pertimbangan yang harus
diperhatikan. Pertimbangan-pertimbangan ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu
  •  Tipe jaringan ibarat Ethernet LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
  • Tipe Media ibarat Twisted Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless.
  • Tipe Bus ibarat ISA dan PCI.



2. PCMCIA Network Interface Card
PCMCIA card yaitu card jaringan yang dipakai untuk terhubung kedalam sebuah jaringan tanpa memakai kabel.



3. Modem
Modem atau Modul the Modulator yaitu peralatan jaringan yang dipakai untuk terhubung ke jaringan internet memakai kabel telepon.




4. HUB/Switch
HUB atau Switch dipakai untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering dipakai pada topologi star dan extended star. Perbedaanantara HUB dan Switch yaitu kecepatan transfer datanya. Yaitu 10:100 Mbps.



5. Bridge
Bridge yaitu peralatan jaringan yang dipakai untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama ibarat kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda ibarat Token Ring dan Ethernet. Bridge meregenerate sinyal tetapi tidak melaksanakan konversi protocol, jadi protocol jaringan yang sama (seperti TCP/IP) harus berjalan kepada kedua segemen jaringan yang terkoneksi ke bridge. Bridge sanggup jugamendukung Simple Network Management Protocol (SNMP), serta mempunyai kemampuan diagnosa jaringan.



Bridge hadir dalam tiga tipe dasar yaitu Local, Remote, dan Wireless. Bridge local secara pribadi menghubungkan Local Area Network (LAN). Bridge remote yang sanggup dipakai untuk menciptakan sebuah Wide Area Network (WAN) menghubungkan dua atau lebih LAN. Sedangkan wireless bridge sanggup dipakai untuk menggabungkan LAN atau menghubungkan mesin-mesin yang jauh ke suatu LAN.

Bridge beroperasi mengenali alamat MAC address node asal yang mentransmisi data ke jaringan dan secara automatis membangun sebuah table routing internal. Table ini dipakai untuk menentukan ke segmen mana paket akan  di route dan menyediakan kemampuan penyaringan (filtering). Setelah mengetahui ke segmen mana suatu paket hendak disampaikan, bridge akan melanjutkan pengiriman paket secara pribadi ke segmen tersebut. Jika bride tidak mengenali alamat tujuan paket, maka paket akan di forward ke semua segmen yang terkoneksi kecuali segmen alamat asalanya. Dan kalau alamat tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal, bridge akan menolak paket. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast ke semua segmen kecuali segmen asalnya.

6. Router



Router yaitu peralatan jaringan yang dipakai untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak dipakai di dalam internetwork yang besar memakai keluarga protocol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan Local Area Network (LAN) ke internet memakai dedicated leased line. Saat ini, masih banyak perusahaan memakai router Cisco 2500 series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN dengan anggota dua LAN), LAN ke ISP (Internet Service Provider). Koneksi ibarat ini menimbulkan semua workstation sanggup terkoneksi ke internet selama 24 jam.  Router berisi table-tabel gosip internal yang disebut label routering yang  melaksanakan pencatatan terhadap semua alamat jaringan yang diketahui dan lintasan yang mungkin dilalui. Router menciptakan jalur paket-paket menurut lintasan yang tersedia dan waktu tempuhnya. Karena memakai alamat paket jaringan tujuan, router bekerja hanya kalau protocol yang dikonfigurasi yaitu protocol yang routetable ibarat TCP/IP atau atau IPX/SPX. Ini berbeda dengan bridge yang bersifat protocol independent.

7. Crimping Tools



Crimping tools berkhasiat untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melaksanakan instalasi Networking.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel