Apa Itu Firewall Dan Fungsinya


Bagi anda yang bermain di dunia internet niscaya sudah tidak aneh lagi dengan namanya Firewall, alasannya yaitu saya ingin sedikit mengulas mengenai pengertian dari firewall dan fungsi dari firewall serta jenis-jenisnya. Nah bagi anda yang belum paham wacana Firewall dan jenis-jenisnya jangan khawatir alasannya yaitu saya akan menjelaskan. Simak penjelasana dibawah ini :

Pengertian Firewall

Firewall yaitu sebuah sofware yang dipasang pada komputer atau server yang dipakai untuk melindungi serangan-serangan virus yang berasal dari internet.

Sebagai teladan dikala anda menginstal sebuah aplikasi atau sofware pada komputer anda dan terdeteksi sebagai malware oleh firewall anda, berarti aplikasi atau sofware tersebut di curigai bahwa kemungkinan besar aplikasi itu bisa membahayakan komputer yang anda gunakan apabila di paksa instal kemungkinan bisa merusak sistem firewall .

Secara umum Firewall dipakai untuk mengontrol kanal terhadap siapapun yang mempunyai kanal terhadap jaringan privat dari pihak luar.

Fungsi Firewall

Sebelum memahami Fungsi Firewall mari simak terlebih dahulu atribut penting :
  • Semua jaringan komputer akan dilewatkan pada firewall
  • Hanya koneksi yang resmi yang akan di lewatkan pada firewall
  • Memiliki kemampuan menahan serangan-serangan internet
Firewall berfungsi sebagai pengontrol, mengawasi arus data yang mengalir di dalam jaringan. Fungsi firewall mengatur, memfilter dan mengatur kemudian lintas data yang di ijinkan untuk mengakses jaringan privat yang terlindungi, beberapa kriteria yang di lakukan oleh firewall. Selain itu firewall juga berfungsi terhadap kanal jaringan, Aplikasi proxy firewall bisa mengusut paket data.

Jenis-jenis Firewall

Adapun jenis-jenis firewall, berikut ini mengenai jenis firewall dibawah ini :

  • Circuit Layer Gateway yakni berfungsi untuk lapisan transport dari model rujukan TCP/IP, serta beliau akan menjaga antara kekerabatan awal TCP (Sebagai tcp handshaking).
  • Statefull Multi Layer Inspection Gateway yakni kombinasi dari packet filtering layer gateway, application layer gateway dan circuit layer gateway yang dimana berkhasiat untuk melindungi tingkat keamanan yang paling tinggi dari pada jenis-jenis firewall lainnya.
  • Application Layer Gateway yakni melaksanakan penyaringan pada suatu layer aplikasi, secara mekanismenya beliau tidak hanya bergantung pada sumber, tujuan serta atribut paket, namun bisa mencapai content paket tersebut.
  • Packet Filtering Layer Gateway yakni berkhasiat untuk melindungi sistem komputer atau penyaringan terhadap paket yang tiba dari luar jaringan.

Cara Kerja Firewall

Komputer mempunyai ribuat port yang sanggup di kanal untuk banyak sekali keperluan. Cara kerja firewall dari komputer yaitu menutup port kecuali port-port tertentu yang perlu dibuka. Firewall pada komputer berfungsi sebagai beteng atau tembok pertahanan terdepan dalam mencegah semua jenis hacker ke dalam jaringan. Hacker akan masuk ke dalam jaringan melewati port yang terbuka yang sanggup di akses.







Mungkin itu saja dari klarifikasi pengertian, fungsi dan jenis firewall, jikalau anda ingin tahu lebih terperinci silahkan komen dibawah ini.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel