Langkah Step By Step Mengurus Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perjuangan (Skdu)

Sebuah tempat perjuangan pastilah mempunyai lokasi atau wilayah yang digunakna untuk usaha, sehingga dengan begitu kau sebagai pemilik atau pengurus haruslah melaksanakan kepengurusan akan lokasi perjuangan yang sedang kau rintis atau sudah dimulai. Hal ini untuk mepermudah pengurus kawasan untuk menghitung dan memilih lokasi atau tempat-tempat dimana perjuangan yang memang sedang berjalan. Dalam kepengurusan SKDU tidak harus untuk perjuangan yang besar sehingga UKM pun juga harus mempunyai surat SKDU ini. Ya memang untuk perjuangan kecil-kecilan yang ibu-ibu buat itu tidaklah harus mempunyai surat menyerupai ini melainkan ada kriteria-kriteria yang harus mewajibkan usahawana untuk mengurus SKDU ini. Dan kalau tidak salah untuk menciptakan SKD ini sebuah perjuangan paling tidak mempunyai kekayaan higienis maksimal Rp200.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan.

Sehingga lantaran itu tidak semua perjuangan harus mempunyai SKDU ini, lantaran dari data diatas sudah dituliskan kalau sebuah perjuangan kecil (UKM) paling tidak mempunyai kekayaan higienis 200juta tanpa bangunan dan tanah. Sehingga usaha-usaha yang belum sanggup mencapai kekayaan menyerupai itu belum diwajibkan untuk mempunyai SKDU.

Baca juga : Contoh menciptakan Surat Penawaran Barang Elektronik yang Baik serta Benar

Wah udah tau kan SKDU itu apa? Jika kau belum faham maka akan menawarkan klarifikasi secara singkat apa itu SKDU dan apa manfaat serta cara untuk mengurus untuk pembuatan SKDU secara prosedural.

Apa itu SKDU ?

SKDU atau Surat Keterangan Domisili Usaha ialah surat yang mengambarkan domisili suatu tubuh usaha, dalam hal ini sanggup menyerupai Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan lain-lain. Selain sebagai tanda bukti domisili UKM, dodkumen SKDU juga diharapkan untuk kepengurusan banyak sekali perizinan UKM untuk sanggup mendapat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), dan NPWP (Nomor Pengenal Wajib Pajak), SKDU ialah dokumen wajib yang harus di sertakan dalam pengurusan beberapa hal tadi. Sehingga kegunaan SKDU cukup penting untuk sanggup terus berkembang dan maju.

Sehingga kebutuhan dalam mengurus SKDU memang cukup penting, kemudian untuk manfaat sendiri apakah SKDU ini sangat bermanfaat untuk kelayakan perjuangan kedepannya? Untuk manfaat tentu saja ada banyak lantaran dengan adanya SKDU ini terang perjuangan kita sudah mempunyai nama dan lokasi yang terang secara aturan dan negara.

Manfaat Surat Domisili Usaha?

1. Memudahkan juga dalam mengurus SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan).
2. Dengan adanya SKDU juga akan mempermudah dalam mendaftarkan perusahaan atau perjuangan kau secara legal dalam negara.
3. Kelengkapan syarat usul nomor PIRT (Produksi Pangan Industri Rumah), label halal MUI dan sertifikasi SNI.
4. Pembuatan NPWP (Nomor Pengenal Wajib Pajak) juga jadi jauh lebih simpel dan mudah.
5. Dengan adanya SKDU maka mempermudah kau untuk melaksanakan proteksi kredit Bank, lantaran Bank akan lebih percaya bahwa kau mempunyai usaha.
6. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang sanggup didapat, Mengurus SKDU merupakan suatu upaya untuk memajukan bisnis (usaha) yang akan kau terus maju.

Bagaiman apakah kau sudah faham dan mengerti apa saja manfaat dari dokumen SKDU, jadi apabila kau sudah mempunyai perjuangan yang sudah memenuhi untuk menciptakan dan mendapat SKDU maka segeralah untuk membuatnya lantaran akan sangat membantu untuk menyebarkan perjuangan kamu.

Baca juga : Tempat Grosir Baju Anak murah Branded Langsung dari Pabrik

Step by Step Mengurus Surat Domisili Usaha

Dalam menciptakan dan mengurus surat SKDU kau perlu untuk menyiapkan beberapa persyaratan terlebih dahulu, menyerupai ini syarat untuk menciptakan dan mengurus SKDU.

Syarat-syarat mengurus SKDU
1. Melampirkan Kartu identitas (KTP) orisinil dan foto copy pemilik usaha.
2. Melampirkan Kartu keluarga (KK) pemilik perjuangan orisinil atau fotocopy.
3. Surat pengantar dari bapak RT dan RW setempat.
4. Surat pernyataan dari tetangga perihal ketidakberatan adanya perjuangan tersebut, minimal 4 orang tetangga, ditambah dengan fotocopy KTP masing- masing tetangga.
5. Akta pendirian UKM dari notaries (foto copy).
6. Surat kuasa kalau diurus oleh orang lain.
7. Surat bukti tanah kepemilikan sendiri kalau tempat perjuangan milik sendiri atau surat pernyataan sewa-menyewa kalau perjuangan dibangun dari tempat sewa.

Setelah semua syarat sudah terkumpul, silakan kau ke step selanjutnya yaitu langkah-langkah dalam mengurus surat domisili perjuangan ini.

Langkah- langkah Mengurus (Membuat) SKDU
Setelah memnuhi beberapa syarat di atas, tata cara pengurusan (langkah-langkah) yang harus dilakukan untuk proses pengurusan surat domisili perjuangan ialah sebagai berikut:

1. Minta Surat Pengantar dari RT/RW
Datang ke RT setempat(tempat perjuangan kau beroperasi) untuk meminta dibuatkan Surat Pengantar yang menyatakan bahwa perjuangan anda benar-benar berada di lingkungan tersebut.

2. Datang ke Kantor Kelurahan
Bawa Surat Pengantar RT/RW dan berkas persyaratan yang telah disiapkan, kemudian tiba ke Kantor Kelurahan atau Kantor Kepala Desa setingkat Kelurahan setempat. Masuk ke ruang info memintalah formulir permohonan SKDU ke petugas kelurahan yang kemudian isi dengan benar dan Lengkap.

Biasa-nya SKDU diterbitkan oleh Kantor Kelurahan, sementara di wilayah lain ada yang mengharuskan pengajuan permohonan untuk melanjutkan ke kantor Kecamatan. Jika demikian, maka sesudah SKDU dikeluarkan oleh Kelurahan, kau masih perlu ke Kantor Kecamatan untuk meminta pengukuhan atau tanda tangan Camat.

3. Pengambilan SKDU
Proses pembuatannya berbeda-beda, sanggup satu hari sampai sekitar satu minggu, tergantung wilaya masing-masing. SKDU sanggup diambil di Kantor Kelurahan atau Kecamatan tempat kau mengurus SKDU.

4. Biaya Pembuatan SKDU untuk UKM
Sama menyerupai klarifikasi diatas proses pembuatan SKDU untuk UKM ini tidak ada biaya resminya, namun setiap tahapan proses kau perlu mempersiapkan biayanya lantaran biasanya kau akan diminta untuk mengisi uang kas, baik secara sukarela maupun dalam jumlah tertentu.

Baca juga : Tips Untuk Memulai Kerja Sampingan Mahasiswa hanya di Rumah Kost

Itulah tadi step-step untuk menciptakan dan mengurus dokumen SKDU dibidang pengembangan perjuangan menyerupai UKM (Usaha Kecil Menengah) supaya sanggup lebih dikenal dan dianggap secara legal oleh negara dan masyarakat umum. SKDU juga duperlukan untuk mempermudah mengurus dokumen lainnya, sanggup kau baca pada manfaat SKDU diatas disana sudah diberikan pola dokumen yang akan dipermudah apabila kau mempunyai SKDU.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel