5 Makanan Sehat Untuk Buka Dan Sahur Yang Sehat

Sebentar lagi bulan rahmat dimulai, Bagi umat muslim hukumnya wajib untuk menjalankan sebagai patuh dan taat kepada Allah SWT. Namun demikian, kita juga perlu menjaga kesehatan biar kita sanggup full hingga simpulan berpuasanya dan aktifitas sehari-hari tidak lemas. Kita perlu asupan masakan ketika sahur tentu menjadi perkata yang penting yang dihentikan di abaikan.

Sahur merupakan pengganti sarapan pagi yang wajib di laksanakan bagi orang yang ingin berpuasa. Supaya ibadah kita dalam seharian tetap berjalan lancar hingga waktu buka puasa telah tiba, anda harus memastikan bahwa kandungan gizi dan protein serta porsi itu sangat penting dalam makan sahur alasannya ialah itu akan menjadi energi cadangan kita dalam sehari untuk beraktifiatas. Berikut ini 5 masakan yang sehat dikala di konsumsi sahur :


1. Karbohidrat Kompleks



Karbohidrat merupakan zat gizi yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Supaya Anda sanggup lebih berpengaruh dalam berpuasa, sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi dikala sahur. Jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, jenis karbohidrat ini mempunyai struktur kimia yang lebih kompleks dan lebih usang dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, zat gizi ini akan menciptakan Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa jenis masakan yang mempunyai kandungan karbohidrat kompleks di antaranya ialah gandum, nasi merah, sereal, oatmeal, serta kentang. Idealnya, konsumsi karbohidrat kompleks sebanyak satu hingga dua porsi untuk mencukupi kebutuhan energi sehari penuh.


2. Protein

Menu sahur sehat berikutnya yang juga dihentikan Anda lupakan dikala sahur ialah masakan sumber protein. Selain diharapkan untuk membantu memperbaiki dan membangun jaringan-jaringan di dalam tubuh, protein juga berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan Mengonsumsi protein yang cukup di waktu sahur, maka Anda tidak akan gampang lemas atau sakit selama berpuasa. Adapun beberapa sumber protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi dikala makan sahur di antaranya ialah ikan, tempe, tahu, ayam, daging sapi, telur, keju yogurt, serta kacang-kacangan.


3. Sayur-Sayuran




Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama berpuasa, mengonsumsi materi masakan yang kaya akan serat dikala sahur juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Sebab, selain sanggup melancarkan pencernaan, bahan-bahan masakan yang banyak mengandung serat juga sangat baik untuk menjaga keseimbangan dan metabolisme tubuh.Adapun beberapa sayuran yang sanggup Anda pilih untuk menemani makan sahur antara lain ialah brokoli, sawi, wortel, bayam, kacang panjang, serta sayur-sayuran berserat lainnya.

4. Buah-Buahan


Buah-buahan juga wajib menjadi hidangan makan sahur Anda. Sama menyerupai sayur-sayuran, buah juga kaya akan vitamin, mineral, serta, antioksidan yang sanggup menjaga kebugaran badan selama berpuasa. Di samping itu, serat yang terkandung pada buah juga sanggup menciptakan Anda merasa kenyang lebih usang alasannya ialah cenderung mengalami proses pencernaan yang usang di lambung. Adapun beberapa buah yang anggun dikonsumsi dikala sahur di antaranya ialah apel, kurma, alpukat, semangka, melon, pepaya, serta anggur.

5. Air Putih

Air sangat diharapkan oleh badan untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga metabolisme tubuh, serta mencegah dehidrasi. Karenanya, mencukupi kebutuhan cairan badan dikala berpuasa juga sangat penting untuk dilakukan biar ibadah puasa berjalan dengan lancar. Setidaknya, minum empat hingga enam gelas air putih dikala sahur dan berbuka biar daya tahan badan tetap terjaga dan Anda tidak gampang lemas selama berpuasa.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel