Cara Mengganti Blogspot Ke Domain Sendiri(Custom Domain)

Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain

     Di postingan kali ini kita akan membahas wacana bagaimana sih cara mengganti sub domain bawaan blogger blogspot??? 
Apa yang harus di lakukan??? 
Gimana cara mendapat domain sendiri??? 
Tentu kita akan merasa resah atau tidak tahu harus bagaimana kalau ingin mendapat domain sendiri untuk blog yang di kelola kalau anda masih gres terjun ke dunia blogger. Maka di buatlah postingan yang membahas cara mengganti custom domain di blogger.
Pertanyaan yang sering kita dengar dari blogger pemula yang tidak tahu cara mengganti sub domain blogspot ke domain sendiri kita akan menjawabnya di bawah selengkapnya.
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)

     Sebelum kita mengganti alamat blog sub domain bawaan blogger blogspot ke domain sendiri, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu domain.
Apa itu domain???
Domain ialah suatu kata atau kalimat unik yang di gunakan untuk alamat/link suatu situs.
Domain sendiri ada beberapa jenis yaitu:
-Top level domain(TLD) 
-Generic Top level domain(gTLD)
-sub domain
-dan lain lain
Tapi yang paling umum di ketahui kebanyakan orang yaitu ketiga jenis domain tersebut. 

Apa itu Top level domain???

Top level domain atau yang sering di kenal TLD ialah suatu alamat situs yang memiliki nilai kelas atas dalam dunia situs. Berikut teladan domain yang memiliki nilai Top level domain/TLD.
->domain.com
->domain.me
->domain.net
->domain.id
->domain.co.id
Dan masih banyak lagi top level domain yang sanggup di gunakan untuk blog. Karena setiap jenis domain memiliki arti yang berbeda beda tergantung dari jenis situs maka anda harus menciptakan domain sesuai dengan konten yang ada pada situs.
Kata domain yang di tulis di atas hanya sebagai contoh. Anda sanggup menciptakan domain sendiri sesuai dengan apa yang di inginkan di penyedia sewa domain.

Apa itu generic Top level domain???

Sebenarnya untuk gTLD ini merupakan domain milik amerika serikat tapi alasannya sudah populer maka sanggup di gunakan di beda negara ibarat indonesia yang memiliki ciri khusus dotid. Tetapi generic top level domain memiliki satu ke satuan yang sama yaitu domain kelas teratas.
Berikut teladan domain gTLD
->domain.com
->domain.id
->domain.info

Apa itu subdomain??? 

Subdomain ialah domain turunan yang ada pada suatu domain utama ibarat TLD yang di gunakan suatu situs ibarat blogspot. Pada ketika membuat blog di blogger  pertama kali kita akan mendapat subdomain domain.blogspot.com
Sebagai teladan kalau anda belum paham apa itu subdomain 
Misalkan facebook memiliki subdomain m.facebook.com,web.facebook.com dan masih banyak lagi, sub domain ialah turunan dari domain utama untuk mengatakan redirect dari domain pertama ke subdomain.

Jika sudah mengerti apa itu domain dan jenis jenisnya. Pasti kita akan bertanya kenapa harus di ganti alamat blogspot bawaan???
Sebenarnya tidak harus mengganti alamat blogspot.com juga tidak apa-apa tetapi kalau anda serius terjun ke dunia blogger lebih baiknya mengganti subdomain bawaan blogger ke domain anda sendiri.

Manfaat Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain) 

Mengganti subdomain ke domain sendiri sudah niscaya memiliki manfaat bukan hanya untuk pajangan alamat blog.
Manfaat yang sanggup di ambil dengan mengganti domain blogspot ke domain sendiri sudah terang yaitu:
->blog/situs akan terlihat profesional di mata pengguna dan mesin pencarian
->Mempersingkat link/ url alamat blog
->Memudahkan pengunjung untuk mengingat situs yang memiliki domain sendiri
->belum secara niscaya di pastikan mengganti subdomain dengan domain sendiri sanggup meningkatkan kecepatan situs meski hanya menambah 10-20% maka akan meningkatkan kinerja situs di mesin pencarian biar lebih berpeluang terkenal.
->Mendaftarkan blog ke google adsense akan lebih besar berpeluang di terima, terlihat lebih profesional dan memiliki keseriusan dalam mengelola blog.
Meski sah sah saja tidak mengganti domain tetapi kalau anda punya modal kenapa tidak???
Kan pengaruh baiknya juga akan di rasakan oleh sendiri nantinya.

Domain yang di gunakan pengelola blog di blogger untuk mengganti sub domain bawaan blogspot.com kita harus memiliki domain TLD.
Contoh:
Domain.blogspot.com menjadi
Domain.com
Akan terlihat lebih profesional dan gampang di ingat oleh pengunjung blog untuk kembali memasuki halaman blog di lain waktu untuk mencari suatu info yang di butuhkan kalau situs memiliki info yang di cari.
Bagaimana anda tertarik sehabis membaca klarifikasi yang sudah ada???

Sebelum mengganti subdomain bawaan blogger blogspot.com kita harus memiliki domainnya dulu kan, untuk di pasangkan di blog maka anda harus membelinya/menyewa terlebih dahulu di penyedia domain.
Bagaimana cara mendapatkannya???

Membeli/Menyewa domain di penyedia layanan domain terpercaya

Ada banyak di mesin pencarian situs-situs penyedia domain untuk di pasangkan di blogspot tinggal tergantung minat dari anda akan membeli/menyewa domain dimana. Di rekomendasikan oleh kami:
1.Niagahoster
2.Rumahweb
3.hostinger
4.dan masih banyak lagi situs penyedia domain.

Silahkan buka salah satu situs yang akan menjadi daerah pembelian domain sesuai dengan harapan pribadi.
Meski di atas sudah terdapat rekomendasi situs penyedia domain, Google juga selaku pemilik blogger memperlihatkan domain di dasboard blogger di bab setelan. Tetapi dengan harga yang cukup tinggi menciptakan sebagian blogger enggan membeli domain dari google dan lebih menentukan membeli domain di situs penyedia domain pihak ketiga ibarat yang di rekomendasikan di atas. Karena domain yang di beli dari banyak sekali situs juga memiliki fungsi yang sama. Yang membedakan hanya nama situs dari penyedia domain.

Membeli/Menyewa domain di Niagahoster

Misalkan di sini saya akan membeli domain di niagahoster. Maka langkah-langkah yang harus di lakukan ialah sebagai berikut:
->Membuka situs Niagahoster
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
maka anda akan di perlihatkan tampilan kurang lebih ibarat yang ada pada gambar di atas.
->silahkan masukan kata atau kalimat untuk di jadikan domain beserta akhirannya tergantung dari sesuai kebutuhan. Di gambar sudah di perlihatkan bahwa domain ada dan sanggup di gunakan.
kalau domain yang di inginkan ada sehabis mencari domain yang sempurna anda sanggup pribadi membelinya dengan bermacam-macam cara pembayaran yang tersedia.
->jika sudah menemukan domain yang sempurna anda tinggal melanjutkan proses transaksi pembelian domain sesuai dengan ke inginan anda silahkan pilih selanjutnya di bab bawah ibarat pada gambar di atas.
->Maka anda akan di alihkan ke tampilan promosi hosting di situs tersebut.
Anda pengguna blogger ??? tidak usah memikirkan hosting alasannya hal itu di tanggung server google jadi kita hanya perlu membeli domainnya saja.
->silahkan pilih domain saja dan melanjutkan metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan anda
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
->jika sudah menentukan selanjutnya dari rekomendasi yang di tawarkan maka anda akan melihat tampilan ibarat diatas. Jika sebelumnya sudah mempuyai akun niagahoster tinggal melaksanakan login. Tapi kalau anda pengguna gres silahkan pilih daftar akun
->lakukan pengisian formulir yang di sediakan sesuai dengan yang di minta
->Setelah mengisi formulir dan menciptakan akun niagahoster di bab bawah anda akan melihat pilihan pembayaran domain ibarat tranfer bank, paypal, pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit, dan masih banyak lagi metode pembayaran yang tersedia. Pilihlah metode pembayaran sesuai dengan harapan anda dan memudahkan proses pembelian domain.
->silahkan menentukan check out sehabis menciptakan akun niagahoster. Dan anda akan melihat rincian pembayaran yang harus di lakukan dari domain yang sudah di daftarkan.
->Jika ada hal yang ingin di tanyakan yang bersangkutan dengan pembelian domain di niagahoster silahkan bertanya di bab customer service di situs niagahoster.
->Setelah berhasil melaksanakan pembayaran anda akan memiliki DNS Management sendiri meliputi domain yang sudah di beli. DNS atau Domain Name Server ini nantinya akan menjadi daerah penyimpanan domain itu sendiri serta untuk mengalihkan(redirect) data blog dari subdomain blogspot ke domain sendiri yang sudah di beli. Melalui akun niagahoster yang sudah di buat sebelum pembayaran.
Karena di sini kita akan membahas bagaimana cara mengganti subdomain blogspot ke domain sendiri/custom domain. Maka soal pembelian domain tergantung dari harapan sendiri membelinya dimana dari situs yang tidak di rekomendasikan juga sah sah saja. Karena ini hanya akan menjadi tuntunan bagi anda yang masih awam/pemula wacana bagaimana cara mengganti subdomain blogspot ke domain sendiri itu sebetulnya sederhana. Bagaimana juga bagi seorang yang gres terjun ke dunia blogger niscaya akan terasa sulit mempelajari hal ini.
     Dari soal harga dan durasi domain hanya anda selaku pengelola blog yang sanggup mengatur pembelian domain. Ok sehabis kita memiliki domain maka langkah selanjutnya ialah memasangkan domain yang sudah di beli berupa Top Level Domain di blog yang akan di pasangkan domain yang sudah ada.

Cara Custom/Mengganti Subdomain blogspot ke domain sendiri melalui Niagahoster.

Di bawah ini kita akan mengatakan langkah-langkah bagaimana cara custom domain dari blogspot ke domain sendiri yaitu Top Level domain/TLD melalui Niagahoster. Setelah memiliki domain sendiri langkah selanjutnya yang harus di lakukan biar sanggup melaksanakan custom domain dari subdomain blogspot ke domain sendiri silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.Silahkan pilih setelan pada dasboard blog yang akan di ganti domainnya menggunakan custom domain TLD.
2.Pilih Dasar maka anda akan melihat ibarat pada gambar
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
3.Di gambar di perlihatkan terdapat saran dari google untuk membeli domain. Tetapi alasannya di sini kita sudah memiliki domain dari pihak ke 3 ibarat niagahoster silahkan pilih +Siapkan URL pihak ke tiga untuk blog anda.
4.Masukan alamat domain yang akan di alihkan dari blogspot ke domain sendiri.contoh www.domain.com
Kenapa kita menggunakan www alasannya untuk penyimpanan data blog di server google atau hosting gratis. Memang sanggup juga menggunakan non www tapi alangkah baiknya sebagai pemula menggunakan www terlebih dahulu alasannya kita tidak perlu membeli hosting untuk penyimpanan data blog.
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)

5.Silahkan pilih simpan kalau arahan unik belum ada tadinya.
6.Maka akan terjadi eror tidak sanggup di simpan. Malah muncul arahan unik damai saja jangan panik itu hanya untuk mengonfirmasi bahwa domain tersebut memang akan di pasang pada blog
7.silahkan copy ke dua arahan unik tersebut.

Kode yang pertama: www          ghs.google.com
Kode yang kedua:jsbakdndka       dkabdkadv.google.hosted.com
Note:Kode yang ada di bab atas hanya sebagai teladan citra untuk proses custom domain. Karena setiap domain memiliki arahan unik yang berbeda beda.

Jika anda masih merasa abnormal arahan tersebut akan di gimanain sebelum melanjutkan cara custom domain kali ini maka akan di jelaskan terlebih dahulu dari kedua arahan tersebut.
Kode pertama:
www=Untuk mengalihkan root domain/domain utama ke versi www
Pasti kalian ingin bertanya apa maksud dari arahan tersebut
ghs.google.com=untuk menghost data blog dari domain utama ke versi www alasannya daerah penyimpanan data blog di tanggung di penyimpanan google. Dan anda tidak perlu repot repot membeli hosting apa lagi yang masih dalam tahap belajar.
Dari arahan pertama kita sanggup menyimpulkan www hanya untuk pemberi jalan untuk penyimpanan data blog terhadap penyimpanan host google.
Kode kedua:
jsbakdndkadakadb      dv google.hosted.com

Dari arahan di atas sanggup di jelaskan bahwa itu kebalikan dari menggunakan versi www yaitu tidak adanya www pada awal domain alamat situs. Tetapi anda seorang pengelola blog harus membelikan hosting penyimpanan sendiri untuk penyimpanan data blog kalau tidak ingin menggunakan www.

Seperti yang sudah di jelaskan sehabis memahami versi www dan non www itu tergantung dari pilihan anda. Tinggal mengatur redirect blogspot ke domain sendiri.
Ok kita lanjutkan lagi sehabis mengetahui arahan tersebut.
8.setelah mengcopy arahan unik yang tersedia silahkan buka tab/jendela gres di browser.
9.masuk ke situs niagahoster/situs daerah anda membeli domain.
10. Silahkan login menggunakan akun yang di daftarkan untuk susukan domain dari pihak penyedia domain ketika pertama kali daftar domain kurang lebih akan terlihat ibarat pada gambar berikut.
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
11.tab atau jendela yang tadi terjadi eror di blogger jangan di tutup silahkan berpindah ke jendela/tab niagahoster.
12.setelah login maka anda akan melihat dasboard akun niagahoster anda.
Kode yang di copy tadi akan di jadikan jalan pengalihan dari subdomain blogspot ke domain yang sudah anda daftarkan sebelumnya.
13.silahkan pilih hosting domain
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
Maka anda akan melihat tampilan kurang lebih ibarat gambar di atas.
14.pilih kelola ibarat yang ada pada tanda panah.
15.Maka anda akan masuk ke tampilan pengaturan domain yang akan di gunakan di blogger tadi.
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
16.lanjutkan dengan pilih DNS Management
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
Maka anda akan melihat server ibarat yang di jelaakan pada gambar DNS ialah fitur untuk mengalihkan domain ke layanan situs lain ibarat blogger.
17.Jika sudah silahkan scrole ke bawah maka anda akan melihat custom blogspot silahkan di pencet maka akan di alihkan ke gambar ibarat di bawah.
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)
18.Masukaan arahan unik yang sudah tadi di copy yang ada di blogger.
Kode pertama:
www                    ghs.google.com
Kode kedua:
jsbakdnadakadb    dv.google.hosted.com
19. Silahkan buat CName sesuai yang di inginkan anda.
Versi www.
Untuk arahan yang pertama kalau anda ingin menggunakan domain dengan versi www
Masukan kolom pertama www.
Dan value di isi arahan unik yang akan menghost domain kalau sudah terpasang. ibarat ghs.google.com
Versi non www.
Untuk arahan yang kedua silahkan masukan arahan unik di kolom pertama dengan domain arahan unik jsbaknadakadb
dan value dv.google.hosted.com
20.Saran untuk menciptakan CName jangan hanya 1 jenis tapi tambahkan juga versi www dan non www.
Kenapa harus begitu??
Untuk memudahkan proses redirect pengalihan dari data blogspot ke domain sendiri.
21.Jika proses pembuatan CName berhasil silahkan kembali ke pengaturan dasar blogspot yang sebelumnya eror alasannya belum menciptakan CName di DNS Management.
 Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau custom domain Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri(Custom domain)

22.Jangan lupa centang di bab redirect atau pengalihan ke versi www. Di sarankan untuk menggunakan versi www selain alasannya penyimpanan data blog gratis untuk tidak membeli hosting. Karena google juga selaku mesin pencarian juga menggunakan versi www.
23.Silahkan pilih simpan maka seharusnya proses mengganti sub domain blogspot ke domain sendiri menggunakan custom domain dari niagahoster berhasil.

Dengan catatan:Jika proses custom domain tidak pribadi sanggup aktif dan terjadi eror tunggu hingga 5 menit atau 24 jam biar DNS Management mengenal data blog yang sudah di custom di CName DNS.
Seharusnya sehabis pembuatan CName di panel DNS domain sanggup pribadi aktif sehabis melewati 5 menit. Tapi terkadang tak jarang pula domain harus menunggu 24 jam biar sanggup aktif.

Cukup gampang bukan Cara Mengganti blogspot ke domain sendiri atau yang biasa kita kenal Custom domain. Mungkin bagi seorang blogger pemula akan merasa repot kalau melaksanakan hal tersebut tanpa mencari rujukan atau tutorial. Tetapi kalau kita sanggup memahami apa yang di jelaskan di atas proses custom domain hanya akan memakan waktu yang singkat.
Sekian Cara mengganti blogspot ke domain sendiri semoga situs yang kita kelola memiliki profesionalisme di mata pengguna dan mesin pencarian.

Sumber https://ilmungeblogger.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel