Langkah - Langkah Menciptakan Metodologi Penelitian


infomanfaat.club Kali ini saya akan membahas mengenai metodologi penelitian bagi yang lagi menjalani atau akan menghadapi kiprah final atau akan menciptakan skripsi sanggup mengikuti langkah - langkah yang akan saya paparkan dibawah ini.

Untuk lebih jelasnya eksklusif saya jelaskan kerangka lengkap mulai BAB I.


BAB I
PENDAHULUAN

Dalam Bab 1 ini membahas wacana pengertian penelitian disertai perjuangan untuk menemukan berbagi dan menguji kebenaran suatu pengetahuan juga diketengahkan macam-macam dan fungsi penelitian di samping persyaratan penelitian dan syarat peneliti serta langkah-langkah penelitian nya

A. PENGERTIAN PENELITIAN


  1. Penelitian yaitu suatu perjuangan untuk mengumpulkan mencari dan menganalisis fakta-fakta mengenai sesuatu masalah
  2. Penelitian dari suatu bidang ilmu pengetahuan yaitu proses yang dijalankan untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan sabar hati-hati serta sistematis.
  3. Penelitian yaitu aktivitas yang dilakukan oleh siapa saja yang ingin meningkatkan hasil untuk apa saja yang sedang ia tekuni
  4. Penelitian yaitu suatu perjuangan untuk menemukan berbagi dan menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan memakai metode metode ilmiah
  5. Penelitian mengandung dua pengertian pertama penelitian merupakan metode atau cara dalam melaksanakan aktivitas yang dilakukan secara hati-hati untuk menemukan kebenaran. Kedua Penelitian yaitu sebuah aktivitas yang dilakukan secara cermat dan hati-hati untuk menguji verifikasi kebenaran atau teori yang telah ada.


B. MACAM PENELITIAN


1. Penelitian dilihat dari segi hasil yang diperoleh

a. Penelitian dasar basic research
  • Penelitian yang diselenggarakan dalam rangka memperluas dan memperdalam pengetahuan Secara teoritis

b. Penelitian terapan applied research
  • Penelitian yang diselenggarakan dalam rangka mengatasi problem nyata dalam kehidupan untuk mencari sesuatu yang lebih baik.


2. Penelitian ditinjau dari bidang yang diteliti (Wasito, 1999 atau bidang ilmu Arikunto 1919)

a. Penelitian bidang sosial
  • Penelitian yang diselenggarakan khusus untuk bidang pendidikan ekonomi aturan Psikologi dan sebagainya.

b. Penelitian bidang eksakta.
  • Penelitian yang diselenggarakan khusus untuk bidang ilmu pengetahuan alam fisika kimia dan sebagainya

3. Penelitian ditinjau dari Tempat penelitian

a. Penelitian laboratorium
  • Penelitian yang diselenggarakan mengambil kawasan atau di dalam laboratorium ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial

b. Penelitian kepustakaan library research
  • Penelitian yang diselenggarakan di perpustakaan menyerupai analisis isi buku mengkaji teori teori membangun Construct Construct dan sebagainya. Di masa kini ini wilayah penelitian kepustakaan disamping mengambil kawasan di ruang perpustakaan tetapi telah merambah pula ke situs-situs di dunia maya yang melalui internet semua data yang diharapkan terbaru dan lengkap sanggup diperoleh oleh peneliti yang membutuhkan.

c. Penelitian lapangan atau Kancah atau Medan 
  • Penelitian yang dilakukan di lapangan untuk mencari data empiris atau fakta yang di desain paradigma penelitian atau konstelasi masalahnya telah disiapkan sebelumnya oleh peneliti
4. Penelitian ditinjau dari dasar cara dan cara penyelesaian problem (wasito, 1993 : 10) atau hadirnya variabel (arikunto 1991 : 10) atau kedalaman analisis.

a. Penelitian deskriptif
  • Penelitian yang diselenggarakan terbatas pada perjuangan mengungkapkan suatu problem dan keadaan sebagaimana adanya sehingga hanya mengungkapkan fakta saja. Penelitian ini dilakukan dengan menjelaskan menggambarkan variabel masa kemudian dan kini to Describe = menggambarkan atau membeberkan.
  • Makalah kertas kerja baper pada aktivitas Pendidikan dan Pelatihan atau kiprah final pada akademi tinggi jenjang agenda Diploma 3 yaitu merupakan hasil penelitian deskriptif. Metode analisis pada umumnya cukup memakai statistika deskriptif.
b. Penelitian eksperimen

  • Penelitian yang diselenggarakan terhadap variabel yang akan datang. Variabel yang akan tiba lantaran variabel dimaksud belum terjadi oleh lantaran itu sengaja didatangkan atau diadakan oleh peneliti dalam bentuk suatu perlakuan treatment. Pada akademi tinggi untuk disertai agenda Doktor wajib dengan penelitian eksperimen ini.
  • Sedangkan bagi agenda sarjana dan magister cukup dengan penelitian non eksperimen.
  • Sedangkan bagi agenda sarjana dan magister cukup dengan penelitian non eksperimen. Metode analisis yang dipakai untuk jenjang S1 dan S2 ini pada umumnya memakai statistika induktif atau inferensial.
5. Penelitian ditinjau dari dasar dan tujuan nya (wasito, 1993 : 11) (Arikunto, 1991:7 dan B.Prasetyo, 2011:43)

a. Penelitian penjajakan atau eksploratif

  • Penelitian untuk menemukan problem masalah gres atau menggali secara luas wacana sebab-sebab atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu
b. Penelitian pengujian atau verifikatif

  • Penelitian Untuk menguji kebenaran atau pengetahuan tertentu atau hasil penelitian yang telah dilakukan terdahulu.
c. Penelitian pengembangan atau development

  • Penelitian wacana hasil yang telah ada. Dilakukan untuk mencoba meningkatkan mutu sesuatu dimulai dalam skala kecil dan Jika ternyata memperlihatkan hasil yang lebih baik kemudian dikenakan dalam skala yang lebih luas. Perusahaan swasta memakai unit riset and development., Lembaga pemerintah dengan unit penelitian dan pengembangan nya atau Litbang
d. Penelitian eksplanatif.

  • Penelitian yang diselenggarakan untuk menemukan klarifikasi wacana Mengapa suatu kejadian atau tanda-tanda terjadi. Hasil final dari penelitian ini yaitu citra mengenai kekerabatan alasannya yaitu akibat. (B Prasetyo, 2011:43)
6. Penelitian ditinjau dari pendekatan.

a. Penelitian pendekatan bujur longitudinal
  • Penelitian terhadap sesuatu tanda-tanda yang dilakukan mengikuti proses perubahan tertentu semenjak dari awal hingga final dilakukan. Penelitian ini memakai subjek penelitian yang sama pada setiap tahap proses.
b. Penelitian pendekatan silang cross sectional
  • Penelitian yang memakai pendekatan yang berlawanan dengan pendekatan bujur. Penelitian ini dilakukan terhadap suatu tanda-tanda yang dilakukan secara bersamaan waktunya terhadap suatu proses perubahan tertentu dengan subjek penelitian yang berbeda pada setiap proses.
7. Penelitian ditinjau dari metode penelitiannya.

a. Penelitian kualitatif
  • Penelitian ini di akademi tinggi dikenal macam-macamnya yaitu penelitian kualitatif atau umum penelitian naturalistik Penelitian Dasar atau grounded research action research penelitian teoritik atau kepustakaan penelitian historis dan konten analisis.
b. Penelitian kuantitatif
  • Klitian ini pada umumnya dikenal macam-macamnya yaitu survei eksperimen dan ekspos facto.
c. Penelitian lain di luar abjad a dan b diatas asalkan mengacu kepada epistemologi keilmuan.

C. PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DENGAN PENELITIAN KUALITATIF


Penelitian kuantitatif berbeda dengan penelitian kualitatif dalam beberapa hal sebagai berikut :

1. Proses

a. Penelitian kuantitatif
  • Teori awal problem deduksi kebijaksanaan hipotesis tes eksperimen observasi atau data induksi interpretasi generalisasi empiris hasil induksi dan memecahkan masalah.
b. Penelitian kualitatif
  • Observasi atau data awal induksi interpretasi generalisasi empiris hasil induksi memecahkan masalah
2. Instrumen

a. Penelitian kuantitatif
  • Soal tes kuesioner checklist angket pemikiran wawancara dan sebagainya.
b. Penelitian kualitatif
  • Diri peneliti sendiri dibantu catatan kamera dan tape recorder.
3. Cara berfikir

a. Penelitian kuantitatif
  • Deduktif teori hipotesis observasi dan konfirmasi
b. Penelitian kualitatif
  • Induktif observasi contoh hipotesis sementara dan teori.


D. FUNGSI PENELITIAN


Fungsi Penelitian yaitu mencarikan klarifikasi dan tanggapan terhadap permasalahan serta menawarkan alternatif bagi kemungkinan yang sanggup dipakai untuk pemecahan masalah.
Fungsi dimaksud terdiri dari fungsi-fungsi :

1. Penjajakan eksploratif
  • Penelitian berfungsi dalam menemukan sesuatu yang belum ada
2. Pengujian verifikatif
  • Penelitian berfungsi untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan yang sudah ada.
3. Pengembangan developmental
  • Penelitian berfungsi berbagi pengetahuan yang sudah ada.

E. PERSYARATAN PENELITIAN DAN SYARAT PENELITI


1. Persyaratan penelitian

a. Sistematis
  • Penelitian dilaksanakan berdasarkan contoh tertentu dari yang paling sederhana hingga Kompleks sehingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
b. Berencana
  • Penelitian dilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.
c. Mengikuti konsep ilmiah
  • Penelitian mulai awal hingga final aktivitas penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan yaitu prinsip memperoleh ilmu pengetahuan.
2. Syarat peneliti

a. Berpikir skeptis analitis kritis dan logis
b. Bersikap kompeten memakai metode penelitian dan teknik analisis tertentu objektif jujur faktual dan terbuka.

F. LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN


Langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian berdasarkan (Arikunto, 1991 dan T.S Nasihudin )dan (Nanang Gozali 2012) sanggup terdiri dari 13 langkah yang secara administratif menitikberatkan kepada 3 kelompok aktivitas yaitu sebagai berikut :

1. Pembuatan rancangan penelitian

a. Memilih masalah
b. Studi pendahuluan
c. Merumuskan masalah
d. Merumuskan anggaran dasar
e. Merumuskan hipotesis
f. Memilih pendekatan
g. Menentukan variabel
h. Menentukan sumber data

2. Pelaksanaan penelitian

a. Menentukan dan menyusun instrumen
b. Mengumpulkan data
c. Analisis data
d. Menarik kesimpulan

3. Pembuatan laporan penelitian

Dengan aktivitas tunggal menulis laporan hasil penelitian.

Ke-13 langkah-langkah penelitian di atas akan dijelaskan di dalam bab-bab berikut.




Sumber https://www.infomanfaat.club/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel