Ternyata Sangat Gampang Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google

Cara mengetahui posisi artikel di mesin pencarian google sebenernya sangatlah gampang yaitu dengan cara manual atau menggunakan sebuah aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para blogger pemula. Mengetahui ranking sebuah keyword di dalam mesin pencarian google sangatlah penting. Karena dengan masuknya keyword atau kata kunci yang kita bidik atau sasaran masuk halaman pertama google akan berdampak naiknya visitor di blog kita.

Maka dari itu sebelum menciptakan sebuah artikel kita dianjurkan untuk mengetahui pesaing yang membidik kata kunci itu. Jika anda ingin berhasil masuk halaman pertama atau bahasa lainnya page one maka lakukanlah riset kata kunci terlebih dahulu biar artikel anda bisa masuk halaman pertama google.
Cara mengetahui posisi artikel di mesin pencarian google Ternyata Sangat Praktis Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google

Bagi anda yang tidak mempunyai modal lebih bisa menggunakan tools riset kata kunci gratisan yang sangat rekomended dari para blogger yaitu web besutan Neil Patel yang berjulukan Ubersuggest. Tool ini sangat effectif untuk mencari persaingan keywoard yang akan kita bidik dan menampilkan juga volume pencarian dalam satu bulan.
Selain menampilkan persaingan yang akurat tool ini juga menawarkan keyword turunan yang bisa anda pakai untuk memperkaya keyword utama didalam menciptakan artikel. Saya selalu menggunakan tool ubersugest untuk mencari pesaing keyword dan saya padukan dengan tools besutan mbah google yaitu Google Planner.

Jangan hingga anda menulis artikel tapi tidak ada peminatnya biar tidak sia - sia dalam menulis kalau tujuan anda mendatangkan visitor. Selain mencari kata kunci yang banyak peminatnya anda juga harus bisa menyajikan artikel yang mempunyai manfaat dari kata kunci yang anda bidik.

Setelah melaksanakan riset kata kunci, menciptakan konten yang bermanfaat, mempublish atau menerbitkan artikel didalam blog maka langkah selanjutnya yaitu mengecek apakah keyword yang anda bidik tadi menempati posisi ranking ke berapa didalam mesin pencarian google. Langkah ini sangat penting sekali untuk menganalisa kata kunci yang yang kita bidik apakah bisa bersaing dengan blog yang sama.

Cara mengetahuinya ada banyak cara yaitu bisa menggunakan cara gratisan atau menggunakan tools yang berbayar. 


1. Cara Pertama Menggunakan Browser Google Chrome


Saya biasanya menggunakan cara gratisan dengan menggunakan browser google crome, apakah cara ini akurat untuk menentukan ranking?tentunya cara ini sangat akurat sekali. Tapi perlu anda tau ya setiap browser mempunyai history pencarian yang tersimpan didalam memori komputer bila anda eksklusif mengetikkan kata kuncinya maka artikel anda akan masuk page one.

Supaya hasil pencarian akurat maka anda perlu melaksanakan pencucian history penelusuran terlebih dahulu di google crome. Cuma berdasarkan saya cara ini kurang effektif, kenapa bisa gitu? ya kadang-kadang kita masih butuh yang namanya history penelusuran, Terus bagaimana biar tidak menghapus history di google crome?

Cara cek keakuratan posisi artikel anda dimesin pencari google dengan google crome tanpa harus menghapus history penelusuran bantu-membantu sangatlah gampang yaitu :


  • Anda harus masuk ke akun google chrome yang ada di pojok kanan atas, itu kan ada profil anda atau hanya gambar profil kosong, ketemu kan? terus anda klik maka akan tampil pilihan sajian ibarat gambar dibawah ini.

  • Silahkan pilih Open Guest Window atau log in sebagai tamu maka akan terbuka window google chrome baru, dan tentunya window gres ini bebas dari history penelusuran dalam bentuk apapun.
  • Silahkan ketikkan kata kunci atau keyword yang anda bidik dan cari secara manual masuk ke peringkat berapa di dalam mesin pencarian google.

2. Cara Kedua yaitu menggunakan Tools gratisan.


Sebagai seorang blogger tentunya harus mengetahui tools tools yang digunakan untuk optimisasi sebuah blog atau web, salah satu tool yang anda harus ketahui yaitu tools Smallseo Tools. Anda bisa mengunjunginya di url https://smallseotools.com tools ini mempunyai banyak fungsi yang bisa kita manfaatkan secara gratis.

Salah satu fungsi yang sering digunakan oleh para blogger yaitu untuk mengecek duplikat konten atau plagiat konten walaupun tidak 100% akurat paling gak kita bisa menghindari plagiat konten. Bagi seorang blogger harus bisa menghasilkan artikel dengan bahasa dan gaya sendiri biar tidak kena pinalti google walaupun pada pada dasarnya yang dibahas yaitu sama.

Cara menggunakan smallseo tools sangat gampang sekali kita hanya perlu menentukan salah satu tools yang akan digunakan, sebab kita akan menggunakan tool yang berfungsi untuk melihat ranking artikel atau keyword di blog kita, maka tool yang digunakan yaitu Keyword Position atau klik url https://smallseotools.com/keyword-position/

Cara mengetahui posisi artikel di mesin pencarian google Ternyata Sangat Praktis Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google

Setelah terbuka halamannya silahkan masukkan keyword maksimal 10 keyword dalam sekali ngecek dan klik Check Position tunggu proses hingga muncul daftar tabel keyword dan ranking keyword di google search.

Cara mengetahui posisi artikel di mesin pencarian google Ternyata Sangat Praktis Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google

Untuk memastikan bener atau tidaknya ranking yang ditunjukkan oleh tools smallseotools bisa di search di mesin pencari google secara langsung. Menurut pengalaman saya untuk posisi ranking tidak sesuai dengan apa yang di tunjukkan oleh tools ini.

Tetapi ranking yang ditunjukkan berkisar diantara nilai ranking yang ditampilkan tools tersebut, bisa rankingnya lebih besar atau lebih kecil pokoknya gak jauh jauh dari nilai yang ditampilkan smallseo tools.

Dari study case keyword yang saya cek yaitu " Setting ukuran kertas surat jalan " didalam tools memperlihatkan ranking 5 tetapi dalam page one google memperlihatkan ranking 7 selisih 2 baris saja. Kaprikornus kesimpulan dari menggunakan small seo tools tidak akurat 100% tetapi mendekati ranking yang ditampilkan.

3. Cara Ketiga Menggunakan Aplikasi Android SERPMojo.


Bagi blogger kawakan tentunya sudah tau aplikasi android yang satu ini kan?kalau sudah silahkan dilanjut kalau mau masih pakai saya sendiri juga masih pakai aplikasi tersebut. Sedangkan bagi blogger pemula yang gres terjun ke dunia blogger pastinya belum tau aplikasi SERPmojo. Yang belum memilikinya silahkan didownload terlebih dahulu di google play.

SERPMojo ini ada 2 versi yaitu versi gratis dan versi berbayar atau premium, bagi anda yang mempunyai dana bisa gunakan yang premium sebab lebih lengkap. Akan tetapi saya sarankan yang gres terjun ke dunia blogging gunakan aja yang versi gratis.

SERPMojo berdasarkan pengalaman saya sangat akurat untuk menentukan ranking di mesin pencarian google jadi anda tidak perlu menggunakan tools2 lain.

Cara menggunakan tools SERPMojo sangatlah gampang sekali berikut langkah langkahnya :



  • Instal terlebih dahulu SERPMOJO di hp android anda.
  • Buka aplikasinya dan tambahkan URL blog anda lewat tanda plus (+)
  • Pilih lokasi anda tinggal, sebab kita diindonesia maka pilih indonesia.
  • Masukkan keyword atau kata kunci dengan menekan tanda plus (+).
  • Setelah keyword dimasukkan semua silahkan klik simpan di pojok kanan atas.
  • Tunggu proses pengecekan posisi ranking disetiap keyword hingga selesai.
Cara mengetahui posisi artikel di mesin pencarian google Ternyata Sangat Praktis Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google

  • Ranking akan ditampilkan beserta grafiknya bila salah satu keyword anda klik
  • Lihat perubahan ranking keywords anda digoogle secara real time.
Cara mengetahui posisi artikel di mesin pencarian google Ternyata Sangat Praktis Mengetahui Ranking Artikel Di Pencarian Google


Demikanlah 3 cara yang bisa saya jabarkan wacana bagaiaman cara mengetahui posisi ranking artikel kita di mesin pencarian google. Sebagai blogger pemula tentunya mengetahui ranking sangatlah penting sebab bisa digunakan sebagai pola keberhasilan dalam berguru SEO.

Sebenernya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ranking web di mesin pencari google dan bisa anda cari di google, cuma yang biasa saya pakai yaitu ketiga cara diatas dan alhamdulliah hingga dikala ini masih akurat.



Sumber https://www.infomanfaat.club/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel