Cara Mengatasi Dan Mengusir “Drakula” Kecil Musuh Rambut

Kutu kepala merupakan benalu pengisap darah yang biasanya hidup di bab kepala khususnya pada area rambut.

Kutu kepala merupakan benalu pengisap darah yang biasanya hidup di bab kepala khususny Cara Mengatasi dan Mengusir “Drakula” Kecil Musuh Rambut


Setelah menetas larva kutu berukuran sangat kecil, mendapat masakan dengan cara menghisap darah melalui lubang kecil pada kulit kepala manusia.

Kutu rambut tidak sanggup terbang atau juga meloncat ibarat serangga pada umumnya. Uniknya kutu rambut berkamuflase ibarat bunglon sehabis berada di kepala yang baru, reseptor pada tubuhnya akan menyesuaikan warna tubuhnya dengan warna rambut orang tersebut untuk bersembunyi.
Kutu rambut bisa hidup dan menyebar di rambut insan saja, tidak sanggup menular pada bulu hewan.

Gejala pertama bila terjangkit kutu rambut ialah munculnya rasa gatal pada area kepala, terutama pada bab leher dan belakang telinga. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh atas air liur yang dikeluarkan oleh kutu tersebut.

Tidak ada upaya pencegahan yang sangat efektif untuk kutu rambut ini.
Jika anda sudah tertular kutu, tak ada cara lain selain membunuh dan menutup ruang gerak dan produksinya dengan cara perawatan rambut secara benar.

Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut.
Penularan kutu rambut cenderung lebih sering terjadi di dalam keluarga atau di kalangan pertemanan belum dewasa sebaya yang aktif berinteraksi dan melaksanakan kontak fisik.

Mendeteksi keberadaan dan Mengobati kutu rambut
Karena secara faktual keberadaan kutu rambut sulit terlihat, paling efektif dengan memakai sisir serit. Sisir serit merupakan sisir khusus terbuat dari plastik, kayu dan besi ini bermanfaat menjaring atau menangkap kutu rambut sekaligus telur kutu alasannya kerapatan gigi-gigi yang berjarak rapat, sekitar 0,2 -0,3 mm.

Sebelum mengobati kutu rambut dengan memakai obat-obatan, sebaiknya lakukan penanganan dengan cara sederhana terlebih dahulu yaitu dengan memakai sisir serit. Metode penyisiran ini efektif dipakai dengan cara basah. Ulangi penyisiran pada hari kelima, kesembilan, ketiga belas, dan ketujuh belas.

Ada dua cara memakai sisir serit, yaitu dengan cara berair dan kering. 
Dengan cara basah:

  • Cuci rambut terlebih dahulu dengan sampo.
  • Gunakan kondisioner untuk melembutkan rambut.
  • Sisir rambut dengan sisir biasa untuk memastikan tidak ada rambut yang kusut semoga tidak menghalangi pergerakan sisir serit.
  • Gunakan sisir serit perlahan-lahan dari kulit kepala, kemudian tarik sisir sampai ke ujung rambut.
  • Periksalah sisir serit apakah terdapat kutu atau telur kutu pada permukaan sisir atau yang terselip di antara gigi-gigi sisir.
  • Ulangi cara ini sampai seluruh rambut tersisir secara merata.


Dengan cara kering:
Penggunaan sisir serit dengan cara kering serupa dengan cara basah. Bedanya rambut tidak perlu dikeramas dengan sampo atau dilembutkan terlebih dahulu dengan kondisioner.

Namun cara pertama dianggap lebih efektif dikarenakan kutu kesulitan bergerak bila kondisi rambut dalam keadaan basah.

Jika pencucian memakai sisir rambut belum berhasil, cobalah untuk memakai obat anti benalu yang dijual bebas di apotek (misal :  peditox).

Obat kutu rambut memiliki komposisi permethrin, benzyl alcohol, ivermectin, atau malathion. Anti benalu ini tidak sanggup eksklusif membunuh telur kutu. Oleh karenanya, diharapkan setidaknya dua kali pemakaian untuk memastikan kutu benar-benar mati sampai ke telurnya.

Efek samping obat ini tergolong ringan, yaitu rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala. Ikutilah petunjuk penggunaan permethrin yang tertera pada kemasan obat.

Pemeriksaan ke dokter hanya dianjurkan bila obat kutu rambut yang Anda beli eksklusif di apotek tidak memperlihatkan hasilnya. Kemungkinan dokter akan meresepkan obat seperti:

Malathion. Obat anti benalu berbentuk sampo mempunyai kandungan alkohol tinggi dan dianjurkan untuk berusia diatas  6 tahun. Karena kandungan alkoholnya yang tinggi, maka dihentikan menggunakannya bersamaan dengan catokan rambut atau bersahabat dengan api. Untuk petunjuk penggunaan malathion, ikuti saran dokter atau baca warta yang tercantum dikemasan obat.

Benzyl alcohol. Obat ini membunuh benalu dengan cara memutus pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh kutu rambut. Dilarang untuk memperlihatkan benzyl alcohol pada anak usia di bawah enam bulan.

Efek samping yang terjadi sehabis penggunaan obat ini ialah gatal dan merah pada kulit kepala.

Lindane. Obat anti benalu ini bersama-sama masuk ke dalam kategori obat keras dan dihentikan dipakai oleh mereka yang mempunyai riwayat kejang-kejang, positif HIV, ibuhamil, dan mempunyai berat tubuh di bawah 50 kilogram. Lindane untuk kutu rambut tersedia dalam bentuk sampo.
Mencegah kutu rambut

Lantas, ada beberapa tips pencegahan kutu rambut yang bisa diterapkan kepada diri sendiri, anak, atau keluarga, antara lain:

  • Hindari kontak eksklusif ( kepala dengan kepala) dikala melaksanakan acara di dalam rumah atau di luar rumah.
  • Rutin menilik keberadaan kutu rambut dengan memakai sisir serit.
  • Menjaga jarak dengan penderita kutu rambut dan bila perlu hindari kontak dengannya untuk sementara waktu.
  • Jangan menyebarkan barang-barang pribadi ibarat sisir rambut, topi, bantal, selimut, pakaian untuk mencegah penularan kutu rambut.

Referensi :
Merdeka.com – 8 Hal yang tidak kau ketahui ihwal kutu rambut
https://www.alodokter.com/
Cara Mengatasi Kutu Rambut
https://www.alodokter.com/
Kutu Rambut


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel