Kebiasaan Jelek Pemicu Penyakit Skin Aging Dan Cara Efektif Mengatasinya

Apa yang dinamakan penuaan dini (skin aging)?

Penuaan (Aging) ialah hasil akumulasi dari perubahan organisme atau objek lantaran waktu.
Sedangkan penuaan dini atau penuaan kulit ialah saat anda terlihat lebih bau tanah dari usia anda yang seharusnya.

Wajarkah mengalami penuaan dini?

Kulit sangat rentan terhadap bermacam-macam faktor seiring bertambahnya usia, menyerupai radiasi sinar matahari, perubahan iklim dan polusi serta radikal bebas.

Penuaan kulit ialah proses yang alami. Artinya, dimana fase setiap individu akan mengalaminya . Sekalipun merupakan proses yang niscaya terjadi, penuaan dini sanggup dicegah atau diperlambat dengan mengurangi faktor penyebab terutama perempuan lantaran rentan penuaan dini.
Apa saja tanda penuaan dini (skin aging)?

Muncul bercak hitam (flek), garis halus(laughter lines), kehilangan elastisitas(kulit kendur), pori – pori membesar, kulit menjadi kasar, kantong mata turun dan perubahan warna kulit.

Faktor penyebab penuaan dini

Ada 2 jenis penuaan dini :

  • Penuaan Intrinsik
  • Penuaan Ekstrinsik

Penuaan intrinsik ialah perubahan yang terjadi pada kulit lantaran dampak gen menyerupai kulit anda semakin menipis dan kering seiring bertambahnya usia.

Penuaan ekstrinsik ialah faktor yang berasal dari luar badan atau lingkungan. Ditandai dengan adanya kerutan dan flek pada kulit menyerupai paparan sinar matahari dan polusi, stres, kurang tidur, minuman beralkohol, pola makan, gravitasi, pergerakan wajah, obesitas, hingga posisi tidur.

Kebiasaan apa saja yang sanggup dilakukan untuk mencegah penuaan dini (skin aging)?
1. Lindungi kulit dari sinar matahari setiap hari
Tidak ada salahnya menggunakan tabir surya dengan broad-spectrum, SPF 30 saat beraktivitas diluar ruangan. disarankan untuk memakainya  pada pukul 11.00 hingga 15.00, baik pada cuaca panas atau mendung.

Walaupun sudah menggunakan tabir surya tetap saja cari daerah teduh, gunakan topi, payung, beling mata hitam anti sinar UV atau pakaian yang longgar yang tertutup.

2. Kurang tidur
Kualitas tidur jelek tidak hanya berdampak jelek bagi kesehatan, namun mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Seseorang yang mempunyai gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan area kulit, sallah satunya penuaan dini. Kurang tidur sanggup mengurangi penampilan seseorang lantaran wajah terlihat kurang fresh.

3. Berhenti merokok
Zat kimia dan nikotin yang terkandung dalam rokok berperan dalam meningkatnya jumlah radikal bebas pada kulit. Perokok lebih cepat mengalami penuaan dini disebabkan kerusakan jaringan badan oleh zat-zat beracun rokok yang menghambat sirkulasi darah di area wajah. Hal ini berakibat mempercepat timbulnya keriput serta rona wajah menjadi kusam.

4. Hindari mulut wajah berulang
Ketika membentuk mulut wajah, otot di bawah wajah berkontraksi. Jika otot yang sama berkontraksi berulang, garis yang tercipta akan menjadi kerutan permanen.

5. Pola makan yang seimbang
Menurut Keith-Thomas Ayoob, jago gizi dari New York menyampaikan “Gizi yang jelek akan membuatmu tampak lebih bau tanah bagimu, dan semua kalori itu (lemak jenuh dan kuliner tinggi gula) juga tidak bermanfaat”.

Menurut Rebecca Lewis, jago nutrisi dari HelloFresh, "Konsumsi lemak jenuh berlebihan, terutama saat dikombinasikan dengan kuliner tinggi gula, akan berkontribusi pada peradangan”.
Pola makan turut memengaruhi kondisi kulit anda, jenis kuliner yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan sanggup mempercepat proses penuaan.

Makanan dengan kandungan gizi yang jelek mekanismenya ialah dengan mengakibatkan peradangan kronis pada tubuh, pola lemak trans yang terkandung dalam makanan.

Beberapa pola kuliner yang memicu penuaan dini ialah karbohidrat olahan (misalnya roti dan pasta), kuliner yang terlalu manis. Kedua jenis kuliner jikalau dikonsumsi berlebihan sanggup merusak kolagen kulit.

Jenis kuliner serupa yang sebaiknya dibatasi ialah gorengan,  kuliner cepat saji dan lemak daging. Disarankan mengonsumsi kuliner kaya antioksidan menyerupai yang terkandung pada buah anggur, varietas buah beri, brokoli, wortel, teh hijau, kacang – kacangan dan biji-bijian utuh.

6. Hindari konsumsi alkohol
Alkohol juga sanggup menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C, di dalam tubuh. Ketiga vitamin tersebut merupakan antioksidan yang penting untuk regenerasi sel baru.
Sehingga menciptakan kulit menjadi dehidrasi. Hal ini sanggup menciptakan Anda terlihat lebih tua.

Referensi :
Wikipedia - penuaan
Lima Kebiasaan yang Memicu Penuaan Dini Kulit – Alodokter
Hellosehat.com – bagaimana penuaan kulit sanggup terjadi?
Hati-hati, Ini 7 Tanda Penuaan Dini yang Perlu Kamu Waspadai - Popbela.com
Kompas.com 10 Makanan yang Mempercepat Penuaan


Sumber https://www.brosehat.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel