Apa Fungsi Analisis Kalsifikasi Pertumbuhan Sektor Dan Jelaskan Pengertian Sektor Basis Dan Sektor Non Basis?

Klasifikasi Pertumbuhan Sektor
Analisis ini diharapkan untuk mengidentifikasi posisi perekonomian suatu kawasan dengan mengacu pada perekonomian kawasan yang lebih tinggi. Hasil analisis akan mengatakan posisi sektor dalam PDRB yang diklasifikasikan atas sektor maju dan tumbuh pesat, sektor potensial atau masih sanggup berkembang, sektor relative tertinggal, dan sektor maju tapi tertekan. Berdasarkan pembagian terstruktur mengenai ini sanggup dijadikan dasar bagi penentuan kebijakan pembangunan atas posisi perekonomian yang dimiliki terhadap perekonomian kawasan yang menjadi referensi.
 
 Sektor Basis dan Non basis
Kegiatan ekonomi wilayah menurut teori ekonomi basis diklasifikasikan ke dalam dua sektor, yakni sektor basis dan non basis. Analisis ini diharapkan untuk mengidentifikasi acara ekonomi kawasan yang bersifat ekspor dan non ekspor dan mengetahui laju pertumbuhan sektor basis dari tahun ke tahun. Pertumbuhan beberapa sektor basis akan memilih pembangunan kawasan secara keseluruhan, sementara sektor non basis hanya merupakan konsekuensi-konsekuensi dari pembangunan daerah. Barang dan jasa dari sektor basis yang di ekspor akan menghasilkan pendapatan bagi daerah, serta meningkatkan konsumsi dan investasi. Peningkatan pendapatan tidak hanya mengakibatkan kenaikan seruan terhadap sektor basis, tetapi juga akan meningkatkan seruan terhadap sektor non basis yang berarti juga mendorong kenaikan investasi sektor non basis.

Perubahan dan Pergeseran Sektor
Analisis ini dibutuhkan untuk mengetahui perubahan dan pergeseran sektor pada perekonomian suatu daerah. Hasil analisis akan menggambarkan kinerja sector-sektor dalam PDRB suatu kawasan dibandingkan wilayah referensi. Apabila penyimpangan positif, maka dikatakan suatu sektor dalam PDRB mempunyai keunggulan kompetitif atau sebaliknya. Pembangunan yang dilaksanakan diharapkan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi. 

Pembangunan yang berorientasi pada pencapaian sasaran sektoral
keberhasilannya sanggup dilihat dari bantuan sektor terhadap pembentukan PDRB dari tahun ke tahun. Pertumbuhan faktual mengatakan adanya peningkatan perekonomian dan apabila negatif berarti terjadinya penurunan dalam acara perekonomian. Pertumbuhan perekonomian menjadikan terjadinya perubahan perkembangan pembangunan suatu daerah. Perencanaan pembangunan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya sanggup dicapai dengan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi itu sendiri sanggup meningkat, kalau ada satu atau beberapa sector ekonomi yang berkembang lebih cepat dari pada sektor-sektor lain. Dengan demikian, sektor yang mempunyai perkembangan lebih cepat dari sektor lain akan menjadi suatu sektor unggulan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel