Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan





Anda mungkin sudah tak gila lagi dengan satu buah berbentuk unik dengan warna daging merah atau putih ini. Yaa... Itulah Buah naga.
Beberapa tahun terakhir, buah naga menjadi sangat terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis, menciptakan semua orang menyukainya.
Buah naga juga kondusif untuk dikonsumsi oleh bayi dan ibu hamil. Bila Anda sudah terbiasa mengonsumsinya, silakan teruskan kebiasaan Anda tersebut.
Buah naga ini orisinil dari Amerika Tengah, namun juga berkembang dan diekspor dari beberapa negara Asia Tenggara, menyerupai Thailand dan Vietnam. Hylocereus undatus, bahasa latin dari buah naga, merupakan buah dengan rendah kalori namun menunjukkan berbagai nutrisi termasuk vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Buah naga rendah kalori, sebanding dengan buah kiwi, mengandung sekitar 50 kalori per 100 g. Meskipun demikian, ia menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.
Biji naga hitam yang renyah mengandung senyawa phytochemical antioksidan fitokimia. Phytoalbumin berpikir untuk memperbaiki nafsu makan, bekerja sebagai pencahar, dan manis untuk kesehatan kulit dan rambut.
Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan yang direkomendasikan setiap hari). Konsumsi masakan kaya vitamin C membantu tubuh menyebarkan ketahanan untuk melawan biro infeksius dan mengais radikal bebas berbahaya.
Tipe daging merah buah mengandung kadar vitamin-A yang sangat sehat, dan karoten. Bersama; Senyawa ini telah diketahui mempunyai sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin-A juga diharapkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan karoten diketahui sanggup melindungi dari kanker rongga lisan dan rongga mulut.
Buah naga juga mengandung mineral dalam jumlah baik menyerupai fosfor, mangan, besi, dan magnesium. Mangan yang dipakai oleh tubuh insan sebagai co-factor untuk antioksidan berpengaruh enzim, superoksida dismutase. Magnesium yaitu mineral penguat tulang yang penting menyerupai kalsium.

Buah naga akan mengatakan banyak manfaat untuk kesehatan Anda, di antaranya adalah:

1.Mencegah kanker
Kandungan karoten dalam buah naga sanggup melindungi Anda dari ancaman zat karsinogenik. Selain itu, karoten juga sanggup mengecilkan ukuran tumor. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, disebutkan bahwa buah naga sanggup menurunkan risiko terjadinya kanker prostat.

2.Mengatasi jerawat
Kandungan antioksidan di dalam buah naga akan membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Haluskan potongan buah naga. Lalu oleskan pada kepingan wajah Anda yang terdapat jerawat. Diamkan selama beberapa saat. Kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal tersebut dua kali sehari.

3.Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan di dalam buah naga juga sanggup menangkal radikal bebas penyebab penuaan, dan sanggup menciptakan kulit Anda tetap kencang. Anda sanggup mencampurkan buah naga dengan madu, untuk membuatnya sebagai masker wajah.

4.Melancarkan pencernaan
Serat yang tinggi dalam buah naga, sanggup meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, Anda sanggup terbebas dari konstipasi.

5.Menjaga kesehatan jantung
Di dalam buah naga, juga terkandung lemak tak jenuh yang sanggup menjaga kesehatan jantung Anda. Bukan hanya itu, buah naga juga sanggup menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, yang sanggup menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.


6.Mampu mencegah diabetes
Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus alasannya sanggup membvnuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh contoh hidup dan contoh makan yang tidak sehat. Buah naga juga kondusif bagi penderita diabetes alasannya kadar gulanya yang sangat kecil.

7.Mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung
Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung menyerupai serangan jantung mendadak alasannya biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang sanggup membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

8.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat buah naga untuk sistem kekebalan tubuh merupakan imbas samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula.

9.Meningkatkan nafsu makan
Vitamin B1 dan B2 yang ada pada buah naga akan menciptakan nafsu makan menjadi meningkat kalau rutin mengkonsumsi buah naga terutama untuk belum dewasa yang biasanya susah makan. Memang bertolak belakang dengan manfaat buah naga untuk diet, namun bagi Anda yang diet, cukup dengan mengganti masakan sehari-hari dengan buah naga yang juga mengenyangkan tanpa takut tubuh melar.

10.Membantu duduk perkara pencernaan
Untuk membersihkan pencernaan Anda, makanlah buah naga. Kandungan fiber atau serat yang tinggi sanggup membantu pencernaan dan mengobati konstipasi atau sembelit. Dengan memakan dagingnya yang juga mengandung protein baik, sanggup menciptakan tubuh Anda sehat dan segar.

Semoga bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel