Jelaskan Direct Memory Access (Dma) Dan Perangkat External ?

Direct Memory Access (DMA)

Teknik yang dijelaskan sebelumnya yaitu I/O terprogram dan Interrupt-Driven I/O mempunyai kelemahan, yaitu proses yang terjadi pada modul I/O masih melibatkan CPU secara langsung. Hal ini berimplikasi pada :
• Kelajuan transfer I/O yang tergantung pada kecepatan operasi CPU.
• Kerja CPU terganggu alasannya ialah adanya interupsi secara langsung.
Bertolak dari kelemahan di atas, apalagi untuk menangani transfer data bervolume besar dikembangkan teknik yang lebih baik, dikenal dengan Direct Memory Access (DMA). Blok diagram modul DMA terlihat pada gambar  berikut :


 Teknik yang dijelaskan sebelumnya yaitu I Jelaskan Direct Memory Access (DMA) dan Perangkat External ?

Prinsip kerja DMA ialah CPU akan mendelegasikan kerja I/O kepada DMA, CPU hanya akan terlibat pada awal proses untuk memperlihatkan aba-aba lengkap pada DMA dan final proses saja. Dengan demikian CPU sanggup menjalankan proses lainnya tanpa banyak terganggu dengan interupsi.
Dalam melaksanakan transfer data secara mandiri, DMA memerlukan pengambilalihan kontrol bus dari CPU. Untuk itu DMA akan memakai bus kalau CPU tidak menggunakannya atau DMA memaksa CPU untuk menghentikan sementara penggunaan bus. Teknik terakhir lebih umum digunakan, sering disebut cycle-stealing, alasannya ialah modul DMA mengambil alih siklus bus. Penghentian sementara penggunaan bus bukanlah bentuk interupsi, melainkan hanyalah penghentian proses sesaat yang berimplikasi hanya pada kelambatan sanksi CPU saja.

Perangkat External

Mesin komputer akan mempunyai nilai apabila sanggup berinteraksi dengan dunia luar. Lebih dari itu, komputer tidak akan berfungsi apabila tidak sanggup berinteraksi dengan dunia luar. Ambil teladan saja, bagaimana kita sanggup menginstruksikan CPU untuk melaksanakan suatu operasi apabila tidak ada keyboard. Bagaimana kita melihat hasil kerja sistem komputer apabilabila tidak ada monitor. Keyboard dan monitor tergolang dalam perangkat eksternal komputer. Perangkat eksternal atau lebih umum disebut peripheral tersambung dalam sistem CPU melalui perangat pengendalinya, yaitu modul I/O menyerupai telah dijelaskan sebelumnya. Secara umum perangkat eksternal diklasifikasikan menjadi 3 katagori:
  • Human Readable, yaitu perangkat yang berafiliasi dengan insan sebagai pengguna komputer. Contohnya: monitor, keyboard, mouse, printer, joystick, disk drive.
  • Machine readable, yaitu perangkat yang berafiliasi dengan peralatan. Biasanya berupa modul sensor dan tranduser untuk monitoring dan kontrol suatu peralatan atau sistem.
  • Communication, yatu perangkat yang berafiliasi dengan komunikasi jarak jauh. Misalnya: NIC dan modem.

Pengklasifikasian juga sanggup menurut arah datanya, yaitu perangkat output, perangkat input dan kombinasi output-input. Contoh perangkat output: monitor, proyektor dan printer. Perangkat input contohnya : keyboard, mouse, joystick, scanner, mark reader, kafe code reader.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel