Contoh Kalimat Paragraf Alasannya Yaitu Akhir 1 Dan Akhir 2 Berantai

Dalam kaidah bahasa Indonesia pembuatan sebuah paragraf tentu saja harus mempunyai pokok wangsit dan juga mempunyai kalimat penjelas yang memperlihatkan keterangan yang terperinci sehingga sebauh paragraf sanggup menjadi kumpulan kalimat yang penuh akan fakta dan juga mengakibatkan sebuah paragraf yang kokoh dan syarat akan makna. Dalam pembuatan paragraf tentu saja kita tidak sanggup lepas dari yang namanya paragraf lantaran akibat, ini yakni paragraf yang berisi wangsit pokok dan juga kalimat yang disampaikan dalam satu paragraf saja.

Lihat juga: Memberikan kutipan pada skripsi, thesis dan juga laporan.

Memang terdengar cukup rapuh dan tidak berbobot, akan tetapi justru inilah yang sanggup kita jadikan contoh untuk wangsit dalam pembuatan inti sari dari sebuah masalah. Seperti halnya kita menemukan sebuah permasalahan maka kita akan mencoba mengkerucutkan duduk kasus tersebut hingga menemukan titik tengah dari permasalahan tersebut.

Contoh-contoh paragraf sebab-akibat

Kalimat lantaran akhir yang merupakan kalimat yang disusn sedemikian terperinci dan mudah, semoga apabila disampaikan maka kalimat tersebut sanggup tersampaikan dengan baik. Sebab dalam menciptakan kalimat dengan jumlah paragraf yang singkat itu cukup sulit bagi mereka yang belum faham dan mengerti dengan konsep paragraf lantaran akibat. Dengan sebba itu kami berikan contoh terperinci dari lantaran akibat:

Contoh 1
Riko selalu jahil kepada teman-temannya. Dia selalu menggangu teman-temannya tanpa terkecuali. Selain nakal, Riko juga mempunyai adab yang buruk, yaitu ia selalu iri kalau melihat temanya mendapat suatu kebahagiaan, dan begitu pun sebaliknya. Riko pun suka berbohong. Apa yang dikatakan olehnya tidak sesuai dengan kenyataanya. Hal yang paling menjengkelkan yakni Riko senang sekali meminjam barang dan tidak pernah mengembalikannya. Salah satu korbannya yakni Dani. Pensil Dani tidak pernah dikembalikan oleh Riko padahal ia telah berjanji untuk memberikannya kembali. Akibat dari sifat dan perbuatannya itulah semua teman-teman Riko tidak menyukai dirinya.

Contoh 2
Harimau sumatera berbagai diburu oleh pemburu-pemburu liar. Mereka mengincar kulitnya dan ada juga yang ditangakap untuk dijual ke luar negeri. Selain itu, harimau sumetera telah kehilangan habitatnya. Rumah mereka dibakar dan dialih fungsikan sebagai perkebunan. Tidak jarang mereka selalu memasuki perkampungan penduduk dan kemudian ditangkap dan dibunuh. Hewan yang menjadi buruannya pun sekarang telah jarang ditemui sehingga mereka kesulitan dalam mencari makanan. Terlebih lagi pola berkembang biaknya yang sulit menjadi penghalang bagi harimau sumatera untuk berkembang biak. Oleh lantaran itu, sekarang Harimau Sumatera jarang ditemui dan berada dalam ambang kepunahan.

Contoh 3
Indonesia mempunyai kekayaan alam maritim yang sangat melimpah. Semua kekayaan maritim yang ada di perairan dari sabang hingga merauke dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, Indonesia juga banyak terdapat tambang-tamabang, menyerupai minyak bumi, gas, maupun logam-logam yang lain. Bahkan di Irian Jaya terdapat pertambangan emas terbesar di dunia. Meskipun dikelola oleh pihak asing, tetapi tambang itu terletak di Indonesia. Ditambah lagi dengan tanahnya yang subur. Bahkan diabadikan dalam sebuah lirik lagu, yang berbunyi tongkat kayu dan watu jadi tanaman. Hal itu lantaran tanah Indonesia sanggup ditanami oleh apapun tanpa perlu santunan pupuk untuk menyuburkannya. Oleh lantaran kekayaan bumi, dan lautnya yang melimpah itulah Indonesia dijuluki sebagai Negeri Atlantis yang hilang.

Contoh 4
Jalanan-jalanan di Ibukota sangat sempit dan banyak berlubang sehingga menciptakan para pengendara harus berhati-hati. Selain itu, daerah trotoar yang dikhususkan bagi pejalan kaki sering sekali dipakai oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan di mana-mana. Bahkan ada yang meluber hingga ke aspal jalan. Disamping itu, para pengguna jalan ibu kota juga harus menyebarkan dengan bus way, sehingga jalanan ibu kota menjadi sangat sempit. Terlebih lagi dengan banyaknya proyek yang belum selesai menciptakan jalanan ibu kota semakin parah. Oleh lantaran itulah kemacetan selalu terjadi di setiap sudut jalanan ibu kota.

Contoh 5
Kemarau tahun ini terjadi sangat lama. Sumur, sungai, bahkan danau telah mengering. Selain itu, tanah di sekitar persawahan juga retak-retak. Semua flora yang ada di sana tak terkecuali padi mati dan mengering. Petani bahkan tidak sempat lagi untuk memanennya. Akibatnya, tahun ini petani mengalami kerugian yang sangat besar.

Contoh 6
Kebakaran telah terjadi di Kompleks Jatiluhur pada hari Kamis lalu. Kebakaran yang terjadi pada dini hari sekitar jam 4 pagi tersebut diperkirakan disebabkan lantaran konsleting arus listrik dari salah satu rumah warga yang sedang ditinggal pulang kampung ke kampung halaman. Api pribadi menyambar ke rumah lain lantaran jarak dari satu rumah ke lain rumah yang sangat akrab Warga pribadi keluar dari rumah mereka dan berusaha menyelamatkan barang-barang. Tidak ada korban dalam kebakaran ini namun kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah. Warga menangis lantaran kehilangan warungnya, dokumen penting yang tidak sempat diselamatkan, hewan peliharaan, uang bahkan juga kehilangan baju-baju mereka.

Cukup lah tamat postingan ini, lantaran kalimat lantaran akhir haruslah lengkap beserta duduk kasus dan juga pemecahannya, terkadang kita lupa kalau kalimat lantaran akhir itu haruslah singkat padat namun tetap terperinci dan gampang untuk di mengerti oleg banyak pihak yang mendengarkan.

Reference : https://tutorialbloggeridn.blogspot.com/search?q=memberikan-kutipan-pada-skripsi
https://tutorialbloggeridn.blogspot.com/search?q=memberikan-kutipan-pada-skripsi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel