Bagaimana Metode Perencanaan Lan

Sekarang kita akan membahas bagaimana merencanakan suatu LAN yang baik. Tujuan utamanya untuk merancang LAN yang memenuhi kebutuhan pengguna ketika ini dan sanggup dikembangkan di masa yang akan tiba sejalan dengan peningkatan kebutuhan jaringan yang lebih besar.    Desain sebuah LAN mencakup perencanaan secara fisik dan logic . Perencanaan fisik mencakup media yang dipakai bersama dan infrastruktur LAN yakni pengkabelan sebagai jalur fisik komunikasi setiap devais jaringan. Infrastruktur yang dirancang dengan baik cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan kini dan masa datang.

Metode perencanaan LAN mencakup :
  • Seorang direktur network yang bertanggung jawab terhadap jaringan.
  • Pengalokasian IP address dengan subnetting.
  • Peta letak komputer dari LAN dan topologi yang hendak kita gunakan.
  • Persiapan fisik yang mencakup pengkabelan dan peralatan lainnya.
Di antara hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan LAN yaitu lokasi fisik itu sendiri. Peta atau cetak biru bangunan-bangunan yang akan dihubungkan serta isu jalur kabel (conduit) yang ada dan menghubungkan bangunan-bangunan tersebut sangat diperlukan. Jika peta ibarat ini tidak ada maka perlu digambarkan peta dengan cara merunut kabel-kabel yang ada. Secara umum sanggup diasumsikan bahwa pengkabelan yang menghubungkan bangunan-bangunan atau yang melewati daerah terbuka harus terdapat di dalam conduit. Seorang manajer jaringan harus menghubungi manajer bangunan untuk mengetahui aturanaturan pengkabelan ini lantaran manajer bangunan yang mengetahui dan bertanggung jawab atas bangunan tersebut. Pada setiap lokasi (yang sanggup terdiri dari beberapa bangunan) harus ditunjuk seorang manajer jaringan.

Manajer jaringan harus
mengetahui semua konfigurasi jaringan dan pengkabelan pada lokasi yang menjadi tanggung jawabnya. Pada awalnya kiprah ini hanya memakan waktu sedikit. Namun sejalan dengan perkembangan jaringan menjadi lebih kompleks, kiprah ini berkembang menjadi kiprah yang berat. Kaprikornus sebaiknya dipilih orang yang betul-betul berminat dan mau terlibat dalam perkembangan jaringan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel