Apa Saja Keistimewaan Dan Laba Sistem Operasi Unix?

Beberapa sifat dan keistimewaan UNIX :
1. Portabilitas
Sistem UNIX gampang diadaptasikan ke system komputer yang lain
2. Multiuser
Sejumlah pemakai (user) sanggup memakai istem secara bersamaan dan berbagi
sumber menyerupai penggunaa printer, disk, dll.
3. Multitasking
Kemampuan system operasi yang memungkinkan seseorang sanggup melaksanakan
beberapa kiprah pada dikala yang bersamaan
4. Sistem File Hirarkikal
Pengorganisasian info atau data dalam bentuk yang gampang untuk diingat dan
diakses

Keuntungan yang diperoleh dengan memakai sistem UNIX yang terkoneksi kesebuah sistem jaringan ialah:
a. Berbagi sumber daya komputer
Sumber daya komputer yang dibagi bersama meliputi :
  • CPU dan alokasi memori, CPU / memori yang sedang membisu (tidak terpakai) sanggup dipakai oleh sistem lain yang sedang sibuk.
  • Penyimpanan data / disk, Disk yang semula tersebar di semua komputer dengan utilitas yang sama sekarang sanggup digabungkan menjadi unit disk yang besar dan dibagi bersama.
  • Pencetak/ printer dan program/ utilitas Pencetakan/ printing sanggup diklasifikasikan menurut prioritas (segera, tidak segera) ataupun mutu cetak (laser printer, LQ printer, line printer).

b. Peningkatan kehandalan.
Komputer dalam sebuah jaringan, lebih handal dibandingkan komputer yang bangkit sendiri. Jika ada komputer yang tidak berfungsi, peranannya digantikan oleh  komputer yang lain. Sistem sanggup diatur / dikendalikan sampai pemakai tidak mengetahui bahwa komputer yang biasa dipakai sedang digantikan oleh komputer lain. Sistem penyimpanan disk sanggup diatur derajat keamanannya. Seperti halnya CPU, sistem disk yang tidak berfungsi digantikan oleh sistem yang lain tanpa diketahui oleh pemakai.

c. Penghematan.
Peningkatan kehandalan serta pemakaian sumberdaya secara bersama menghasilkan penghematan biaya operasi. Harga 10 komputer 10 MIPS jauh lebih murah dibandingkan 1 komputer 100 MIPS. Namun, kemampuan kesepuluh komputer 10 MIPS tersebut sanggup hampir menyamai kemampuan komputer 100 MIPS jikalau dilakukan utilisasi yang tinggi. Penghematan lain didapatkan dari penggunaan printer server dan file server (1 sistem data atau disk untuk banyak komputer).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel